10 March 2021

Tik Tok merupakan salah satu platform besar yang memiliki banyak user di Indonesia.

Kontennya yang variatif dan dinamis menjadi alasan mengapa aplikasi ini banyak disukai, walaupun dulunya sempat ada wacana akan diblokir. Selain sebagai media hiburan, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk media marketing, loh. Bagaimana caranya? Anda sedang berada di halaman yang tepat jika sedang mencari informasi tentang bagaimana memulai Tik Tok marketing. Akun Tik Tok Anda juga dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Simak dan praktekkan caranya berdasarkan ulasan berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Usaha Anda Viral di TikTok

Cara Menjalankan Tik Tok Marketing

Untuk memulai Tik Tok marketing, Anda dapat mempraktekkan langkah-langkah berikut ini!

1. Beriklan di Tik Tok

Sama halnya dengan platform yang lain, Tik Tok juga menyediakan layanan advertisement. Anda bisa memanfaatkannya untuk memperkenalkan produk Anda lewat layanan ini. Iklan ini akan muncul sesekali ketika para pengguna Tik Tok melakukan scrolling di halaman Fyp mereka. Jangan lupa untuk mengatur waktu posting yang sesuai, sehingga iklan yang Anda pasang mendapatkan engagement dengan jumlah yang bagus.

2. Menggunakan Hashtag yang Sedang Booming

Hashtag adalah cara yang paling mudah untuk menaikkan postingan yang Anda buat, supaya konten Anda dapat muncul di halaman trending. Pilihlah hastag yang paling populer dan diperkirakan akan bertahan dalam durasi yang lumayan panjang. Konten Anda diperkirakan dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

3. Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Interaksi yang dimaksudkan di sini adalah saling berkomentar atau saling sapa di kolom komentar. Anda dapat memberikan komentar yang menarik di postingan akun yang sekiranya memiliki jumlah views yang banyak. Sebaiknya Anda memberikan komentar yang positif tentang konten yang dibuat supaya tidak terkesan out of topic. Perlu diingiat bahwa memberikan komentar yang terlalu pendek dan terkesan seadanya, karena komentar semacam itu tidak akan mengundang perhatian dari para pengguna yang lain.

Jangan lupa juga untuk sesekali mereply akun yang aktif mengikuti akun Anda. Hal itu akan membuat mereka merasa dihargai dan dengan sukarela mengikuti perkembangan produk Anda.

4. Melakukan Endorsement dengan Influencer

Selain memposting advertisement di akun official produk Anda, Anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer di Tik Tok. Cara ini biasanya cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda. Biasanya influencer ini memiliki penggemar tersendiri, dan barang-barang ataupun aksesoris yang digunakan oleh idolanya kemungkinan akan memberikan pengaruh pula pada para pengguna tersebut.

Pilihlah influencer yang sekiranya cocok untuk mempromosikan produk Anda. Perhatikan pula jumlah penggemar yang aktif mengikuti konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

5. Konten yang Menarik dengan Deskripsi yang Pas

Selain menampilkan variasi gerakan yang atraktif, Anda juga bisa membuat konten tutorial atau life hack yang inspiratif, karena konten semacam ini biasanya juga disukai oleh banyak pengguna. Buatlah semenarik mungkin dan bermanfaat, sehingga dengan demikian para pengguna akan memberikan feedback berupa love, komentar, dan share dengan senang hati.

Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan iklan tentang produk Anda sebagai bahan atau alat pendukungnya. Produk Anda akan semakin dikenal luas. Filter yang menarik juga bisa Anda tambahkan untuk membuatnya semakin menarik. Jangan lupa juga untuk melengkapi konten Anda dengan deskripsi yang sesuai. Gunakan kata-kata yang simpel, sehingga para pengguna Tik Tok yang melihat konten Anda dapat memahaminya dengan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan Bisnis Online Yang Jitu

Simpel, bukan? Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan Tik Tok marketing. Selamat mencoba! Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!