...

Apa Itu User Experience? Ini Penjelasan dan Tips Penggunaannya

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Mengenal lebih dalam apa itu user experience

Produk-produk digital di masa modern seperti ini tentu saja tidak lepas dari peran user experience, namun, apa itu user experience?User experience digunakan entah itu pada website, aplikasi, smartphone, perangkat komputer (software) atau yang lainnya. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan banyaknya produk digital yang menawarkan fungsi, fitur, maupun harga yang tidak jauh alias mirip satu sama lain.  Jika sudah begitu, apa alasan yang membuat pengguna memilih salah satu dari semua produk yang ada? Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah user experience atau pengalaman pengguna saat menggunakan produk digital yang dimaksud. Apa itu user experience? Pastinya bagi Anda yang belum tahu sangat penasaran tentang definisi dan juga penggunaannya. Simak informasi berikut untuk menemukan jawabannya!

Baca Juga: Tips Membuat Konten TikTok yang Menarik untuk Menaikkan Brand Awareness

Apa Itu User Experience?

Jika Anda bertanya, apa itu user experience, maka jawabannya adalah sebuah pengalaman pengguna dalam menggunakan produk digital pilihan. Pengalaman ini dapat dilihat dari betapa mudahnya para pengguna mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan menggunakan produk digital pilihannya. User experience produk yang bagus pastinya tidak akan membuat para pengguna kesulitan dalam mencapai tujuan mereka.

Kemudahan tersebut bisa datang dari mana saja, mulai dari desain UI yang friendly, produk sangat ringan untuk diakses, tampilan menu yang tidak menyesatkan, dan lain sebagainya, sedangkan user experience yang buruk, akan membuat pengguna merasa tidak nyaman bahkan frustasi karena tidak menemukan kemudahan dalam mencapai tujuan yang mereka inginkan. Jika hal ini sudah terjadi, maka secara otomatis akan berakibat buruk pada produk Anda. Jawaban diatas merupakan pembahasan singkat tentang apa itu user experience. Untuk lebih membantu Anda kami terlihat menyiapkan tips penerapan user experience seperti dibawah ini.

Tips Penerapan User Experience

Setelah mengetahui apa itu user experience, maka Anda perlu menyempurnakan pengetahuan ini dengan mempelajari penerapan dari user experience. Bagaimana kiranya cara atau tips untuk bisa menerapkan user experience yang menguntungkan? Berikut ada tips penerapannya: 

1. Perubahan Itu Tak Selalu Baik

Sadar atau tidak, bahwa struktur dari website atau aplikasi itu hampir sama satu dengan yang lainnya, sebab hal tersebut memang telah terbukti berfungsi dengan baik. Alasan utamanya adalah karena pengguna sudah terbiasa menggunakan struktur yang ada di website atau aplikasi tersebut. Jadi, pengguna tidak selalu suka dengan adanya perubahan yang Anda lakukan, pasalnya mereka sudah terbiasa dan cenderung nyaman bahkan tidak mau beradaptasi dengan perubahan baru yang terlalu banyak. Memang perubahan dapat memberikan poin plus yakni dapat membedakan produk Anda dengan produk lainnya, namun apabila perubahan tersebut tidak memberikan benefit pada pengguna, bukankah lebih baik tidak diubah? 

2. Gunakan Desain yang Simple, Konsisten, dan Responsif

Buatlah produk digital dengan desain simple, karena jika yang simple saja bisa membuat pengguna puas maka kenapa harus yang rumit? Desain yang rumit pun belum tentu disukai oleh para pengguna, bahkan bisa jadi pengguna produk digital Anda akan merasa pusing dan akhirnya meninggalkan produk Anda. Hal tersebut juga berlaku pada desain yang tidak konsisten, karena pengguna akan merasa kebingungan bahkan tersesat apabila desain setiap halaman berubah-ubah. Jangan lupa untuk membuat desain yang responsif, agar pengguna memiliki pengalaman yang luar biasa ketika menggunakan produk Anda. 

Lantas bagaimana cara membuat desain yang sesuai dan memudahkan pengguna? Berikut caranya:

  • Setiap halaman memiliki tujuan jelas.
  • Desain konsisten di setiap halaman.
  • Tujuan per halamannya dibuat sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna.
  • Informasi yang bersifat tidak terlalu penting bisa diletakkan di bagian bawah saja.
  • Buat produk digital yang responsif dan tentu saja mobile friendly agar membuat pengguna nyaman. 

3. Pahami Keinginan dan Kebutuhan Pengguna

Memahami keinginan dan kebutuhan pengguna tentu saja menjadi hal yang sangat penting dan patut diperhatikan dalam membuat produk digital. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari pikiran atau feeling bahwa setiap pengguna pastinya akan membutuhkan sesuatu. Hal tersebut dapat diganti dengan melakukan riset yang mendalam kepada audiens, guna mengetahui apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan inginkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan survey. 

4. Pastikan Hal-Hal yang Penting Menonjol

Tips di urutan keempat ini juga tidak kalah penting dan wajib dilakukan, yakni memastikan bahwa hal-hal yang bersifat penting wajib menonjol. Cara untuk melakukan hal ini dengan gampang dapat Anda lakukan dengan metode berikut ini:

  • Hal yang paling menonjol dalam sebuat halaman haruslah hal-hal yang bersifat sangat penting.
  • Pengguna harus tahu keberadaan mereka ketika mengakses website atau aplikasi. Keberadaan yang dimaksud adalah lokasi mereka di website atau aplikasi. 
  • CTA harus menarik dan tentunya harus jelas.
  • Perhatikan warna, jika pengguna sudah terbiasa dengan warna di setiap bagian maka pastikan untuk tidak mengubahnya. 
  • Perhatikan letak kolom pencarian

5. Berikan Perjalanan yang Lancar untuk Pengguna

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan user experience yang bagus adalah memberikan perjalanan yang lancar untuk pengguna produk digital. Hal yang dimaksud dengan perjalanan adalah ketika pengguna berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya. Perjalanan ini haruslah lancer tanpa hambatan hingga pengguna menemukan apa yang mereka inginkan dalam website atau aplikasi Anda.  Intinya, Anda harus memberikan perjalanan selancar mungkin hingga pengguna produk digital Anda mendapatkan apa yang mereka inginkan. Setiap klik, semua halaman, dan kegiatan pengguna haruslah membawa mereka pada titik atau poin yang lebih dekat dengan tujuan mereka. 

Baca Juga:Pentingnya Konsultan Branding untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu user experience yang bisa menambah pengetahuan Anda untuk melakukan yang terbaik guna produk digital Anda. Intinya user experience merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan, agar pengguna bisa memanfaatkan produk digital Anda untuk mencapai tujuan tanpa adanya kesulitan apapun. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms