05 January 2022

Anda perlu memperhatikan kecepatan mengakses halaman  dalam website audit.

Setiap segala sesuatu harus dicek serta dipastikan kembali mampu berfungsi sebagaimana mestinya, itu adalah salah satu tujuan dari website audit. Sama seperti kendaraan, apabila sering dikendarai maka akan ada potensi masalah, entah pada gas, rem, atau mesinnya. Ada banyak sekali masalah ketika sebuah web sudah lama digunakan, seperti apakah ada banyak sekali link broken, ada potensi masalah pada keamanan, atau berbagai kendala lainnya sehingga membuat pengunjung tidak nyaman, bahkan bisa jadi terganggu. Pada era digital seperti saat ini, keberadaan website atau situs menjadi tonggak penting, ia seperti toko atau katalog yang sifatnya online. Ketika ada orang memerlukan sesuatu, ia tinggal mampir, mencari, dan memilihnya, karenanya kedudukan website sangat penting.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Strategi Bidding Google Ads?

Memahami Apa Itu Website Audit

Belum banyak orang mengetahui apa itu audit pada website, karena masih belum banyak orang terjun serta memperhatikan betul bagaimana sistemnya bekerja. Saat ini yang paling banyak mengerti tentangnya adalah bagian engineer, karena harus melakukan maintenance. Tetapi sebagai pemilik bisnis sudah harus tahu apa itu proses ini, dengan demikian bisa mengoptimalkan perencanaan serta pembagian tugas secara maksimal pada tim, sehingga proses kerja bisa jadi lebih optimal, kondusif serta menghasilkan banyak keuntungan.

Sebagaimana namanya, website audit adalah proses memperhatikan, menilai, serta melihat kembali apakah ada suatu masalah pada websitenya. Ada tiga jenis masalah yang biasanya terjadi pada sebuah situs web, seperti kendala teknis, SEO, dan UX. Contoh paling sering adalah tampilan tidak optimal karena banyak iklan atau pop up bermunculan, mengganggu proses membaca informasi dalam websitenya, sehingga orang tidak nyaman serta tidak menghasilkan apa – apa bagi pemilik web. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin tentunya bisa mengidentifikasi masalah – masalah tersebut di awal – awal, sehingga bisa menghindari atau mengambil tindakan, agar pengunjung jadi lebih nyaman, bertahan lama, serta bisa jadi pengunjung loyal.

Apa Saja yang Diperhatikan Dalam Website Audit?

Untuk mempermudah proses pengecekan, tidak semuanya diperiksa kembali, karena akan memakan banyak waktu serta tenaga. Tetapi pada dasarnya bila pemeriksaan memang keseluruhan, tetapi bisa dikelompokkan menjadi beberapa hal, seperti :

1. Konten serta Struktur Web

Pada pemeriksaan ini prosesnya adalah memastikan webnya memiliki performa optimal dari segi isi kontennya. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika memeriksa dari sisi konten, seperti penggunaan keyword, title tag, gambar, serta deskripsinya. Anda harus memahami bagian – bagian mana yang akan muncul pada kolom pencarian berdasarkan kata kuncinya, sehingga dengan demikian bisa meningkatkan potensi persaingan dengan berbagai web lainnya dan tidak menutup kemungkinan naik ke peringkat atas.

2. Desain Web

Pemeriksaan kedua adalah memastikan desainnya user-friendly. Pastikan user nyaman dengan tampilan webnya, baik ketika diakses melalui desktop atau ketika diakses menggunakan ponsel. Kenyamanan akan mempengaruhi seberapa lama ia bertahan di webnya.

3. Kecepatan Web

Kunci bisa masuk pada peringkat pertama di mesin pencari adalah kecepatan, karenanya pastikan webnya responsif dan memiliki kecepatan tinggi. Hindari menggunakan desain berlebihan, karena bisa berpengaruh pada kecepatan akses websitenya.

4. Teknikal Website

Pemeriksaan keempat pada tahap website audit adalah memeriksa kondisi teknikalnya. Seperti memastikan apakah websitenya sudah terindex pada Google atau belum. Efeknya jangka panjang, karena berdampak ke penelusuran dan mesin pencari.

5. Keamanan Web

Terakhir tidak kalah penting adalah perlindungan atau keamanan websitenya, pastikan tidak ada masalah seperti peretasan, pencurian data penting, atau orang berusaha menyusup dan merusak webnya. Semakin aman, orang juga akan semakin nyaman mengunjungi situs Anda.

Langkah – Langkah Website Audit yang Harus Anda Ketahui

Setelah mengetahui bagian – bagian apa saja yang harus diperiksa, kini juga harus tahu bagaimana langkah – langkah memeriksanya. Dengan mengetahui langkah – langkahnya bisa mengantisipasi serta memastikan seluruh audit terlaksana dengan baik.

1. Memeriksa Kualitas Desain

Langkah pertama adalah membuka websitenya, periksalah apakah tampilannya sudah bisa membuat orang nyaman ketika melihatnya. Lakukan beberapa navigasi, apakah nyaman atau banyak hal mengganggu, seperti pop up atau iklan.

2. Cek Navigasi dan Optimasi Konten

Orang ketika sudah tertarik tidak hanya bertahan pada satu tempat saja, tetapi akan berusaha berselancar dan mengoptimalkan navigasi. Karenanya pastikan navigasinya aman serta mampu mengarahkan pada konten berkualitas.

3. Pastikan Memeriksa Kecepatan Akses

Ketiga cek kembali kecepatan aksesnya, apakah lambat atau bagaimana. Pastikan kembali penyebab lambatnya apa, apakah di desain, apakah di hosting, atau sedang banyak trafficnya. Dengan menjaga kecepatan tetap tinggi, rank websitenya juga akan tinggi.

4. Cek kembali Celah keamanannya

Tak lupa harus pastikan tidak ada kelemahan pada celah keamanan, keamanan harus jadi perhatian nomor satu. Karena apabila diretas, tidak hanya bisa terdapat pencurian data, tetapi juga membuat website down serta kehilangan banyak sekali pelanggan loyal.

Manfaat Website Audit untuk Perusahaan Anda

Memang masih belum banyak orang menyadari pentingnya hal ini, tetapi apabila Anda mau untuk melakukannya akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Bisa manfaat langsung yang mengarah ke penjualan atau membangun kepercayaan. Manfaat pertama ketika rutin melakukan pemeriksaan adalah mendeteksi dini potensi – potensi masalah, sehingga bisa mengatasi sebelum masalahnya muncul atau bahkan menjadi besar. terlebih bila masalahnya akan berdampak masif pada perusahaannya. Manfaat kedua ketika mau melakukan pemeriksaan rutin adalah bisa meningkatkan performa websitenya, seperti yang diketahui sebelumnya, performa kecepatan akan semakin tinggi serta potensi keamanannya juga semakin tinggi, bikin orang makin nyaman.

Manfaat ketiga bisa memperbaiki konversi rate, apabila sebelumnya butuh 1000 pengunjung untuk membeli produk, sekarang bisa jadi dapat 1 orang pembeli tiap ada 100 pengunjung, kemajuan pesat meskipun masih belum optimal. Manfaat lainnya adalah memastikan websitenya mampu bersaing dengan berbagai penyedia situs lainnya. kunci utama pada bisnis digital adalah awareness, semakin tinggi awarenessnya maka semakin baik proses penjualan dan pemasarannya kelak. Ada banyak manfaat lain, mungkin banyak orang tidak menyadarinya, yaitu manfaat menjadi orang pertama untuk memperhatikannya. Ketika pengusaha lain sibuk dengan bisnisnya, Anda perlahan menyelesaikan masalah ini, tidak lama bisnis Anda jauh berkembang dari orang lain.

Baca Juga: Pengertian Brand Association dan Dampaknya Terhadap Bisnis Anda

Website memang menjadi kunci pemasaran serta menjual produk di era digital, karenanya harus memastikan websitenya memiliki performa baik. Salah satunya adalah melakukan website audit secara rutin sesuai dengan jadwalnya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!