16 November 2020

Tidak hanya menjaga kesehatan lingungan, Sustainable Brand juga berkokntribusi terhadap kesejahteraan pengrajin dan petani.

Ketika Anda berencana membeli sebuah produk, apa saja yang akan dipertimbangkan? Belakangan, masyarakat mulai melirik kepedulian sebuah brand dalam menyajikan produk yang ramah lingkungan, atau yang dikenal juga sebagai konsep Sustainable Brand.

Baca juga: Daftar Produk Fashion Sustainable dari Brand Ternama Dunia. 

Semakin kesini semakin banyak yang mengutamakan produk-produk dengan konsep sustainable brand tersebut. Jika Anda sendiri menekuni sebuah bisnis, sangat tepat untuk mencontek konsep ini.  

Sekilas Tentang Sustainable Brand 

Gerakan sustainable sendiri merupakan proses untuk mengubah perilaku para pelaku industri untuk mengedepankan lingkungan. Sehingga kegiatan industri atau bisnis yang dilakukan bisa mendukung kegiatan pelestarian lingkungan, pemberdayaan pengrajin, pemberdayaan petani lokal, dan menghadirkan skema yang transparan. 

Lewat perubahan ini, maka secara umum sustainable brand memiliki harga lebih mahal. Mengapa? Sebab memberikan upah kepada pengrajin maupun petani lokal dengan nilai yang lebih layak. Selain itu juga mengutamakan bahan baku alami yang juga diolah alami, yang membuat prosesnya memakan waktu lebih panjang dan membutuhkan tenaga lebih banyak. 

Namun, meskipun dilihat dari segi harga cenderung lebih mahal dibanding brand dengan konsep biasa. Dipastikan konsumen akan memperoleh kualitas lebih baik dibanding brand tanpa mengusung konsep sustainable. Menariknya, jika dulu baru brand dari luar yang menerapkan konsep ini. Maka saat ini sudah banyak brand lokal fashion dan kecantikan ikut menerapkannya. 

5 Brand Fashion dan Kecantikan Lokal yang Menerapkannya 

Berikut adalah sejumlah brand lokal asli Indonesia yang sudah menerapkan konsep sustainable brand tersebut: 

  • Klen and Kind 

Klen and Kind merupakan brand untuk produk kecantikan lokal yang mengusung konsep sustainable. Brand ini dibentuk atau dirintis oleh sekelompok orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk kecantikan natural. Melalui Klen and Kind para perintis ini berharap bisa menaikan merek kecantikan yang natural dan organik. 

Produk perawatan kulit yang disediakan membantu mempercantik, mengencangkan, dan juga melembabkan kulit. Dihadirkan pula dalam desain kemasan yang cantik sehingga sedap dipandang dan tampak berkelas. Selain itu, brand satu ini juga menyediakan minyak esensial dan aromaterapi yang juga dari bahan natural dan organik. 

  • Blue Stone Botanicals 

Blue Stone Botanicals merupakan brand lokal untuk produk minyak esensial, aromaterapi, dan minyak untuk badan dan ruangan. Berdomisili di Pulau Bali, brand ini memiliki motto “Orang yang sehat dan planet yang sehat”. Sebab untuk bisa memiliki tubuh yang sehat maka perlu menjaga kesehatan planet atau bumi. 

Brand lokal satu ini bekerjasama dengan petani kelapa sawit di Indonesia, dan menjadi bahan baku utamanya. Secara eksplisit, Blue Stones Botanicals juga berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para petani kelapa sawit. Jika Anda termasuk orang yang menerapkan konsep sustainable, maka produk-produknya wajib untuk Anda gunakan. 

  • Sejauh Mata Memandang 

Sejauh Mata Memandang merupakan brand fashion lokal yang juga menerapkan konsep sustainable. Dirintis oleh Chitra Subiyakto dan Arya Dipa yang bekerjasama dengan pengrajin batik dari Jawa, Bali, dan juga Sumba. 

Corak batiknya yang khas dan modern membuat produk fashion Sejauh Mata Memandang menghadirkan kain batik yang cocok dikenakan anak muda. 

  • Cinta Bumi Artisans 

Cinta Bumi Artisans merupakan brand lokal dari Bali yang menyediakan berbagai aksesoris dari bahan alami dan aman untuk lingkungan. Produknya sendiri seperti dompet, peralatan rumah, syal, dan lain sebagainya. Brand ini juga bekerjasama dengan banyak pengrajin di Bali. 

  • SukkhaCitta 

SukkhaCitta mencoba menghadirkan produk fashion berkualitas dan ramah lingkungan. Bekerjasama dengan pengrajin dari berbagai desa agar kesejahteraan hidup mereka meningkat dan tetap menyediakan produk ramah lingkungan. 

Lewat kegiatan ini, SukkhaCitta berhasil meningkatkan penghasilan pengrajin sebesar 40%, dan 50% dari hasil penjualan akan digunakan untuk dana pendidikan. 

Berbagai brand lokal di atas sukses menerapkan konsep sustainable brand yang tentu layak untuk Anda prioritaskan. Sehingga bisa ikut memperjuangkan kesejahteraan pengrajin dan petani lokal sekaligus berkontribusi menjaga kesehatan lingkungan. 

Baca juga: Trend Branding 2020: Sustainable Branding untuk Bisnis Masa Kini.

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.