30 November 2020

Branding yang menarik merupakan salah satu kunci keberhasilan UMKM

Produk-produk yang dihasilkan UMKM seringkali kalah ketenaran dengan berbagai macam produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar. Padahal jika dilihat dari segi kualitas dan juga nilai produknya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, bahkan ada pula yang jauh lebih baik dari produk perusahaan. Ternyata hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya branding dari perusahaan tersebut. 

Baca juga: Peran UMKM dalam pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Hal yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar ini, belum bisa dipahami secara menyeluruh oleh pelaku UMKM. Padahal, manajemen merk seperti ini dapat membuat penjualan produk meningkat berkali lipat. Untuk Anda pelaku UMKM, mari membangun brand dengan beberapa tips di bawah ini!

Daftar 3 Tips Membangun Branding UMKM

Seperti yang Anda ketahui, bahwa brand identity yang dimiliki oleh produk UMKM nyaris tidak memiliki kekuatan. Terkadang pelaku UMKM membuat kemasan ala kadarnya saja, bahkan ada pula yang tidak mencantumkan alamat. Padahal ini adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan produk. Jadi, Anda harus benar-benar mempraktekkan tips-tips berikut, agar produk semakin laris:

  • Membangun Identitas yang Otentik

Kunci utama dari suatu branding adalah menciptakan produk dengan tampilan baru dan berbeda dengan produk lainnya, atau produk yang diusung oleh kompetitor. Maka dari itu, sudah saatnya Anda menciptakan produk UMKM yang otentik dan memiliki identitas tersendiri, agar tidak sama dengan produk besutan perusahaan lainnya. 

Tak hanya itu saja, Anda harus berusaha untuk membuat para konsumen mudah mengingat brand dari pertama kali melihatnya. Hal ini akan sangat menguntungkan, terutama dapat membuat usaha Anda semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begini, perusahaan akan lebih mudah berkembang dan melebarkan sayap-sayapnya. 

Dengan menciptakan identitas produk yang otentik, target pasar akan berebut untuk mendapatkan produk yang Anda hasilkan, sehingga tidak perlu susah payah untuk menawarkan produk ke sana ke mari. Bukankah ini sangat menguntungkan?

  • Perhatikan Komponen-Komponen Kecil dalam Manajemen Merk

Tips kedua untuk membangun manajemen merk yang bagus adalah dengan memperhatikan komponen-komponen kecil dalam menjalankan prosesnya. Jangan ragu untuk menambahkan hal-hal kecil pada produk Anda. 

Mungkin bagi sebagian orang hal-hal sepele ini tidaklah penting, namun bukannya mustahil bahwa komponen-komponen kecil bisa mengembangkan produk Anda. 

Misalnya saja, Anda harus mempertimbangkan kemasan produk yang akan digunakan, mulai dari desain, ukuran, warna, logo, dan lain-lain. Meskipun komponen-komponen kecil ini tidak begitu terlihat, tapi hal tersebut dapat membantu membangun brand yang kuat. 

  • Membangun Ruang Produksi Terbuka

Membangun ruang produksi secara terbuka juga menjadi salah satu cara jitu untuk membangun branding UMKM. Hal ini dapat menarik minat pelanggan untuk membeli produk Anda, karena dengan ruang produksi terbuka dapat menunjukkan keaslian produk. Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa produk tersebut memang benar-benar diproduksi sendiri. 

Membangun ruang produksi terbuka bukan hanya menarik minat pelanggan terhadap produk saja, tapi Anda bisa sekaligus memberikan informasi dan pengetahuan tentang produk pada pelanggan secara langsung. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda sudah melakukan pemasaran halus, namun dengan hasil yang pasti. 

Tak hanya itu saja, dengan cara ketiga ini, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya, ruang produksi terbuka bisa dijadikan tempat wisata edukasi yang kini menjadi lebih populer di kalangan masyarakat. 

Dengan menjalankan seluruh tips-tips di atas, maka produk dari UMKM Anda dapat diterima di masyarakat. Bahkan, penghasilan penjualan produk dapat meningkat dan tentu saja akan sangat menguntungkan. Ingat, branding adalah salah satu kiat sukses untuk perkembangan produk sekaligus UMKM milik Anda. 

Baca juga: Pentingnya Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah Pandemi

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia branding, kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.