15 March 2021

Anda sedang menekuni atau merintis bisnis toko online alias olshop?

Maka Anda juga perlu menyiapkan berbagai hal dengan matang, termasuk juga menyiapkan logo olshop. Logo menjadi sebuah persiapan penting bagi olshop karena merupakan identitas dari olshop itu sendiri. Dengan begitu, logo akan lebih mudah diingat dan kemudian menjadi destinasi bagi masyarakat untuk berbelanja.

Baca Juga: 3 Aplikasi Keren Membuat Logo Online

Mengenal Fungsi Logo bagi Olshop

Logo diketahui memiliki definisi sebagai identitas visual dari sebuah entitas yang kemudian memiliki kriteria khusus. Mulai dari bentuk, filosofi, dan juga warna. Logo pertama kali diperkenalkan atau digunakan di tahun 1810 yang dibuat dengan memanfaatkan teknik lettering. Dahulu, logo hanya menggunakan huruf dari jenis tertentu yang kemudian dipoles agar lebih menarik. Seiring berjalannya waktu, pembuatan logo tidak hanya memakai elemen huruf saja. Namun juga memakai gambar, sketsa, permainan warna, dan lain-lain.

Pembuatan logo ini sangat penting, baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil, serta untuk bisnis konvensional maupun online. Karena itulah pemilik olshop perlu membuat logo olshop menarik untuk mendapatkan manfaat dalam hal branding. Sebab salah satu fungsi dari logo adalah untuk menunjang kegiatan branding yang akan membantu masyarakat mengingat dan mengenal toko Anda.

Tips Membuat Logo Olshop yang Menarik

Berhubung logo sendiri adalah suatu identitas, yang tentu perlu dibuat unik sekaligus menarik. Maka pembuatannya tidak bisa asal-asalan, dan perlu mempertimbangkan karakter atau visi dan misi dari usaha. Jika Anda menekuni olshop maka perlu membuat logo yang merepresentasikan olshop tersebut. Simak tips pembuatan logo olshop yang menarik berikut ini agar manfaat kepemilikannya semakin terasa:

1. Mulailah dengan Mencari Referensi

Tips pertama untuk bisa membuat logo yang lebih menarik di toko online adalah dengan mencari referensi. Mengapa? Sebab logo-logo yang sudah ada baik dari olshop lain maupun perusahaan di bidang lain bisa menjadi inspirasi. Setidaknya Anda punya gambaran ingin logo yang seperti apa dan coba diskusikan dengan tim maupun jasa desain grafis.

2. Memahami Visi dan Misi Pendirian Olshop

Selanjutnya logo juga perlu mencerminkan visi dan misi dari pendirian olshop tersebut. Misalnya saja menjual produk perawatan ibu hamil, karena punya keluhan stretch mark. Maka, di dalam logo bisa ditabahkan profil perempuan yang sedang hamil atau ide kreatif lainnya.

3. Memiliki Filosofi

Logo olshop yang dibuat sebaiknya juga memiliki filosofi, sehingga punya makna yang mendalam dan lebih dari sekadar identitas fisik suatu brand atau produk. Misalnya saja lebih memilih untuk menggunakan gambar atau simbol, maupun kombinasi keduanya yang memiliki filosofi. Kemudian teliti juga pemilihan kombinasi warna yang akan digunakan, sebab setiap warna memiliki arti berbeda. Gunakan warna yang memang mempresentasikan harapan Anda terhadap olshop yang dijalankan. Memiliki logo yang punya arti mendalam tentu lebih berkesan, langkah ini akan menguatkan proses branding.

4. Pastikan Mudah Diingat

Tips  berikutnya adalah membuat logo yang sederhana agar lebih mudah untuk diingat. Sebab tujuan utama logo memang untuk mudah diingat oleh pasar, yang kemudian berdampak positif terhadap penjualan produk maupun jasa. Lihat saja brand-brand besar yang justru tampil dengan logo yang sederhana dan minimalis. Justru pilihan mereka lebih mudah diingat dan penjualan produknya selalu tinggi. Contohnya adalah logo Apple yang hanya berupa gambar buah apel tergigit. Jadi, usahakan untuk membuat logo sederhana saja.

Pembuatan logo memang sebaiknya tidak asal-asalan, karena akan mempresentasikan produk dan olshop yang dijalankan. Selain bisa dibuat sendiri, Anda para pelaku usaha online juga bisa menyewa jasa desain grafis untuk membuat logo olshop sesuai keinginan. Tapi yang pasti, usahakan meperhatikan 4 tips di atas agar logo yang dibuat mudah dikenal masyarakat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Langkah Desain Logo yang Baik

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!