04 June 2021

Jika ini kali pertama Anda mendengar istilah inbound marketing maka waktunya tepat untuk Anda belajar memahaminya.

Terutama jika memiliki bisnis, besar maupun kecil, lama maupun baru. Pengetahuan luas mengenai dunia pemasaran khususnya inbound marketing merupakan hal yang penting. Istilah ini sebenarnya dapat disebut juga sebagai SEO atau search engine optimization. Istilahnya saja yang berubah, namun efek dari penggunaan strategi pemasaran ini sudah begitu banyak sedari tahun 2006 silam. Perannya cukup besar dalam dunia bisnis online. Apabila masih bingung dengan istilah SEO maka maksudnya adalah pembuatan konten menarik, biasanya berbentuk narasi di halaman web. Tujuan dari konten tersebut untuk menarik minat dan keinginan calon konsumen supaya membeli produk olshop bersangkutan. Supaya lebih paham, Anda akan dibawa memahami lebih dalam mengenai metode pamasaran ini melalui pemahaman tiga hal utama dalam strategi dagang ini. Apa saja hal penting tersebut? mari lihat poin pembahasannya berikut ini.

Baca Juga:  Mengapa Anda Butuh Bantuan Sosial Media Agency untuk Bisnis Anda?

Metode Inbound Marketing yang Terinspirasi dari Masyarakat Masa Kini

Metode ini terinspirasi dari kebutuhan masyarakat masa kini akan internet dalam berbagai aspek. Membaca kondisi tersebut, akhirnya dunia pemasaran mengembangkan strategi pemasaran dengan cara memanfaatkan media sosial maupun web. Melalui konten yang menarik, foto produk estetik, diharapkan calon konsumen mau membaca konten hingga akhirnya mereka terpengaruh untuk membeli. Sekarang ini sudah banyak bisnis dengan penerapan metode marketing seperti itu guna menarik konsumen. Kebanyakan mereka melakukan bisnis untuk menggaet konsumen, namun tidak sedikit juga diantara para pelaku bisnis merangkul pelaku bisnis lainnya. Contohnya, kesempatan untuk menjadi agen, reseller, dan distributor dari produsen dengan harga dan minimum pembelian.

Aktivitas Pendukung yang Harus Dilakukan

Untuk membuat strategi pemasaran inbound marketing menjadi seoptimal mungkin, terdapat beberapa aktivitas pendukung yang harus dilakukan. Adapun mengenai aktivitas tersebut adalah:

  1. Membuat blog.
  2. Menulis artikel, video, infografik, dan artikel sebagai penunjang konten menarik.
  3. Menjalankan kegiatan pemasaran melalui media sosial, baik itu Twitter, Facebook, Instagram, dsb.
  4. Mengatur landing page secara tepat.
  5. Mengelola database.
  6. Menyebarkan email marketing tanpa kesan memaksa.

Email marketing dapat dikirim kepada pelanggan setia atau subscriber secara berkala dengan menggunakan kata-kata serapi dan semenarik mungkin. Amat disarankan untuk menyebar email marketing dengan cara belajar dulu jika memang belum paham bagaimana caranya. Karena akibat terlalu sering menerima email promosi, tidak menutup kemungkinan konsumen merasa risih hingga akhirnya berhenti menjadi subscriber. Demi mengantisipasi hal seperti ini, sebaiknya Anda mempelajari strategi pemasaran email marketing dahulu.

Strategi yang Diperlukan dalam Bentuk Promosi

Hal terakhir yang wajib diketahui mengenai inbound marketing adalah seperti apa strategi tersebut diejawantahkan dalam bentuk promosi. Diantaranya adalah beberapa poin penting berikut ini:

1. Penawaran Konten

Sebelum masuk ke penawaran produk, pertama yang harus dilakukan adalah menyiasati bagaimana dari judul dan juga gambar menghadirkan minat baca calon konsumen. Judul serta gambar semenarik mungkin dapat menjadi daya tarik utamanya.

2. Penghadiran Awareness

Setelah konten dibuat semenarik mungkin, baru kemudian dimasukkan awareness terkait produk bersangkutan. Apabila produknya sudah diinformasikan secara mendetail maka baru bisa dilakukan interaksi tidak langsung bersama para pembaca konten tersebut.

3. Pemberian Saran

Setelah konten sudah menarik, awareness telah dilakukan, interaksi sudah dimasukkan, lanjut ke pemberian saran. Konten mengenai penjualan produk ini berupa permasalahan yang sedang dihadapi khalayak kemudian seperti apa solusi dari permasalahan tersebut.

Baca Juga: Jenis-jenis Pemasaran yang Wajib Anda Tahu

Intinya, bagaimana membuat mereka merasa mendapatkan pencerahan setelah membaca konten pemasaran Anda. Dengan begitu, inbound marketing berhasil menggaet konsumen. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!