20 May 2020

Branding dalam perusahaan memang bisa dikatakan sangat bergantung pada penggunaan media desain grafis.

Seperti yang diketahui, desain grafis biasanya diartikan sebagai sebuah media komunikasi yang umumnya menggunakan visual sebagai alat utamanya, misalnya seperti penggunaan logo, kemudian desain warna, hingga adanya penggunaan topografi tertentu. Karena itulah jasa desain grafis sampai saat ini masih sangat dibutuhkan.

Bagi anda yang belum terlalu memahami apa saja alasan pentingnya kehadiran desain grafis dalam proses branding sebuah perusahaan, maka artikel ini akan menjabarkannya dengan lengkap.

Baca Juga: Peran Desainer di Dalam Kegiatan Branding

Mengapa Jasa Desain Grafis sangat Penting?

Sebuah branding perusahaan pastinya akan mampet, jika tak mendapatkan gelontoran angin segar dari desain grafis. Hal ini bukannya tanpa alasan, namun memang desain grafis sampai saat ini masih dianggap sebagai nyawa dari proses branding. Berikut beberapa alasan kenapa desain grafis itu penting.

  1. Visual yang apik adalah kunci

Branding sejatinya bertujuan untuk mensosialisasikan perusahaan kepada para konsumennya. Nah, bayangkan sekarang jika alat sosialisasi ini berpenampilan buruk, apakah para konsumen akan meluangkan waktu untuk menengoknya? Tentu saja tidak.

Desain grafis layaknya seperti memakaikan pakaian terbaik pada branding perusahaan, sebelum nantinya diluncurkan dan bertemu banyak konsumen. Tujuannya adalah tentu saja untuk memperoleh image perusahaan yang baik, perhatian konsumen, hingga penyampaian yang tepat mengenai informasi-informasi penting yang telah disiapkan.

Karena itulah konten branding perusahaan dipoles dan dihias sedemikian rupa, agar terihat apik, cantik, dan menarik minat konsumen.

  1. Penyampaian pesan lebih efektif

Poin ini bisa dianalogikan dengan presentasi di perkuliahan dengan menggunakan power point. Bayangkan materi branding anda adalah yang disampaikan di sana, dan bagaimana desain dari power point itu adalah wujud desain grafisnya. Dan peserta perkulihan adalah calon konsumen anda.

Bayangkan jika jenis font yang digunakan pada power point tersebut sangat rumit dan susah untuk dibaca, apakah konsumen akan nyaman mengikuti sesi presentasi? Atau bayangkan jika pemilihan warna dan pernak-pernik penghias tiap slidenya sangat kontras dan ramai hingga membuat tidak fokus, apakah konsumen masih nyaman melihat terus ke presentasi? Atau mungkin ternyata isi dari slide tersebut hanyalah tulisan saja, tanpa ikon, logo, dan warna pelengkap, apakah konsumen masih betah untuk mengikuti sampai selesai?

Nah, inilah yang dimaksudkan dengan menciptakan pesan yang efektif dan juga efisien. Penggunaan jasa desain grafis dapat membantu anda untuk mengatur konten branding yang ada, hingga bisa diterima dengan baik oleh konsumen yang disasar oleh perusahaan. Dengan bantuan desain grafis, materi yang ada bisa disulap sebegitu rupa, sehingga menjadi lebih sederhana, namun jelas. Bisa menjadi lebih singkat, namun lengkap. Dan pastinya bisa menjadi lebih menyenangkan untuk dilihat.

  1. Memiliki referensi yang luas

Poin selanjutnya mengenai pentingnya menggunakan jasa desain grafis adalah referensi yang dimiliki, terkait dengan konten branding perusahaan. Bagi orang awam, pastinya membuat konten untuk branding sangatlah susah. Namun beda jadinya jika hal ini ditangani oleh ahlinya.

Para pekerja desain umumnya sudah akrab dengan berbagai jenis konten branding yang digunakan oleh berbagai perusahaan. Sehingga hal ini akan sangat membantunya dalam menentukan manakah desain yang sesuai dengan konten yang anda berikan.

Dengan adanya banyak referensi ini, para pekerja desain juga memiliki komparasi yang luas, sehingga ide-ide kreatif yang ada akan menjadi lebih luas.

Penggunaan jasa desain grafis tidak bisa dilepaskan dari materi branding perusahaan. Tanpa bantuan pekerja desain, materi branding dan marketing yang ada pastinya akan snagat membosankan dan sukar untuk mendapatkan perhatian dari pasar.

Baca Juga: Teknik Fotografi Produk Yang Menarik Untuk Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.