07 April 2021

Mengelola website bisnis memang tidak bisa sembarangan, sebab ada teknik tersendiri untuk mampu meningkatkan posisi ranking website tersebut di hasil pencarian mesin pencari.

Salah satunya dengan menambahkan kata kunci atau keyword yang tepat pada konten yang di post di website. Sehingga setiap pengelola website bisnis wajib tahu cara riset keyword yang tepat. Bagi beberapa orang mungkin istilah riset keyword atau kata kunci adalah hal asing. Jadi, yang dimaksud dengan istilah riset keyword adalah proses menentukan kata kunci yang diperkirakan sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan artikel di blog bisnis. Selain itu riset keyword juga digunakan untuk menentukan kata yang paling banyak dicari pengguna.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing Jitu untuk Bisnis Anda

Penambahan kata kunci penting di dalam artikel blog bisnis. Sebab kata kunci ini adalah jenis kata yang banyak digunakan pengguna internet dalam mencari suatu kebutuhan. Baik itu produk maupun jasa, dan ketika memakai kata kunci yang banyak dicari. Maka oleh mesin pencari akan menemukan artikel di blog bisnis yang sesuai. 

Semakin sering website masuk ke halaman pertama di hasil pencarian, maka semakin banyak yang mengunjungi website. Sehingga semakin banyak pula yang mengetahui produk maupun jasa yang disediakan. Hal ini akan mendorong peningkatan transaksi, sehingga paham cara riset keyword adalah hal penting. 

Cara Riset Keyword untuk Artikel Blog Bisnis

Hanya saja proses cara riset keyword ternyata tidak selalu mudah untuk dilakukan, terbukti masih banyak yang kesulitan untuk melakukannya. Berikut beberapa cara yang tepat untuk riset keyword terbaik di artikel blog bisnis: 

1. Mengutamakan Long Tail Keyword

Cara pertama adalah menentukan kata kunci dengan mengutamakan long tail keyword. Apa itu? Jadi, long tail keyword merupakan jenis kata kunci panjang yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Kata kunci pada dasarnya bisa hanya terdiri dari satu kata dan dua kata. 

Namun ketika memakai kata kunci panjang maka akan lebih spesifik. Akan ada lebih banyak orang yang memakainya, sehingga kesempatan untuk website masuk di posisi strategis dari mesin pencari semakin tinggi. Jadi, ada baiknya selalu memakai kata kunci panjang karena lebih spesifik dan jangkauannya lebih luas. 

2. Banyak Membaca dan Bersosialisasi

Cara kedua dalam daftar tata cara riset keyword adalah memperbanyak aktivitas membaca dan bersosialisasi. Hal ini penting karena membantu pelaku bisnis atau pencari kata kunci untuk mengetahui tren yang sedang naik daun. Sekaligus mengetahui apa yang dicari dan dibutuhkan oleh pasar. Sehingga bisa menentukan kata kunci yang sesuai dan mampu mendongkrak jumlah pengunjung website. 

3. Memperhatikan Google Related Search 

Anda menggunakan mesin pencari Google? Jika iya, maka setiap kali mengetik kata kunci atau melakukan pencarian, di bagian paling bawah hasil pencarian akan ada banyak rekomendasi kata kunci yang sesuai atau Google Related Search. Apa yang direkomendasikan pada dasarnya adalah kata kunci populer dan ideal, sehingga salah satu atau semuanya bisa digunakan dalam pembuatan artikel blog bisnis. 

4. Menggunakan Alat Bantu

Opsional berikutnya adalah memakai alat bantu dan cara ini yang paling banyak digunakan. Baik alat bantu gratisan maupun berbayar, contoh alat bantu gratis adalah fitur Google Keyword Planner. Tanpa perlu menaikan iklan, fitur ini sudah bisa dipakai hanya saja angka hasil pencarian dalam bentuk rata-rata. Jika sudah pernah menaikan iklan berbayar maka hasil pencarian akan menunjukan angka bulat. Alat lain yang tidak kalah untuk dicoba adalah ubersugest dan SEMrush.

Cara-cara di atas merupakan cara riset keyword yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kata kunci efektif. Sehingga membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke website dan tentunya akan berdampak pada peningkatan transaksi pembelian produk maupun jasa yang disediakan. Jadi, silahkan menerapkannya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Terbaik untuk Mengatur Ads Manager Iklan Facebook Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!