30 March 2021

Dalam kegiatan pemasaran, membuat iklan adalah hal yang perlu dilakukan untuk mengenalkan sebuah produk, baik barang maupun jasa.

Namun, membuat iklan jitu tidaklah semudah yang dibayangkan, karena ada banyak detail yang perlu dipertimbangkan. Apalagi iklan jenis ini berbeda dengan iklan lainnya, karena Anda harus mengerti secara mendetail komponen-komponennya. Lantas, bagaimana cara untuk membuat iklan agar dapat menarik para pelanggan? Tenang saja, meskipun tidak mudah, bukan berarti Anda tidak bisa membuat iklan baris atau jitu yang baik. Oleh sebab itu, di bawah ini akan disajikan 5 langkah membuat iklan dengan hasil yang memuaskan. Pastikan Anda tidak tidak melewatkan satu langkah pun, ya, agar hasilnya tidak akan mengecewakan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Daftar Langkah Membuat Iklan Jitu

Jenis iklan bermacam-macam, sehingga untuk membuatnya pun ada langkahnya tersendiri. Berikut ini dapat Anda simak beberapa langkah untuk menghasilkan iklan baris/jitu, memuaskan, dan tentunya berpengaruh:

1. Hitungan Judul

Judul adalah bagian pertama yang akan dilihat pelanggan. Anda tidak boleh menyia-nyiakan 25 karakter dengan sesuatu yang keliru atau tidak bertujuan. Selain menjadi bagian pertama, judul juga merupakan bagian yang menonjol, jadi pastikan bahwa judul yang Anda susun memiliki dampak yang lejit dan tentunya positif. Manfaatkan 25 karakter pada judul iklan jitu, yang dapat dijadikan sebuah pernyataan. Anda juga perlu memperhatikan pemilihan atau mempertimbangkan judul deskriptif, apabila memiliki fokus kata kunci. Judul yang deskriptif adalah judul yang dapat menjelaskan secara singkat namun mengena, terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

2. Salinan Kata Kunci

Langkah selanjutnya dalam membuat iklan baris atau jitu yang berpengaruh adalah memasukkan kata kunci alias keyword kapanpun dibutuhkan. Mengapa harus menggunakan kata kunci? Jawabannya adalah karena dapat membantu para pembaca (calon pelanggan) untuk menemukan nilai yang Anda tawarkan. Melalui cara ini, Google akan memuat  kata kunci, bahkan sinonimnya di mana iklan tersebut akan Anda tampilkan, sehingga mudah ditemukan. Jika iklan mudah ditemukan, bukankah peluang Anda mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak akan lebih terbuka lebar?

3. Uji Iklan

Jangan hanya membuat 1 iklan jitu saja, Anda perlu membuat lebih dari 1, yakni bisa 2 sampai 3 iklan yang bervariasi. Kenapa begitu? Karena dengan membuat lebih dari satu variasi iklan, Anda dapat menemukan iklan yang paling efektif atau cocok ditayangkan. Cara menguji iklan adalah dengan menyalin iklan, kemudian mengganti judulnya dengan yang baru atau judul lain yang sesuai dengan isinya. Setelahnya, lihat apakah iklan tersebut bekerja? Uji semua iklan yang Anda buat, agar dapat melihat kinerjanya. Semakin bervariasi iklannya, maka akan sangat bagus untuk bisnis Anda. 

4. Riset Pasar

Mendapatkan banyak klik atau kunjungan bukanlah hal yang sulit, Anda bisa melakukannya dengan cara riset pasar atau pelanggan. Melalui riset ini, Anda jadi tahu apa yang menjadi keinginan pelanggan, sehingga ketika sudah meng-klik iklan Anda, maka mereka tidak akan langsung meninggalkan situs dengan segera. 

5. Panggilan untuk Beraksi

Agar iklan baris atau jitu lebih mantap dan bekerja, jangan lupa sertakan panggilan untuk berinteraksi kepada pelanggan atau bahasa kerennya adalah “call to action”. Memang jarang yang menggunakannya, tapi feedback dari langkah ini sangat luar biasa. 

Iklan jitu atau biasa disebut dengan iklan baris, jika dibuat dengan maksimal tentunya akan memberikan benefit yang banyak bagi Anda. Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara membuatnya dengan baik, bukan? Jadi, sudah siapkah Anda untuk membuat iklan baris sekarang juga?

Baca Juga: 5 Kegiatan Branding yang Wajib Ditiru dari Brand Terkenal Ini

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!