16 April 2021

Di era serba digital seperti saat ini, digital marketing menjadi pilar penting dalam mengembangkan suatu bisnis.

Khususnya dalam hal promosi dan kegiatan pemasaran suatu produk. Salah satu proses penting yang harus dilalui adalah digital activation. Dimana penting sekali bagi Anda untuk mengembangkan dan mempertahankan produk/brand yang memiliki ciri khas di tengah kompetisi bisnis yang sangat tinggi. Sebagaimana kita tahu, saat ini pasar lebih didominasi dengan permintaan untuk mendapatkan user experience (UX) dari suatu brand yang mereka inginkan. Strategi aktivasi merek adalah langkah tepat untuk memasarkan dan mempromosikan produk dengan tetap mempertahankan interaksi dengan konsumen.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Konten Viral untuk Marketing Bisnis Anda

Digital activation atau aktivasi brand digital merupakan strategi yang memanfaatkan penargetan mikro audiens dan berbasis interaksi antara brand dengan konsumen atau calon konsumen melalui berbagai aktivitas, untuk membangun dan meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) dan mendorong prospek atau penjualan langsung secara digital. Dan karena berbasis digital, proses atau alurnya lebih cepat, murah, dan sangat terukur. Brand activation dikatakan sukses apabila mampu menciptakan engagement dengan konsumen. Aktivasi digital untuk meningkatkan brand engagement sebaiknya berfokus pada pengalaman pelanggan karena mereka bisa saja bosan dengan konten-konten (foto atau video) yang sebelumnya disajikan. Brand pun bisa menggunakan aktivasi digital secara online melalui media sosial untuk membangun brand awareness masyarakat terhadap brand.

Syarat Keberhasilan Brand Activation

Syarat suatu keberhasilan brand activation yaitu:

  • Menciptakan brand awareness
  • Meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk
  • Membangun hubungan erat dengan pelanggan

Tipe dari digital activation ini juga beragam, seperti digital marketing activation, social media activation, promotions activation, marketing event activation, dan sponsorship activation.

Manfaat Digital Activation untuk Bisnis Anda

Setiap brand memiliki tujuan untuk mencapai brand awareness, di mana merek tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas. Nah, berikut ini 5 manfaat digital activation untuk mengembangkan bisnis Anda :

1. Hasil Langsung

Hasil dari penggunaan digital activation bisa Anda lihat dan rasakan secara langsung, karena dengan meningkatnya awareness konsumen terhadap suatu produk atau brand, tentu saja akan membuat posisi brand Anda akan lebih kuat di pasar. Selain semakin kuat di pasar, loyalty konsumen terhadap produk/brand juga semakin meningkat dan akan dirasakan dari hasil penjualannya langsung.

2. Persiapan dan Peluncuran Cepat

Sekali lagi, karena aktivitas ini berbasis digital atau online, sehingga proses persiapan dan peluncurannya cepat dan mudah. Misalnya saja, Anda menggunakan bentuk digital activation berupa promotions activation, dimana terdapat promo-promo menarik terkait brand, produk atau jasa bisnis Anda. Setelah Anda menyiapkan materi promosi, contohnya saja potongan harga atau cashback launching produk baru, Anda bisa langsung membagikannya di media sosial dan informasi tersebut akan tersebar dan mendapat engagement yang bagus.

3. Pengoptimalan  Campaign Berkelanjutan

Dengan menjalankan ratusan campaign semacam promotions activation ataupun bentuk brand activations lainnya, Anda akan memperoleh banyak sekali wawasan tentang mana bentuk brand activation yang berhasil dan mana yang tidak. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi campaign promosi lebih baik lagi untuk meningkatkan bisnis Anda

4. Mendapat Feedback

Manfaat lain melakukan aktivasi produk digital yaitu Anda bisa mendapatkan feedback langsung dari konsumen terhadap produk, jasa atau brand Anda. Hal tersebut dikarenakan digital activation dilakukan secara dua arah antara konsumen dengan brand.

5. Laba atas Investasi Kuat dan Dapat Diukur

Dengan meningkatnya awareness pelanggan terhadap brand, produk atau jasa yang Anda tawarkan,  akan menciptakan engagement yang baik dengan konsumen. Sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan penjualan suatu produk atau brand Anda, karena konsumen sudah percaya dengan brand yang Anda jual. Hal ini tentunya akan meningkatkan laba perusahaan maupun investor yang menanamkan modal pada bisnis Anda.

Dalam membangun digital activation untuk industri digital, khususnya digital marketing juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Dimana Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan target pasar sebelum dilakukannya brand activation agar tepat sasaran. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency untuk membangun brand digital activation pada bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Teknik Dalam Melakukan Website Management

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!