14 July 2021

Video marketing saat ini menjadi salah satu konten pemasaran yang paling menarik untuk diperhatikan.

Teknologi internet yang semakin maju mendukung konten pemasaran tersebut sehingga menjangkau banyak orang sekaligus. Digital marketing memang semakin populer dari hari ke hari. Hadirnya beberapa aplikasi pendukung juga ikut membantu kreativitas dalam membuat sebuah konten video. Hasilnya, sering sekali ditemui video marketing yang viral. Namun, meskipun sudah ada dukungan dari teknologi internet dan berbagai aplikasi, Anda tidak bisa sembarangan membuat konten video. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya konten tersebut sampai pada masyarakat.

Baca Juga: Ingin Memasarkan Produk? Pelajari 5 Layanan Dreambox, Jasa Digital Marketing Jakarta

Hal Penting dalam Membuat Video Marketing

Jika hanya membuat video saja, rasanya hampir semua orang bisa. Namun, jika tujuannya adalah konten marketing, bisa saja tidak cukup. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

1. Riset Pasar

Jika ingin membuat konten apapun, riset pasar adalah kunci awal kesuksesan. Namun, bagaimana cara riset pasar tepat? Tentu Anda bisa melihat dari tren yang sedang populer. Lihat apakah ada hal baru atau hal unik yang sedang populer. Biasanya, hal-hal seperti itu cepat sekali viral dan terkenal. Namun, perlu diperhatikan juga jangan terlalu mengandalkan hal viral. Mengapa demikian? Sesuatu yang cepat viral umumnya juga cepat tenggelam dan terlupakan. Namun, jika Anda terus memberikan kreativitas dalam video marketing tersebut, maka Anda akan mendapatkan respons positif.

2. Tema

Jangan hanya fokus pada sesuatu yang sedang viral saja, tapi kalau bisa buatlah hal viral baru. Tidak jarang konten iklan yang sedang viral adalah hasil dari adaptasi dan kreativitas. Untuk itulah tema menjadi faktor penting untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda. Anda bisa memilih berbagai tema menarik mulai dari tema lucu, aneh, hingga absurd. Biasanya, tema maupun konsep konten video yang membekas di masyarakat cenderung aneh dan absurd. Anda pastinya ingat beberapa iklan jadul sampai sekarang justru menjadi inspirasi banyak iklan-iklan baru.

3. Pesan yang Ingin Disampaikan

Apa yang ingin Anda sampaikan dalam konten marketing tersebut? Jangan sampai Anda melupakan hal kecil ini. Apalagi jika konsepnya sudah menarik, tapi tidak ada pesan tersampaikan secara jelas. Seperti apapun tema dan konsep konten marketing yang Anda gunakan, pesan harus bisa tersampaikan kepada masyarakat. Misalnya, jika Anda ingin menyampaikan pesan bahwa produk Anda adalah yang paling murah. Ketika pesan sudah tersampaikan, maka masyarakat akan lebih mudah mengerti. Konten Anda juga lebih mudah diingat karena pesannya jelas. Jadi, jangan pernah melupakan hal kecil ini.

4. Platform Promosi

Hal penting selanjutnya adalah platform tempat Anda menyebarkan konten video tersebut. Saat ini ada banyak platform yang bisa dipakai mulai dari Youtube hingga Instagram. Jadi Anda bisa bebas memilihnya. Setiap platform tentu memiliki jangkauan berbeda-beda. Namun, jika ingin memiliki jangkauan sangat luas, maka Youtube bisa menjadi solusi terbaik. Apalagi, hampir semua orang pasti membuka Youtube setiap hari.

5. Durasi

Hal ini mungkin sering dilupakan adalah durasi video tersebut. Mungkin, bagi sebagian orang video berdurasi panjang adalah konten menarik, namun, jika diterapkan dalam konten marketing apakah benar-benar sesuai? Apalagi, di beberapa platform membatasi durasi video yang diunggah. Belum lagi ketertarikan masyarakat juga akan berkurang jika durasinya terlalu panjang. Oleh sebab itulah memperhatikan durasi juga hal sangat penting lainnya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads untuk Jualan di Facebook

Mungkin beberapa orang masih menganggap hal ini cukup sulit untuk diterapkan. Namun, dengan mempercayakannya kepada kami, masalah konten marketing segera selesai. Terutama untuk video marketing yang unik dan menarik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!