23 September 2020

Loyalitas pelanggan penting bagi bisnis karena hubungan baik dengan pelanggan dapat membuat bisnis Anda bertahan lama dan kuat.

Mengembangkan bisnis memang tidak mudah, apalagi jika Anda ingin menjadi pengusaha sejati, cobalah untuk fokus pada kesetiaan atau loyalitas pelanggan. Mengapa demikian? Karena, menjaga dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci penting bagi bisnis Anda agar bisa bertahan lama di dunia usaha.

Baca Juga: 5 Contoh Rebranding yang Sukses

Pelanggan setia tidak datang begitu saja, maka dari itu Anda harus menciptakannya. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari respon positif customer. Biaya dan waktu yang sudah Anda gunakan untuk membuat pelanggan puas selalu sepadan dengan apa yang akan didapat.

Setiap bisnis membutuhkan pelanggan baru, sudah pasti! Namun, untuk menghitung keuntungan yang sudah jelas bisa dilihat dari pelanggan yang pernah membeli dan tahu bagaimana kualitas produk Anda. Kenapa sih penting banget menjaga loyalitas pelanggan? Anda bisa cari tahu jawabannya di bawah ini.

Pentingnya Menjaga Loyalitas Pelanggan

Kesetiaan dari pelanggan faktanya bukan sekedar tentang layanan atau produk saja, tetapi juga merupakan hasil dari membangun emosi kedekatan dan kepercayaan yang mereka rasakan. Terutama di era digital, memiliki hubungan baik dengan customer harus dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dan inilah beberapa alasan pasti mengapa sangat penting menjaga loyalitas pelanggan untuk kemajuan bisnis.

1. Angka penjualan jadi lebih baik

Dengan adanya pelanggan setia, Anda sudah berhasil mengamankan laba bisnis yang stabil. Gampangnya, pelanggan yang pernah menggunakan produk Anda akan berpotensi untuk kembali membeli produk tersebut, kecuali jika mereka pernah merasakan pengalaman kurang baik saat pertama kali beli.

Keuntungan lainnya, Anda tidak harus menggerus biaya tinggi untuk mencari pelanggan baru atau mengiklankan produk. Jika hubungan Anda dan pelanggan lama terjalin dengan baik, maka mereka akan terus kembali.

Nah, saat bisnis Anda sudah meraih kepercayaan customer ditambah lagi Anda secara pribadi mengenal profil mereka, maka akan lebih mudah untuk bisa memprediksi pergerakan dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.

2. Kemudahan dalam bidang promosi 

Ada banyak hal yang wajib Anda lakukan jika ingin mendapatkan pelanggan baru. Menyakinkan calon pelanggan tidaklah mudah, bahkan Anda harus memakan lebih banyak biaya dan waktu daripada menjaga customer yang sudah ada.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat pelanggan nyaman hingga menyukai produk atau layanan Anda. Apabila mereka puas, otomatis mereka akan berperan sebagai brand ambassador sekaligus tim promosi gratisan untuk bisnis Anda. Benar, itu adalah timbal balik, dimana pelanggan dengan percaya diri merekomendasikan produk Anda kepada orang terdekat atau kenalan mereka.

3. Kualitas semakin meningkat

Sebuah kesempatan emas jika seorang pebisnis dapat merekrut loyalitas pelanggan, karena hal ini diyakini bisa memperbaiki produk Anda dengan saran dan masukan langsung dari mereka.

Begitu banyak informasi membangun bisa Anda dapatkan untuk mengatur kembali strategi usaha dan menjaga umur bisnis Anda dalam jangka waktu panjang. Jadi, jangan acuh begitu saja dengan kritik dan saran dari pelanggan setia ya.

4. Mendapat keuntungan lebih tinggi

Harga juga sangat berpengaruh pada bisnis, Anda harus lebih bijak dalam menentukan harga produk. Karena ada sebagian pelanggan yang saat ini sudah membeli produk Anda, bisa saja dengan mudah membeli barang dagangan Anda yang lain. Tentu, perbedaan sedikit tak jadi masalah, karena mereka sudah percaya dan akan lebih mudah tertarik ketika Anda melakukan cross-selling atau up-selling.

5. Menghemat anggaran bisnis 

Alasan terakhir, menjaga hubungan baik dengan pelanggan dipercaya dapat menghemat anggaran bisnis. Meski bukan tentang uang semata, cara Anda mengelola dan membangun loyalitas pelanggan akan menjadi sebuah penentu keberhasilan untuk strategi bisnis jangka panjang.

Karena itulah, Anda disarankan untuk tidak mengabaikan nilai dan keuntungan tersembunyi dibalik kesetiaan pelanggan. Mulailah proaktif dan ramah dengan pelanggan yang sudah ada, mereka adalah salah satu potensi terbaik untuk memaksimalkan bisnis dan pendapatan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan? Ikuti Strategi Berikut

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.