...

10 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-meningkatkan-brand-awareness-dreambox

Untuk memajukan bisnis Anda, penting untuk meningkatkan brand awareness agar diingat oleh publik.

Anda pakai softex merek apa?’, ‘Honda Mio Anda diparkir di sebelah mana?’, ‘Merk sepatu keds apa yang paling sering Anda beli?’. Beberapa pertanyaan tadi merupakan yang paling sering didengar sehari-hari.

Baca Juga: Apakah Strategi Penempatan Produk Berpengaruh Pada Brand Awareness?

Dari pertanyaan itulah bisa diketahui bahwa ternyata banyak yang salah mengartikan Softex, Honda, dan Keds sebagai produk umum, padahal mereka sebenarnya merupakan sebuah brand. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena brand awareness yang kuat.

8 Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Awareness merupakan familiaritas yang dimiliki oleh pasar tentang sebuah brand, entah itu tagline, logo, warna, merchant, dan lain-lain. Sebuah brand sudah mendapatkan awareness dari pasar ketika sudah bisa dikenali atau diingat. Berikut adalah 8 cara meningkatkan awareness pasar tentang brand bisnis.

1. Logo yang catchy

Salah satu komponen dasar dalam bisnis yang akan berinteraksi langsung dengan pasar adalah logo. Logo akan muncul di segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, mulai dari poster, situs resmi, kemasan, sosial media, bahkan kartu nama dan konten iklan.

Karena itu membuat logo yang menarik dan gampang menempel di ingatan pasar merupakan strategi awareness yang jitu.

2. Tagline yang menarik

Selain logo, tagline merupakan komponen penting sebagai representasi dari brand. Membuat tagline yang menarik akan memudahkan pasar untuk mengenali nilai yang diusung oleh Brand.

Sehingga ketika tagline tersebut dibaca ataupun disebut, pasar bisa langsung mengasosiasikannya dengan merek Anda. Pilihlah tagline yang sederhana namun lekat dengan kehidupan sehari-hari.

3. Maksimalkan sosial media

Siapa sih yang saat ini tak aktif di sosial media? Rasanya di era digital ini justru pasar sosial media melonjak dratis. Karena itu merangkul pasar melalui platform digital merupakan cara manjur untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu caranya adalah memaksimalkan konten dalam digital advertising di platform sosial media.

Anda dapat menarik minat konsumen melalui visual sosial media yang menarik, informatif, dan bermanfaat untuk meningkatkan followers brand Anda. Sebagai contoh, jika  Anda memiliki produk kecantikan dapat memberikan berbagai tips mengenai bagaimana cara merawat wajah agar tetap glowing, atau bagaimana cara makeup natural ala artis korea.

4. Manfaatkan Iklan Online

Salah satu tips ampuh dalam meningkatkan brand awareness adalah iklan online, yang memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform digital.

Ada beberapa jenis platform iklan digital yang populer dan dapat menjadi pilihan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan brand awareness:

  • Google Ads: Platform iklan ini memungkinkan perusahaan untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google, situs web mitra, dan YouTube. Dengan Google Ads, Anda dapat mengoptimalkan iklan berdasarkan kata kunci yang relevan, lokasi geografis, minat, dan perilaku pengguna.
  • Facebook Ads: Melalui Facebook Ads, perusahaan dapat menargetkan iklan mereka kepada pengguna Facebook berdasarkan demografi, minat, dan perilaku tertentu. Iklan dapat ditampilkan di beranda Facebook, di sisi kanan halaman, atau dalam aliran berita pengguna.
  • Instagram Ads: Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang populer, juga menyediakan fitur iklan yang kuat. Dengan Instagram Ads, Anda dapat mempromosikan konten visual yang menarik, seperti gambar dan video, kepada audiens yang relevan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku.

Selain platform tersebut, masih ada banyak pilihan lainnya seperti Twitter Ads, LinkedIn Ads, Pinterest Ads, dan lain sebagainya. Penting untuk memilih platform yang sesuai dengan target pasar Anda, serta menggunakan strategi yang tepat dalam pengelolaan iklan online, seperti mengoptimalkan tampilan iklan, menentukan target audiens yang relevan, dan melacak dan menganalisis kinerja iklan untuk melakukan perbaikan.

Dengan menggunakan iklan online dan memilih platform yang tepat, perusahaan dapat memanfaatkan potensi digital marketing untuk meningkatkan brand awareness, mencapai audiens yang lebih luas, dan mengoptimalkan efektivitas kampanye pemasaran mereka.

5. Situs web yang bersahabat

Situs web merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh pasar untuk mengecek validitas sebuah brand. Ketika situs webnya terlihat terurus dan bersahabat, pasar juga akan merasa lebih yakin untuk mengenal brand lebih jauh. Buatlah situs web yang cocok diakses dengan PC maupun smartphone, dengan konten yang merepresentasikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pasar mengenai brand dan informasi menarik lainnya.

6. Aktif dalam expo dan bazar

Aktif dalam expo dan bazar merupakan cara lain untuk ‘menyapa’ pasar. Dengan mengikuti acara sejenis bisnis Anda akan mendapatkan kesempatan untuk dikenal oleh masyarakat. Kalaupun saat ini terhalang pandemi, Anda tak perlu khawatir sebab pelaksanaan bazar dan ekspo bisnis sudah mulai dilakukan secara online.

7. Mencoba co-branding

Familiar dengan Indomie rasa Chitato? Atau es krim Walls rasa Oreo dan Silverqueen? Nah, ini merupakan contoh pelaksanaan co-branding. Kolaborasi dengan merek dagang lainnya akan membantu Anda meningkatkan awareness bisnis, sebab memiliki lapak promosi yang lebih luas.

8. Teknik reward

Promo, potongan harga, cashback, dan giveaway merupakan beberapa contoh pelaksanaan teknik reward. Menggunakannya dinilai efektif dalam meningkatkan rasa penasaran dan keinginan pasar untuk berinteraksi dengan sebuah brand bisnis.

9. Kolaborasi influencer

Influencer marketing merupakan cara promosi yang akan memanfaatkan platform milik inluencer sebagai sarana promosi brand. Hal ini akan membantu anda meningkatkan brand awareness, sebab influencer dapat menjangkau massa yang lebih banyak, dan sudah memiliki kepercayaan dari pengikurnya di sosial media. Hal ini memudahkan proses penyampaian nilai-nilai brand.

10. Mempelajari Competitor

Dengan memahami kompetitor, perusahaan dapat memperoleh wawasan berharga tentang praktik terbaik, tren pasar, dan strategi pemasaran yang efektif. Perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing serta mengambil peluang untuk membedakan diri dan memperkuat brand awareness.

Meningkatkan brand awareness tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, sebab kesadaran pasar akan sebuah brand bisnis harus dipupuk secara konsisten. Karena itu berinvestasi dalam awareness sebuah brand merupakan strategi yang dilaksanakan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms