08 July 2020

Strategi branding penting untuk dilakukan, terutama untuk pebisnis online.

Bagi seorang pelaku bisnis online, branding sangat penting untuk dilakukan karena dapat membuat bisnis yang dijalankan semakin berkembang. Selain itu, penjualan produk semakin meningkat karena produk yang Anda keluarkan kini dikenal oleh masyarakat luas. Berbagai cara dilakukan agar branding bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar kepada bisnis.

Baca Juga: Apa Persiapan yang Harus Dijalankan Sebelum Menjalankan Digital Branding

Namun, tahukah Anda bahwa meski banyak sekali strategi branding yang ada sekarang ini, tapi hanya segelintir saja yang terbilang efektif dan memberikan dampak baik bagi bisnis? Lantas, jika Anda seorang pemula, tentunya Anda pun ingin tahu tentang strategi apa saja yang sudah terbukti efektif untuk melakukan branding dan meningkatkan penjualan? Berikut ini uraian singkatnya!

 

Strategi Branding Mudah Bagi Pemula

Ingin menerapkan strategi branding yang ramah untuk seorang pemula? Silakan simak ulasan kita kali ini.

1. Konsisten Aktif di Sosial Media

Karena dinamakan bisnis online, maka cara pemasaran dan pengenalannya pun juga harus dilakukan secara online. Oleh karenanya, berarti semua itu tak lepas dari yang namanya media sosial. Di mana, saat ini hampir sekian juta orang tengah aktif di media sosial entah sekedar untuk eksis, mencari kebutuhan sehari-hari atau sebagainya.

Fakta bahwa banyak orang bermain media sosial harus dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan branding. Konsisten untuk mengelola akun bisnis yang Anda miliki di media sosial sangat penting. Akan tetapi jika Anda tidak terlalu memiliki banyak waktu untuk itu, maka Anda bisa memperkerjakan karyawan untuk berprofesi sebagai admin media sosial.

2. Sering Mengadakan Give Away

Strategi branding selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar produk semakin dikenal adalah dengan seringnya memberikan give away kepada konsumen. Misalnya saja ketika konsumen membeli 1 produk lebih, maka akan diberikan produk lainnya secara gratis.

Selain membuat konsumen merasa senang, Anda pun bisa mendapatkan feedback dan membuat produk Anda semakin direkomendasikan kepada orang lainnya. Namun, pastikan bahwa Anda menjaga kualitas dari produk tersebut.

3. Memanfaatkan Marketplace yang Sudah Ada

Sama dengan memanfaatkan media sosial, Anda juga harus bisa memanfaatkan marketplace yang kini sangat tenar di kalangan masyarakat. Dengan adanya marketplace seperti Shopee, Bukalapak dan sebagainya maka akan memudahkan Anda dalam menjangkau lebih banyak pengunjung.

Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan masalah kepercayaan. Sebab, beberapa konsumen justru lebih percaya kepada marketplace daripada membeli lewat media sosial. Sehingga Anda tidak boleh ketinggalan informasi mengenai hal ini.

4. Miliki Ciri Khas Tersendiri

Untuk bisa dikenal oleh masyarakat secara luas strategi branding ini sangat penting yaitu Anda tentu harus mempunyai ciri khas yang membuat banyak orang terus teringat dengan produk Anda. Misalnya saja dari segi logo, nama brand, keunikan produk dan sebagainya.

Jika bisnis Anda tidak memiliki ciri khas tersendiri, maka orang-orang akan menganggapnya biasa dan bisa jadi tidak tertarik sama sekali.

5. Pergunakan Website untuk Branding

Jika Anda sudah memiliki media sosial dan juga marketplace, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan branding dengan membuat website. Sudah bukan hal yang asing lagi, saat ini website banyak digunakan untuk memperkenalkan produk dan sejenisnya.

Google menjadi mesin pencari yang paling banyak dikunjungi orang-orang di seluruh dunia. Maka dari itu, dengan memiliki website sendiri, akan membuat orang-orang lebih mudah menemukan bisnis Anda.

Ingatlah bahwa melakukan strategi branding harus dengan cara yang konsisten dan terus-menerus. Namun, usahakan pula jangan sampai berlebihan agar konsumen tidak merasa bosan. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk membuat beberapa inovasi agar produk Anda tidak membosankan serta dilirik oleh para konsumen. Menghadirkan hal-hal yang baru akan semakin membuat mereka mudah tertarik.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Sosial Media

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih banyak mengenai branding, silakan kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.