11 November 2020

Branding yang diterapkan dengan benar dapat memberikan peluang lebih besar terhadap awareness.

Melakukan upaya branding merupakan salah satu cara yang akan membantu sebuah perusahaan agar produk maupun jasanya lebih dikenal. Kegiatan pemasaran satu ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan penyedia barang, melainkan juga jasa. 

Baca juga: Perbedaan Brand Archetype dan Brand Personality.

Teknik yang digunakan beragam, dan tujuan utamanya adalah meningkatkan awareness atau kesadara masyarakat terhadap merek jasa yang disediakan. 

Mengenal Manfaat Branding untuk Bisnis 

Meningkatkan kesadaran merek ini penting untuk dilakukan, sebab memberikan sejumlah manfaat berikut ini: 

  • Memiliki identitas, atau ciri khas yang membuat sebuah jasa berbeda dengan jasa lain meskipun jenis jasa yang disediakan sama. 
  • Mampu menyampaikan nilai lebih dari jasa yang disediakan jika dibandingkan dengan jasa lain yang sejenis. 
  • Menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 
  • Cara terbaik untuk membangun kredibilitas. 
  • Memudahkan proses referal, sebab konsumen yang puas dengan layanan yang disediakan tidak akan ragu untuk mempromosikan jasa tersebut kepada orang terdekatnya. 

Besarnya efek atau manfaat dari kegiatan branding tersebut sudah selayaknya membuat semua perusahaan wajib untuk melakukannya, termasuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Tapi bagaimana cara meningkatkan kesadaran merk untuk jasa? Simak 4 tips  pada pembahasan di bawah!

Tips Membangun Kesadaran Merk Untuk Bisnis Di Bidang Jasa 

Membantu Anda untuk melakukan kegiatan brand awareness di bidang jasa maka bisa mencoba sejumlah tips berikut ini: 

  • Memaksimalkan Sosial Media 

Era digital membantu pelaku bisnis untuk mengembangkan sebuah brand atau merek. Selain menggunakan website, pebisnis juga perlu melirik sosial media yang potensinya lebih besar. Mengapa? Sebab masyarakat zaman sekarang lebih sering aktif di sosial media dibanding membuka browser untuk mencari artikel berita dan informasi apapun. 

Jika bisnis jasa yang Anda miliki bisa menguasai sosial media, maka besar kemungkinan teknik membangun kesadaran merk yang diterapkan akan sukses. Jasa yang disediakan lebih dikenal dan tidak pernah sepi pelanggan. Bagaimana cara memulainya? Pertama tentu saja membuat akun di sejumlah sosial media populer. Misalnya Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan lain sebagainya. 

Kedua, mengelola masing-masing akun sosial media dengan baik. Misalnya dengan rutin memposting konten baik yang sifatnya edukatif maupun informatif tanpa unsur promosi. 

Ketiga, merekrut admin sosial media yang aktif membalas chat, dm, inbox, komentar, dan interaksi apapun. Sebab membangun interaksi yang aktif lebih mudah menggaet simpati publik dan mendongkrak kredibilitas bisnis. 

  • Menyediakan Konten Marketing Berbobot 

Terapkan teknik konten marketing, yakni menyajikan konten berbobot yang menjadi nilai tambah terhadap jasa yang disediakan. Konten ini akan ikut memasarkan nama perusahaan dan jasa yang disediakan.

Sehingga selain perlu rutin memposting konten baru, pastikan juga punya kualitas serta menghadirkan informasi yang banyak dibutuhkan oleh target pasar. 

  • Bekerja Sama dengan Klien Berprofil Tinggi 

Salah satu teknik branding dengan efek luar biasa adalah menjalin kerjasama dengan klien yang profilnya sudah dikenal tinggi. Maksudnya adalah menjalin kerjasama dengan klien yang memang sudah dikenal luas oleh masyarakat dan kredibilitasnya sudah diakui. 

Misalnya saja menjalin kerjasama dengan brand besar yang lebih dulu sukses memperkenalkan brand bisnisnya. Maka brand tersebut akan dengan senang hati mempromosikan jasa Anda. Efeknya tentu lebih kompleks dan menguntungkan. 

  • Berusaha Memberi Melebihi Ekspektasi Pelanggan 

Bicara tentang jasa maka akan selalu berkaitan dengan kepuasan pelanggan, berbagai upaya perlu dilakukan agar hal ini bisa diberikan, selain itu agar brand jasa yang diusung juga semakin dikenal luas dan direkomendasikan banyak pelanggan. Maka penting untuk menyajikan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan tersebut. 

Membangun sebuah brand jasa memang bukan hal mudah dan kadang kala hasilnya tidak terlihat seketika. Maka usahakan untuk menjalankan teknik yang tepat salah satunya melalui 4 tips branding di atas. Jika diterapkan dengan benar, maka peluang brand jasa Anda semakin dikenal secara luas pun semakin besar. 

Baca juga: Tak Hanya Barang, Jasa Pun Perlu Service Branding.

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.