22 March 2021

Sebagai warga negara yang baik,  cinta dengan produk dalam negeri (lokal) merupakan suatu keharusan.

Mencintai dan membeli produk lokal itu artinya Anda telah membantu meningkatkan perekonomian bangsa. Kualitas produk lokal saat ini juga tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Bahkan saat ini telah banyak brand lokal yang mulai merambah pasar internasional, karena memiliki kualitas dan produk yang menarik. Tidak hanya dilirik saja, akan tetapi produk lokal juga sangat laku keras di pasaran bahkan mengalahkan brand internasional. Lalu bagaimana cara dan alasannya sampai produk lokal bisa laku keras di pasaran? Jika ingin tahu, simak ulasan berikut ini :

Baca Juga: 5 Rahasia Brand Terkenal Indonesia

Alasan Brand Lokal Laku Keras di Pasaran

Produk lokal saat ini tidak hanya diminati oleh konsumen dalam negeri saja. Akan tetapi pasar produk lokal juga telah merambah ke luar negeri bahkan sangat diminati dan laku keras di sana. Lalu apa yang membuat brand lokal bisa laku keras tersebut? Ini alasannya :

1. Kualitas terjamin

Keunggulan pertama yang ditawarkan produk lokal sehingga sangat laku di pasaran adalah karena memiliki kualitas dan jaminan yang tinggi. Bahan baku untuk membuat produk dipastikan berkualitas sehingga produk yang dihasilkan juga tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya produk yang terjamin kualitasnya, brand produk lokal juga sangat mengutamakan kepuasan pelanggan sehingga sangat terbuka dengan kritik dan saran demi produk yang lebih berkualitas di masa mendatang.

2. Desain unik dan autentik

Tidak hanya mengandalkan kualitas produk saja, brand lokal juga menawarkan desain orisinil dan otentik. Inilah yang menjadi daya tarik sehingga produk lokal bisa sangat laku keras di pasaran. Desain yang otentik dan orisinil, membuat konsumen akan bisa merasakan eksklusifitas dari produk yang digunakan. Untuk menunjukkan keotentikan desain, produsen produk lokal biasanya menggunakan desain bertema etnik asli Indonesia. Selain unik, desain produk seperti ini juga bisa mengenalkan budaya asli kepada masyarakat yang lebih luas bahkan ke luar negeri. Dengan begitu nama Indonesia juga akan lebih dikenal dengan produk berkualitasnya.

3. Mengikuti perkembangan zaman

Produsen brand produk lokal saat ini memiliki kreativitas tinggi untuk membuat produk yang menarik. Produk yang diciptakan mengikuti perkembangan zaman sehingga selalu update dan menarik minat konsumen untuk membeli. Tidak hanya produk kekinian, produsen brand lokal juga memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi agar bisa menggaet konsumen lebih luas. Hal ini karena konsumen sekarang lebih tertarik untuk membeli produk yang dilihatnya di media sosial dibandingkan di katalog toko.

4. Promosi menarik

Satu lagi alasan kenapa produk lokal bisa sangat laku di pasaran adalah karena memiliki pola promosi yang menarik. Promosi memang menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. Untuk meningkatkan penjualan, produsen brand produk lokal biasanya akan melakukan flash sale dan promo diskon. Strategi marketing seperti ini sangat ampuh untuk mempengaruhi minat konsumen membeli produk karena tergiur dengan harga yang lebih miring. 

Sudah saatnya kita semua mulai menghargai dan mencintai produk-produk dari negeri sendiri, salah satunya dengan membeli atau menciptakan produk lokal yang baik. Nah, jika ingin laku di pasaran, Anda bisa mencontoh bagaimana brand lokal bisa mendunia. 4 alasan di atas bisa Anda jadikan sebagai tips membuat produk laku keras. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Tips Buat Logo Olshop Anda Lebih Menarik

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!