23 February 2021

Kegiatan branding merupakan kegiatan yang dipercaya dapat menarik pelanggan dikarenakan produk dengan brand terkenal selalu dinilai oleh pelanggan sebagai produk yang berkualitas.

Dewasa ini, di Indonesia banyak sekali didirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan produk barang maupun jasa, sehingga persaingan antar perusahaan pada bidang tersebut menjadi semakin sengit. Oleh karena itu, banyak perusahaan melakukan berbagai cara agar dapat menarik pelanggan dan menguasai pasar. Salah satu strategi tersebut adalah dengan melakukan kegiatan branding.

Baca Juga : Contoh Strategi Branding yang Baik

Branding merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup banyak digunakan oleh sebuah perusahaan, khususnya perusahaan yang baru berdiri karena keefektifannya dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Alasan Branding Usaha dapat Mendatangkan Banyak Pelanggan

Branding merupakan asal kata dari brand yang artinya adalah merek. Merek merupakan simbol, nama atau desain yang mengindentifikasikan dan membedakan sebuah produk dari sebuah perusahaan dengan produk dari perusahaan lain.

Adapun pengertian dari Branding Usaha adalah kegiatan menciptakan, memperkenalkan dan mengkomunikasikan sebuah brand atau merek dari sebuah produk usaha. Hal ini dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk masyarakat agar masyarakat lebih mudah mengenal dan mengingat produk yang mereka tawarkan.

Dalam melakukan kegiatan branding, terdapat beberapa unsur–unsur penting yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah nama merek atau brand, logo, tampilan visual sebuah produk, juru bicara yaitu seorang co-founder sebuah perusahaan, dan kata-kata yang memuat visi, misi dan program branding.

Kegiatan branding merupakan kegiatan yang dipercaya dapat menarik pelanggan. Mengapa demikian? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa branding usaha dapat mendatangkan banyak pelanggan.

1. Branding dapat Memberikan Identitas bagi Sebuah Perusahaan

Dalam melakukan kegiatan branding, sebuah perusahaan harus mempunyai prinsip bahwa mereka merupakan perusahaan yang unik dan berbeda. Oleh karena itu, kegiatan branding dapat memberikan sebuah identitas yang membedakan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain.

Identitas yang berbeda akan mempermudah masyarakat dalam mengenal dan mengingat sebuah perusahaan Anda, dan pada umumnya, pelanggan akan lebih tertarik membeli suatu barang dengan brand yang unik dan berbeda. 

2. Branding dapat Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

Produk yang memiliki brand terkenal, umumnya menjadi daya tarik konsumen. Pasalnya, produk dengan brand terkenal selalu dinilai oleh pelanggan sebagai produk yang berkualitas. Selain itu, dengan menggunakan produk dengan brand yang terkenal, maka akan memberikan kesan mewah bagi penggunanya.

Untuk menjadikan brand dari sebuah produk terkenal, diperlukan pengadaan branding usaha secara serius, baik dalam pembuatan logo atau desain sebuah brand, maupun dalam mengkomunikasikan brand tesebut kepada pelanggan.

3. Branding Menjadikan Sebuah Perusahaan Lebih Dikenal oleh Masyarakat

Kegiatan branding usaha yang baik dapat membuat sebuah produk lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengenal produk dari suatu perusahaan, maka akan semakin banyak masyarakat yang berdatangan untuk membeli produk tersebut. Selain itu, brand yang baik dari sebuah produk akan menjadikan produk tesebut prioritas utama ketika masyarakat ragu dalam membeli produk yang sama jenisnya namun berbeda brandnya.   

4. Branding Merupakan Salah Satu Media Promosi

Ketika sebuah perusahaan melakukan kegiatan branding usaha, secara tidak langsung perusahaan tersebut melakukan kegiatan promosi kepada masyarakat mengenai produknya melalui brand yang diciptakan oleh perusahaan tersebut.

Hal ini tentu akan menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk dengan brand tersebut. Terlebih lagi, jika brand sebuah produk memiliki desain dan slogan yang menarik.

5. Branding Dapat Menjalin Komunikasi antara Perusahaan dengan Pelanggan

Branding dapat dijadikan sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Pasalnya, kegiatan branding akan menjelaskan kepada pelanggan terkait manfaat, kelebihan, unique selling point (USP) dan juga infomasi lainnya mengenai produk yang perusahaan tawarkan. Dengan adanya penyampaian yang jelas mengenai informasi sebuah produk. Maka akan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Demikianlah, beberapa alasan mengapa branding dapat mendatangkan banyak pelanggan. Melakukan kegiatan branding sangatlah penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Namun, hal tersebut harus diiringi dengan peningkatan kualitas dari produk yang ditawarkan, agar pelanggan semakin yakin dalam memilih dan membeli produk.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan Online

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!