5 Strategi Pemasaran Produk Secara Digital yang Kreatif

31 December 2020

Dalam sebuah usaha, strategi pemasaran produk merupakan satu hal yang penting untuk memajukan bisnis.

 Tanpa adanya pemasaran, tentunya usaha akan tetap di situ saja atau sulit berkembang. Target pasar pun tidak akan meluas.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Branding dalam Bisnis

Pemasaran produk kini sudah banyak dilakukan melalui digital. Manfaat dengan menggunakan media digital sendiri sangat banyak , yaitu menghemat biaya promosi serta menjangkau pasar yang lebih luas lagi dari sebelumnya. Pemilihan strategi ini juga tidak bisa sembarangan, Anda sebagai pengusaha harus memilih pemasaran yang cocok untuk produk yang dijual.

5 Strategi dalam Pemasaran Produk yang Kreatif

Ada beberapa strategi pemasaran produk yang bisa Anda lakukan secara kreatif di era milenial ini. tujuannya supaya minat calon pelanggan meningkat untuk membeli produk yang Anda jual. Berikut strategi untuk pemasaran produk yang dinilai kreatif.

1. Media Sosial

Pengguna media sosial di Indonesia sangat tinggi. Tak ayal, para pengusaha pun memanfaatkan peluang ini untuk melakukan promosi kepada target pasar yang ada.

Selain untuk memasarkan produk, media sosial bisa Anda gunakan sebagai tempat memperkenalkan bisnis atau usaha melalui video atau foto. Pelanggan juga bisa mendapatkan informasi berupa promo, diskon, atau event yang sedang Anda jalankan bersama usaha tersebut.

2. Influencer

Memanfaatkan seorang influencer sebagai salah satu strategi pemasaran produk adalah pilihan yang tepat. Influencer tentunya juga dikenal memiliki followers yang sangat banyak. Sehingga saat mereka memasarkan produk Anda, para followers tersebut bisa terpengaruh dengan apa yang dipromosikan oleh influencer.

Influencer kebanyakan memang dari kalangan yang sudah terkenal sebelumnya, seperti artis, blogger, youtuber, selebgram, dan lain-lain. Tarif yang dipatok oleh tiap influencer pun berbeda. Mereka biasa mematok harga sesuai dengan insight atau jumlah followers yang banyak.

3. Blog dan SEO

Blog seperti yang Anda tahu, merupakan suatu website yang berisi suatu informasi. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk seorang pengusaha melakukan promosi produk secara kreatif.

SEO sendiri berfungsi untuk mengoptimalkan peringkat teratas di mesin pencarian atau google. Dengan begini, orang akan mudah mengunjungi website Anda melalui penerapan SEO ini untuk promosi produk. Semakin banyak orang yang mengunjungi, semakin lama juga website untuk promosi tersebut berada di peringkat atas.

4. Video

Jika dirasa strategi pemasaran produk yang lainnya kurang, Anda bisa mulai menerapkan promosi produk dengan menggunakan video iklan. Sebagai pelanggan, pastinya akan lebih tertarik dengan melihat iklan produk berupa video daripada hanya sebuah tulisan.

Sebelum membuat iklan produk, pastikan Anda membuat rancangan isi video tersebut dengan semenarik mungkin. Jangan sampai pelanggan justru tidak tertarik dan mengabaikan iklan produk tersebut.

5. Affiliate Marketing

Strategi affiliate marketing merupakan cara promosi produk melalui partner. Cara ini adalah salah satu cara yang bisa membuat promosi produk Anda semakin impactful. Keuntungan dengan affiliate marketing sendiri tidak hanya untuk Anda saja, tetapi untuk partner yang telah membantu.

Jasa atau produk Anda juga jauh lebih dikenal luas setelah dipromosikan oleh partner yang bekerja sama dengan Anda. Calon pelanggan juga biasanya diberikan promo menarik melalui sebuah link yang disebarkan partner afiliasi atau melalui kode voucher yang bisa digunakan.

Untuk dapat menentukan strategi pemasaran produk yang tepat, Anda sebagai pengusaha perlu menentukan target pasar yang tepat atau sesuai dengan produk yang Anda jual. Buatlah promosi yang menarik dan kreatif agar pelanggan bisa tertarik membeli produk tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Nilai Brand Immersion dalam Strategi Marketing

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini!