19 February 2020

Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba meraih popularitas di antara masyarakat dan sudah menjadi contoh branding produk terbaik.

Mereka melakukan berbagai cara agar produknya tetap laku dan diminati oleh para konsumen. Selain itu, bermunculannya perusahaan baru juga menjadikan persaingan makin mememanas. Untuk itulah, perlu adanya strategi yang apik agar bisa memasarkan produk dan mandapatkan hati di masyarakat.

Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah sistem brading yang bagus. Branding merupakan kegiatan memberikan nama, merk, logo, slogan, atau hal lainnya yang memberikan identitas pada produk yang dijual, sehingga menjadikannya berbeda dengan produk milik pesaing.

Baca Juga: Pengertian Maskot, dan Dampaknya Dalam Branding

Banyak brand yang hingga kini masih eksis di pasar global dikarenakan berbagai macam teknik marketingnya yang bagus dan konsisten. Itulah yang menyebabkan brand menjadi tonggak utama dalam sebuah produk perusahaan.

Contoh Brand Terkenal di Masyarakat

Menjadi perusahaan dengan brand yang melekat di hati masyarakat merupakan suatu keuntungan sekaligus kebanggaan tersendiri bagi pihak terkait. Perlu diketahui bahwa untuk mencapai itu semua tidaklah mudah.

Kerja keras, komitmen, siap menanggung konsekuensi, loyalitas, keprofesionalan dalam bekerja serta sinergi yang baik dari para karyawan merupakan hal yang sangat diperlukan. Untuk itulah, jejak mereka perlu kita contoh dan diterapkan pada usaha sendiri.

Ada banyak contoh brand produk yang selalu dicari-cari para konsumen di pasar global. 5 brand yang akan disebutkan sudah terkenal di kalangan masyarakat. Berikut beberapa brand tersebut:

1. Nike

Siapa yang tidak kenal dengan merk ini? Nike merupakan brand untuk produk sepatu serta perlengkapan olahraga lainnya. Media promosi brand ini berfokus pada Twitter dengan selalu aktif merespon berbagai pertanyaan dari para konsumen. Hal inilah yang menjadikan Nike sebagai brand terkenal di berbagai negara.

2. Hermes

Kaum hawa khususnya pasti sangat tahu brand ini. Tas yang terkenal di kalangan para sosialita ini sudah sangat terkenal bahkan sampai saat ini. Marketing dari brand ini mengutamakan konsistensi dalam menjaga kualitas produk. Hal ini dikarenakan Hermes sudah berdiri sejak 179 tahun yang lalu dan sampai sekarang masih eksis dengan berbagai produknya. Kini, Hermes juga aktif di website dan mengunggah berbagai konten dan video.

3. Denny’s

Denny’s melekat di hati masyarakat sebagai rumah makan, kedai kopi, ataupun restoran untuk tempat bersantai bersama keluarga. Cabang dari restoran ini sudah ada di berbagai negara di dunia seperti Meksiko, Amerika Serikat, Kanada dan lain sebagainya. Brand ini terkenal dikarenakan teknik marketingnya yang berkesan di hati masyarakat dengan memfokuskan pada selera konsumen kemudian dipromosikan di Tumblr.

4. Rolex

Mendengar kata Rolex pasti yang ada di pikiranmu adalah jam tangan. Produk terkenal dan memiliki harga yang tinggi ini merupakan contoh branding produk yang terkenal dan menjadi sorotan para kaum penggila fashion. Walaupun terkesan jadul, brand ini selalu mewujudkan permintaan para konsumen setianya, serta tetap update pada perkembangan fashion yang ada. Selain itu, brand ini setia mempertahankan kualitas produknya demi kepuasan konsumen.

5. Coca-Cola

Brand ini tidak kalah terkenalnya dibandingkan beberapa merk sebelumnya. Minuman berkarbonasi ini menerapkan konsep interaksi yang baik terhadap para konsumennya. Selain terjalin hubungan antar konsumen, Coca-cola juga mendapatkan keuntungan dengan menyebarkan produk mereka dalam moment itu. Tidak hanya itu, promosi yang gencar baik di media cetak maupun di media elektronik membuatnya semakin dekat di hati masyarakat dunia.

Itulah beberapa contoh branding produk terkenal yang namanya tetap eksis hingga saat ini. Perlu diketahui bahwa banyak perjuangan yang dilalui demi mendapatkan itu semua. Oleh karena itu, kita perlu meniru kerja kerasnya sebagai bahan evaluasi diri demi meningkatkan kualitas mutu produk untuk kedepannya.

Baca Juga: Segmentasi Produk VS Branding? Mana yang Harus Diutamakan?

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.