03 July 2020

Branding adalah aspek penting dalam berbisnis. Dengan cara branding yang tepat, menarik dan cepat diingat konsumen, bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Kesuksesan berbisnis tentu diimpikan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang pernah jatuh bangun dan menghabiskan banyak modal untuk mencoba keberuntungan dalam bisnis. Meskipun untung dan rugi adalah risiko yang harus dijalani dalam dunia bisnis, namun tidak ada salahnya apabila sebelum memulai bisnis kita mempelajari apa saja faktor yang dapat membuat produk kita laku dan terkenal di pasaran.

Baca Juga: Menciptakan Diferensiasi Produk Pada Sebuah Brand

Brand atau merek merupakan identitas bisnis yang membedakan produk maupun jasa yang dimiliki dengan produk kompetitor. Untuk itu keistimewaan brand menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengungguli brand lawan. Salah satu keistimewaan brand adalah bilamana brand tersebut terkenal dan diingat konsumen.

 

Cara Branding yang Menarik dan Cepat Diingat Konsumen

Lalu, bagaimana cara branding yang menarik dan cepat diingat konsumen? Berikut penjelasan kami.

1. Pilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan

Cara branding paling penting yang dapat Anda persiapkan adalah memilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan. Menentukan nama brand bukanlah hal yang mudah, Anda dapat mengumpulkan dan menulis terlebih dahulu ide-ide nama brand yang Anda inginkan.

Pastikan bahwa ide dari nama brand tersebut tidak lebih dari tiga konsonan/suku kata, artinya pilihlah nama yang tidak terlalu panjang. Nama yang singkat dan jelas akan lebih mudah diucapkan serta diingat oleh konsumen. Setelah Anda memiliki satu nama brand, pastikan orang lain tidak memakai nama brand yang sama dengan Anda melalui mesin pencari (search engine).

Langkah terakhir untuk cara branding ini adalah dengan melegalkan nama brand Anda sebagai hak merek satu-satunya yang mana pemiliknya adalah Anda sendiri. Proses legalisasi ini dapat dilakukan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). Lengkapi sejumlah dokumen sebagai syarat pengajuan hak merek yang harus dipenuhi. Hal ini adalah langkah hukum untuk menghindari copyright oleh pihak lain di kemudian hari.

2. Tentukan diferensiasi (ciri khas) produk

Bila Anda menginginkan kesuksesan berbisnis, jadilah pebisnis yang berbeda dengan yang lain. Perbedaan ini maksudnya agar produk Anda memiliki ciri khas yang gampang diingat oleh konsumen. Bukan hanya sekedar perbedaan nama brand, namun rasa maupun kualitas dari produk yang Anda tawarkan.  Cara branding ini terkesan mudah dilakukan, namun kenyataannya hal ini cukup sulit.

Menentukan sentuhan yang berbeda dengan produk sejenis oleh brand kompetitor tentunya membutuhkan kreativitas dan ketelitian. Akan tetapi, diferensiasi/perbedaan antara produk Anda dengan produk kompetitor adalah keistimewaan yang akan diingat dan dicari oleh konsumen.

3. Brand dan Logo merupakan cerminan produk

Desainlah logo yang memiliki makna/latar belakang serupa dengan jenis produk Anda. Dengan menyisipkan nama/singkatan brand pada logo akan menambah daya tarik dari produk Anda. Misalnya Anda memilih bisnis bakery/culinary, maka mendesain logo dan brand yang sesuai dengan dunia culinary.

4. Pasang iklan

Iklan bisnis produk tidak melulu di baliho besar atau spanduk-spanduk yang ditempatkan di pinggir jalan, sebab butuh modal yang tidak sedikit untuk memasang iklan yang demikian. Zaman sekarang, pebisnis baik industri kecil sampai industri besar dapat menggunakan iklan digital yang jadi tren bisnis saat ini.

Dengan memanfaatkan layanan iklan digital, Anda dapat meminimalisir biaya pemasaran. Iklan digital yang dapat Anda manfaatkan bisa melalui display ads, Search Engine Marketing (SEM), dan sejenisnya. Cara branding seperti ini dianggap lebih efektif bila dihubungkan dengan kebutuhan manusia menggunakan internet untuk berbagai jenis kebutuhan.

5. Ikut serta dalam pameran, bazaar, atau event lainnya

Salah satu peluang untuk memperkenalkan produk Anda kepada khalayak ramai yakni dengan ikut serta event bisnis seperti pameran atau bazaar. Pilihlah stand atau lokasi yang strategis yang memungkinkan pengunjung untuk datang, melihat dan membeli produk Anda.

Selain itu, usahakan mendekor stand Anda dengan ornamen yang menarik dan rapi, sehingga pengunjung ingin tahu tentang manfaat dan kelebihan produk Anda. Dengan demikian, produk Anda semakin dikenal dan diminati banyak orang.

6. Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah salah satu ruang yang tidak lepas dari kebanyakan orang di zaman milenial ini. Hampir setiap orang dari segala usia menggunakan media sosial untuk sekedar mengisi waktu luang maupun untuk kebutuhan pekerjaan.

Momen seperti inilah yang harus dimaksimalkan oleh pebisnis yang merintis atau mengembangkan usahanya. Media sosial merupakan sarana paling cepat dan efektif untuk melakukan branding. Cara branding melalui media sosial dapat dengan memanfaatkan Facebook, Instagram, maupun jenis media sosial lainnya.

Demikian penjelasan mengenai cara branding yang menarik dari kami. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Sosial Media

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.