19 July 2021

Apa itu branding? Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai perbedaan brand atau merek dengan branding.

Tidak jarang juga banyak yang tidak bisa membedakannya dengan marketing. Padahal, setiap hal tersebut berbeda. Dalam sebuah bisnis, perusahaan tidak bisa sekedar menciptakan produk atau jasa. Dibutuhkan merek, branding dan marketing agar produk tersebut bisa diterima oleh masyarakat. Selain itu, juga agar produk semakin luas sasaran konsumennya. Apabila merek bisnis sudah mempunyai citra positif, maka konsumen tidak akan berpikir 2 kali dalam memilih produk. Misalnya saja merek Indomie yang mempunyai citra positif sebagai produk mie instan. Setiap orang yang melihat mie instan, pasti langsung memikirkan indomie. Padahal, banyak merek lain yang memproduksi mie instan. Namun, orang-orang mengenal dengan baik indomie sebagai produk yang bagus, sebenarnya apa itu branding?

Baca Juga: Corporate Branding yang Anda Lakukan Mungkin Salah, Berikut Faktanya

Apa itu Branding dan Perbedaannya dengan Merek

Merek merupakan nama, istilah, desain, simbol atau karakteristik dari sebuah produk atau jasa. Hal ini membuat suatu produk atau jasa berbeda daripada pesaingnya. Misalnya terdapat 2 produk yang sama. Mempunyai merek berbeda membuat konsumen dapat membedakan kedua produk tersebut. Misalnya mie instan dengan merek Indomie dan merek A. Maka konsumen tahu bahwa kedua produk tersebut mempunyai perbedaan. Brand hanya sebagai identitas dari suatu produk. Sementara apa itu branding? yaitu pencitraan yang dilaksanakan oleh perusahaan agar merek dikenal kuat oleh masyarakat luas. Dalam kata lain, merupakan suatu komunikasi.

Komunikasi tersebut dilakukan perusahaan terhadap konsumen. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut ialah untuk membangun citra positif mengenai merek dan perusahaan. Citra tersebut akan membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa perusahaan terkait. Setelah konsumen tertarik, mereka akan mulai melakukan pembelian. Apabila puas terhadap kualitasnya, maka akan berlangganan. Selain itu, konsumen yang puas sering merekomendasikan produk yang mereka gunakan kepada orang lain. Kegiatan pemberian citra positif tersebut dapat dikenali melalui nama, logo dan slogan. Biasanya dilaksanakan oleh perusahaan yang masih baru berdiri dan belum dikenal oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa mengenal perusahaan baru tersebut.

Perusahaan lama yang sudah melakukan branding, biasanya produknya telah dikenal oleh masyarakat. Sehingga konsumen sudah berlangganan. Misalnya saja ketika perusahaan Indofood melakukan branding terhadap Indomie. Setelah dilakukan branding, masyarakat mengenal Indomie. Bahkan hingga masyarakat luar negeri. Sehingga setiap membutuhkan mie instan, konsumen akan mencari Indomie, bukan yang lain.

Berbagai Fungsi Branding bagi Perkembangan Bisnis

Meski suatu merek sudah dikenal oleh masyarakat luas, bukan berarti perusahaan berhenti melakukan branding. Hal tersebut harus diperkuat seiring waktu sehingga tidak tergeser posisinya dari pesaing. Kegiatan ini berbeda dengan marketing. Jika branding adalah pengenalan merek, maka marketing adalah penjualan produk. Marketing merupakan usaha yang dilakukan perusahaan untuk menjual produknya sebanyak mungkin. Kegiatan pengenalan merek kepada konsumen mempunyai banyak sekali fungsi. Salah satunya adalah sebagai pembeda. Perusahaan mengenalkan perbedaan produknya dengan milik pesaing. Misalnya saja adalah kelebihan yang hanya dimiliki merek tersebut.

Fungsi berikutnya adalah promosi dan daya tarik. Apabila branding telah sukses dilakukan, maka konsumen akan mengenal merek dengan baik. Apabila sudah begitu, perusahaan lebih mudah untuk melakukan promosi. Masyarakat menjadi lebih mudah untuk membeli produk ketika dilakukan promosi. Berbeda jika masyarakat belum mengenal produk. Bisa saja mereka abai ketika perusahaan melaksanakan promosi. Branding memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Salah satu cara melakukannya adalah melalui jasa yang berpengalaman sehingga membantu untuk melakukan berbagai strategi branding sehingga merek bisa dikenal kuat oleh masyarakat.

Baca Juga: 4 Kiat Membuat Product Branding yang Memikat

Kegiatan pengenalan brand ini sangat berguna bagi perusahaan. Salah satunya adalah menambah pemasukan karena masyarakat mengenal merek dan melakukan pembelian produk. Jadi, apa itu branding adalah pemberian citra positif. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!