30 March 2020

Cara membuat tagline.

Dalam dunia bisnis, tentu saja dibutuhkan sebuah teknik marketing atau pemasaran yang kuat dan berkarakter. Membuat sebuah produk lebih dikenal tentu saja tidak bisa hanya dengan dibiarkan begitu saja di pasaran. Namun, tentu saja ada upaya-upaya yang memang begitu penting untuk dilakukan dengan strategi dan teknik pemasaran yang tepat.

Baca Juga: Komponen Yang Dibutuhkan Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Dalam hal ini pastinya setiap orang atau pelaku bisnis harus benar-benar paham dan menguasai mengenai teknik pemasaran atau marketing yang tepat. Dengan begitu pastinya akan lebih mudah untuk menaikkan pangsa pasar menjadi lebih tertarget lagi sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan dalam dunia bisnis yang dijalankan.

Misalnya saja salah satu langkah pasti yang bisa dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pangsa pasar sebuah produk adalah dengan cara membuat tagline. Tagline atau slogan tentu saja menjadi salah satu hal yang secara tidak langsung menjadi sebuah konsep dari strategi marketing sebuah produk.

Berikut 5 Cara Membuat Tagline Yang Kuat dan Menarik Untuk Bisnis

Apa itu tagline? Secara umum definisi tagline adalah bagian dari verbal/tertulis sebuah merek atau produk yang merangkum mengenai gagasan utama/tujuan dalam beberapa rangkaian kata yang akan lebih mudah diingat. Mungkin kita sudah sering mendengar tagline dari produk-produk barang yang di iklankan. Tentu akan sangat mudah diingat jika mendengar tagline tersebut berarti memasarkan produk itu.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat tagline? Simak saja berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat tagline.

  1. Buat Tagline Semenarik Mungkin

Supaya bisa lebih mudah diingat dan diterima dengan baik oleh pelanggan maka hendaknya membuat tagline semenarik mungkin dan mudah diingat. Bahkan sebaiknya usahakan untuk membuat tagline yang unik. Mengapa demikian? Hal ini agar lebih mudah untuk diingat oleh pelanggan bahwa tagline tersebut adalah produk yang Anda jual.

  1. Tonjolkan Keunggulan

Langkah berikutnya terkait cara membuat tagline tentu saja harus menonjolkan keunggulan dari sebuah produk yang dimiliki daripada pesaing. Dalam hal ini Anda harus menekankan keunggulan dari produk yang dijual melalui slogan atau tagline tersebut sehingga bisa terlihat unggul daripada produk yang dipasarkan oleh pesaing. Pada intinya tagline yang Anda buat harus bisa menjual keunggulan dan kreatif.

  1. Pastikan Tagline Sesuai Dengan Kualitas Produk

Dalam membuat slogan atau tagline sebuah produk maka pastikan bahwa semua itu harus merefleksikan produk secara jujur. Artinya Anda tidak boleh berlebihan namun harus sesuai kualitas sejujurnya. Hal ini diharapkan agar tagline tidak menipu konsumen dengan kualitas produk aslinya.

  1. Tagline Harus Menekankan Komitmen Perusahaan

Disamping itu, dalam membuat slogan pastikan juga untuk lebih menekankan pada komitmen perusahaan. Walaupun sudah banyak produk sejenis yang menjual produk seperti Anda, namun tentu saja komitmen akan berbeda dengan pesaing. Nah, dalam hal ini Anda harus bisa memanfaatkan semua itu dengan baik.

  1. Singkat dan Menarik

Cara membuat tagline yang selanjutnya adalah harus singkat dan pastinya menarik. Bedakan tagline dengan deskripsi produk. Tagline sebaiknya tidak panjang dan orang lebih mudah untuk ingat. Terlebih lagi jika menarik maka akan lebih mudah dikenal. Pada intinya harus singkat, padat dan jelas.

Demikian itulah 5 cara membuat tagline yang penting untuk diperhatikan sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran sebuah produk.

Baca Juga: Waktu dan Langkah yang Dibutuhkan untuk Membangun Brand

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.