10 July 2020

Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler saat ini, menyebabkan maraknya bisnis online pada platform tersebut.

Instagram merupakan platform sosial terpopuler hingga saat ini. Tidak hanya sekadar media sosial, dewasa ini banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Instagram adalah akun pribadi dapat diubah menjadi akun bisnis.

Baca Juga: 5 Strategi Branding yang Penting untuk Bisnis Online Anda

Fitur pada akun bisnis di Instagram dapat memaksimalkan usaha pebisnis melalui pemasaran online. Dengan membayar sejumlah nominal uang, Anda dapat memanfaatkan iklan produk maupun jasa melalui Instagram. Anda tidak perlu khawatir karena cara branding melalui Instagram pasti akan memberi keuntungan pada bisnis Anda.

Cara Branding Melalui Instagram yang Efektif

Ingin melakukan strategi branding? Berikut cara branding yang efektif melalui Instagram versi kami.

1. Bedakan akun pribadi dan akun bisnis

Buatlah akun baru berupa akun bisnis untuk memulai branding Anda melalui Instagram. Membedakan akun pribadi dengan akun bisnis dapat disimpulkan bahwa Anda adalah seorang yang profesional. Selain itu, pembedaan akun ini dilakukan untuk mengindari penyalahgunaan akun/gambar oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Cara branding ini dapat Anda maksimalkan dengan mencantumkan link/tautan ke website pada profil Instagram. Adapun kegunaan link/tautan ini adalah untuk menuntun calon konsumen Anda ke marketplace saat hendak membeli produk yang Anda tawarkan.

2. Menjalin interaksi yang baik

Menjalin interaksi yang baik artinya membuka peluang agar follower Anda semakin bertambah. Misalnya dengan memberi like maupun komentar positif pada akun lain, maka orang yang akan membaca komentar Anda akan penasaran dan follow akun bisnis Anda.

Interaksi yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membalas dengan jelas dan sopan komentar yang menanyakan informasi detail tentang produk maupun bila ada konsumen yang mengirimkan complain. Anda juga dapat meminta usulan tentang campaign bisnis Anda selanjutnya kepada followers. Interaksi seperti ini merupakan cara branding yang sering dihiraukan pengguna akun bisnis.

3. Rutin memposting produk setiap hari

Rutinitas yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan traffic pengunjung dan pembeli Anda yaitu dengan rutin mengupdate postingan setiap hari. Hal ini menandakan bahwa akun bisnis Anda adalah akun yang aktif dan banyak peminatnya. Pilihlah schedule yang tepat untuk memposting produk Anda. Bila Anda memposting pada jam sibuk atau jam kerja, tentu yang melihat produk Anda tidak sebanyak pada jam-jam istirahat.

Supaya followers Anda tidak merasa bosan, tidak ada salahnya sesekali Anda memposting tentang Giveaway. Tentu saja ini menjadi daya tarik untuk followers yang belum dapat memakai atau menikmati produk bisnis Anda.

4. Buatlah konten yang menarik dan kreatif

Cara branding ini merupakan keistimewaan dari pebisnis sukses. Sebagian dari mereka rela mengeluarkan modal lebih untuk memanfaatkan jasa fotografer profesional. Konten berupa gambar maupun unggahan video dari ahli tentunya berbeda dari karya amatiran.

Akan tetapi, Anda juga dapat mengunggah konten kreatif dengan bantuan aplikasi. Usahakan agar font yang Anda pakai adalah font yang menarik dan jelas gaya bahasanya.

5. Beri hashtag pada postingan

Tanda pagar yang kini populer dengan sebutan hashtag merupakan cara branding produk yang efektif bagi Anda yang baru memulai bisnis pada Instagram. Fungsi hashtag pada umumnya adalah memudahkan pencarian informasi serupa atau pengelompokan konten.

Produk Anda dapat dilihat orang banyak melalui penggunaan hashtag yang konsisten dalam tiap postingan Anda. Selain itu orang yang ingin mencari informasi tentang produk yang sejenis, apabila terlebih dahulu menemukan akun Anda, berpeluang menjadi follower Anda.

Demikian penjelasan kami tentang cara branding yang efektif melalui Instagram. Semoga bermanfaat bagi kemajuan bisnis Anda.

Baca Juga: Pengaruh Foto Produk dalam Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.