14 April 2021

Di era digitalisasi seperti saat ini, masyarakat lebih suka mencari informasi melalui internet dibandingkan dengan cara konvensional.

Hal ini mengharuskan perusahaan atau pelaku usaha mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan informasi produk secara online. Caranya adalah dengan membuat website bisnis yang menjadi wadah semua informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Agar website bisa berfungsi dengan maksimal, dibutuhkan peran website management untuk mengelola tampilan dan isi website sesuai dengan kebutuhan konsumen. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelola website dengan baik sehingga kadang membutuhkan bantuan website developer atau jasa digital marketing. Nah, bagi anda yang ingin mengelola website sendiri, berikut ada beberapa teknik dalam melakukan manajemen website yang bisa anda pelajari:

Baca Juga: Pentingnya Desain UI dan UX untuk Bisnis Anda

Teknik Melakukan Website Management yang Baik

Untuk mengelola website agar bisa berfungsi dengan maksimal diperlukan teknik dan cara khusus. Biasanya setiap website developer memiliki cara sendiri untuk mengelola website. Akan tetapi secara umum, teknik untuk melakukan manajemen website yang baik adalah seperti berikut ini :

1. Pilih SDM Yang Mumpuni

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengelola website yang menarik. Maka dari itu, pilih SDM yang tepat untuk melakukan website management. Untuk mengelola website yang baik, minimal harus ada tiga sumber daya manusia yang diperlukan seperti web master, web design dan menulis dengan kemampuan copywriting. Melalui SDM yang mumpuni, website mampu dikelola dengan baik sehingga mampu memberikan impact positif terhadap bisnis maupun perusahaan.

2. Desain Tampilan Website

Faktor utama agar website memiliki pengunjung yang banyak adalah harus memiliki tampilan yang menarik. Untuk itulah dalam mengelola website ini dibutuhkan website designer. Tampilan web yang bagus, akan menarik visitor untuk berkunjung dan mengeksplorasi informasi yang ada di website tersebut. Tampilan website yang menarik juga akan memudahkan visitor untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

3. Siapkan Konten Yang Menarik

Dalam melakukan website management, diperlukan konten yang menarik. Konten menjadi jantung utama dalam sebuah website. Maka dari itu siapkan semua informasi yang dibutuhkan oleh konsumen semenarik mungkin. Konten website bisa berisi tulisan, gambar maupun video yang berisi semua informasi mengenai produk bisnis maupun perusahaan. Konten juga harus diupdate secara berkala agar informasi yang diinput selalu terbaru dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain itu, pastikan juga konten yang Anda update ke website berkualitas, karena hanya melalui inilah website Anda memiliki nilai yang lebih baik. Jika tidak memungkinkan untuk merekrut penulis, menggunakan penulis eksternal tidak kalah efektifnya.

4. Share Sebanyak Mungkin

Untuk mengelola website dengan baik, membuat desain dan konten yang menarik saja tidak cukup. Agar visitor banyak, dalam melakukan website management jangan lupa share konten yang telah dibuat. Anda bisa menyebarkan link website ke media sosial seperti facebook, twitter, instagram, bahwa WA. Melalui cara ini membuat semakin banyak orang yang mengetahui tentang bisnis atau produk yang anda tawarkan. Semakin banyak orang tahu maka peluang mendatangkan konsumen akan semakin besar. Jika memiliki modal lebih, anda juga bisa menggunakan affiliate marketing. Cara ini mampu membuat website semakin mudah dikenal dengan target pasar yang lebih luas juga. Akan tetapi anda tetap harus jeli dalam memasang iklan untuk affiliate marketing ini agar hasilnya lebih maksimal.

Zaman modern seperti sekarang ini, website menjadi hal penting bagi bisnis maupun perusahaan. Website menjadi wadah untuk menampung semua informasi penting terkait produk maupun perusahaan. Agar website menarik diperlukan website management yang baik pula. Selain sebagai wadah informasi, website juga mampu membangun citra perusahaan sehingga harus dikelola dengan baik agar memberikan kesan positif terhadap bisnis anda.

Baca Juga: Ketahui Alasan Pentingnya Search Engine Marketing

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!