27 May 2020

Branding merupakan salah satu cara untuk bisa menjadi pembeda dengan pesaing.

Selain itu branding memiliki kekuatan bagi para konsumen agar bisa percaya dengan produk Anda. Ada banyak cara perusahaan dapat melakukan branding, salah satunya adalah bekerja sama dengan public figure. Public figure memiliki dampak yang kuat terhadap penggemarnya, apa yang mereka suka, mereka pakai, mereka makan, mereka dengarkan, merupakan hal-hal penting bagi penggemarnya dimana para penggemar tersebut akan tertarik untuk melakukan hal-hal yang disukai oleh public figure tersebut. Profesi dari para public figure pun bermacam-macam, bisa jadi pemain film, musisi, bahkan politisi sekalipun jika mereka banyak berdampak untuk banyak orang mereka juga akan disebut seorang public figure.

Baca Juga: Jenis-Jenis Anggaran yang Diperlukan untuk Kegiatan Branding

Selain kesukaan, para penggemar juga mengetahui kebiasaan-kebiasaan baik maupun buruk dari para public figure, rasanya apa yang diketahui oleh seorang public figure harus diketahui oleh penggemarnya. Rasa cinta yang luar biasa itu menimbulkan adanya kepercayaan terhadap segala kegiatan dari para public figure termasuk produk-produk atau layanan jasa yang biasa digunakan dan dikonsumsi. Para penggemar juga akan berbondong-bondong untuk bisa mengkonsumsi produk yang digunakan oleh public figurenya. Hal tersebut menjadikan perusahaan semakin giat untuk menggaet public figure yang sedang naik daun untuk diajak kerjasama.
Untuk referensi sobat sekalian, berikut adalah beberapa perusahaan yang menggunakan public figure sebagai teknik branding produk:

1. Tokopedia (BTS)

Tokopedia menggunakan BTS untuk strategi brandingnya. Dimana boyband asal Korea ini penggemarnya sangat banyak di Indonesia dan mencakup berbagai jenis golongan masyarakat. Kesan BTS melakukan belanja online di Tokopedia dapat menyihir ribuan bahkan sampai ratusan ribu penggemarnya di Indonesia untuk sama-sama berbelanja di Tokopedia.

2. Shopee (Alm. Didi Kempot)

Penyanyi koplo asal Jogja ini sangat melegenda di dalam negeri maupun di luar negeri, sempat viral beberapa tahun belakangan ini karena semua lagu beliau sangatlah menyentuh hati penggemarnya  kaum remaja. Kaum remaja tersebut bisa dijadikan target konsumen baru untuk Shopee.

3. Downy China (Lisa Blackpink)

Siapa yang tidak kenal dengan perempuan cantik yang satu ini? Lisa Blackpink yang disebut-sebut menjadi salah satu perempuan cantik sedunia ini memiliki penggemar yang sebarannya tidak tanggung-tanggung yaitu ke seluruh dunia. Di China pun penggemar dari Lisa Blackpink sangatlah banyak, sehingga membuat sebuah perusahaan sabun cair untuk pakaian yaitu Downy membuat kerjasama dengan Lisa Blackpink. Kesan cantik inilah yang perusaahn tersebut gunakan, karena cantik harus didampingi dengan pakaian yang wangi.

4. Biore Indonesia (Zara Adhisty)

Mantan personel JKT 48 Zara Adhisty merupakan idola baru bagi dunia perfilman di Indonesia. Beberapa filmnya laku keras karena kehebatan acting dari remaja imut satu ini. Berkat acting dan imutnya, Zara sekarang telah memiliki followers di Instagram sebanyak 1,2 juta. Hal ini menarik perhatian perusahaan sabun cuci muka Biore untuk mengajak Zara dengan menyampaikan kesan kepada konsumen bahwa jika ingin cantik dan imut seperti Zara, gunakanlah produk Biore.

5. IM3 (Baskara Putra / Hindia)

Baskara Putra atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya yaitu Hindia, merupakan musisi yang cukup baru di Indonesia. Namanya semakin melambung ketika Ia bisa menyihir banyak penikmat musik di Indonesia melalui karya-karyanya yang sesuai dengan kehidupan. Begitu pula yang dilakukan oleh IM3 dan Hindia, sebuah lagu telah diciptakan untuk menghibur kita semua yang sedang dirumahkan dengan lirik-lirik yang relate dengan kehidupan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Cara Branding Melalui Influencer

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.