16 November 2020

Kolaborasi Co-brand tidak selalu harus dari satu segmentasi yang sama

Persaingan dalam sebuah usaha tentu tidak bisa dihindari. Hal ini mewajibkan Anda untuk selalu mengeluarkan produk atau jasa menarik, agar tidak kalah saing. Namun, jika Anda ingin sesuatu yang lebih fresh, coba saja cara baru seperti kolaborasi co-branding

Baca juga: 9 Produk Kolaborasi Unik Fast Food dan Brand Fashion

Co-branding merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk menaikkan produk atau jasa dengan cara kolaborasi. Anda bisa berkolaborasi dengan siapa saja, atau perusahaan mana saja, yang penting hasilnya memuaskan. Nah, jika Anda masih bingung ingin kolaborasi dengan siapa, simak saja contoh yang ada di bawah ini dan jadikan bahan referensi. 

Daftar Contoh Kolaborasi Co-Branding

Ada banyak perusahaan yang melakukan branding dengan cara kolaborasi, mulai dari bidang makanan, kosmetik, peralatan rumah tangga, barang electronic dan lain-lain. Berikut ini terdapat beberapa contoh kolaborasi co-branding yang sangat sukses:

  • Samsung X BTS

Kolaborasi yang kini sedang hangat-hangatnya dan pastinya para penggemar K-Pop sudah mengetahuinya. Iya, benar sekali, kolaborasi antara Samsung dan BTS yang menghadirkan sebuah smartphone elegan dengan spesifikasi kelas atas. Samsung Galaxy S20 BTS menjadi salah satu hasil kolaborasi yang begitu menakjubkan dan dapat dikategorikan sebagai kolaborasi yang sukses. 

  • Garuda X Rans

Tak hanya di Korea Selatan saja, hasil kolaborasi branding yang sukses juga ada di Indonesia. Kolaborasi maskapai Garuda dan Rans Entertainment juga digadang-gadang sebagai co branding fenomenal yang sukses. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan kedua belah pihak, pasalnya Garuda dan Rans sudah memiliki nama yang melejit di Indonesia. 

  • Indomaret X Berbagai Bank

Beralih pada bidang lainnya, pasti Anda tidak asing dengan salah satu mini swalayan populer yakni Indomaret. Ternyata tanpa disadari oleh khalayak ramai, mini swalayan ini melakukan kolaborasi dengan berbagai bank, mulai dari bank BUMN hingga bank swasta. 

Hal ini merujuk pada bisnis pembayaran, sehingga pengguna tidak wajib datang ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi, karena bisa bayar di Indomaret. 

  • Produk Kosmetik X Influencer

Selanjutnya adalah kolaborasi yang kerap kali dilakukan, yaitu produk kosmetik dengan beauty influencer. Hal ini sangat ramai di Indonesia, mengingat cukup banyak perusahaan kosmetik yang mengadu nasib di sini. 

Salah satu hasil kolaborasi yang sukses adalah “The Needs” pallet multifungsi dari brand Focallure yang dibuat bersama Tasya Farasya. Produk ini sukses merajai pasar kosmetik, dan membuat brand Focallure semakin dikenal di Indonesia. 

  • Oreo X Supreme

Kolaborasi yang booming dan sempat viral datang dari produk makanan, yaitu Oreo. Jika dahulu Oreo hanya berwarna hitam saja, sekarang hadir Oreo berwarna merah hasil kolaborasi dengan Supreme. 

Kedua perusahaan ini menghasilkan produk yang super limited edition, dengan harga yang selangit. Hal tersebut wajar, karena Supreme merupakan brand kelas atas yang sangat populer. 

  • Chitato X Indomie Goreng

Sebelum Oreo Supreme naik daun, Chitato X Indomie Goreng sudah merajai pasar snack. Hasil kolaborasi dua perusahaan makanan yang bertolak belakang ini bisa dikatakan sukses, karena dapat menarik konsumen dari berbagai kalangan. Lebih tepatnya mampu menggugah rasa penasaran konsumen, karena rasa Indomie Goreng yang ada di Chitato. 

Nah, itulah beberapa contoh kolaborasi co branding dari beberapa bidang. Anda juga bisa melakukannya untuk perusahaan. Jika tidak punya pilihan, Anda bisa mencoba kolaborasi dengan public figure, atau influencer yang telah memiliki traffic kunjungan tinggi. Dengan melakukan kolaborasi ini, dijamin produk atau jasa dari Perusahaan Anda semakin dikenal masyarakat dan tentunya semakin laris. 

Baca juga: Pengaruh Perceived Quality Terhadap Loyalitas Brand

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia branding, kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.