20 July 2021

Apakah brand colors memiliki pengaruh penting terhadap identitas bisnis yang sedang Anda bangun saat ini?

Seberapa pentingkah brand colors sehingga harus benar-benar diperhatikan sebelum memulai sebuah bisnis? Jawaban singkat dari pertanyaan tersebut tentang penggabungan antara teori warna dengan bisnis. Saat membangun merek sebenarnya sama seperti membangun rumah, Anda harus memahami betul cara menggunakan alatnya. Jadi bisnis bukan sekedar menyediakan produk baik jasa maupun barang namun ada banyak komponen didalamnya. Termasuk warna branding yang memiliki pengaruh sangat penting dan akan dibahas secara ringkas berikut ini.

Baca Juga: Creative Agency, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menggunakannya

Fakta Tentang Bagaimana Brand Colors Penting untuk Bisnis

Jika Anda merasa warna branding tidak penting maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang fakta-faktanya. Karena pembahasan ini begitu menarik untuk membantu branding dari hal sederhana seperti pemilihan warnanya.

1. Fakta Seberapa Penting Warna Branding

Warna bukan sekedar memberikan kesan saja namun mempengaruhi emosional seseorang dan memiliki arti mendalam. Anda ingin membangun hubungan emosional dengan pelanggan namun tidak mungkin menceritakan secara detail melalui logo. Menggunakan warna branding sebenarnya memberikan jalan pintas agar lebih mudah dipahami pelanggan. Selain menimbulkan emosi berbeda ternyata respon yang diberikan juga berbeda antara merah dengan putih.

Teori warna memiliki makna lebih mendalam misalnya warna merah darah memberikan tanda bahaya sehingga seseorang lebih waspada. Warna-warna kecoklatan kotor sangat tidak sesuai untuk branding makanan karena tidak menggugah selera. Pemilihan brand colors juga harus diperhatikan dari kebudayaan setiap daerah bahkan negara. Kebiasaan berbeda didalamnya misalnya di Amerika warna hijau identik dengan uang sementara di Indonesia go green. Intinya bukan warna-warna tersebut yang bekerja namun bagaimana dari pemilihan warna Anda bisa mempengaruhi pelanggan. Pengaruh efek psikologis warna sangatlah penting untuk diperhatikan demi mempermudah branding.

2. Fakta Penerapan Warna Merek

Banyak fakta menyebutkan sebenarnya perasaan pelanggan terhadap merek sebenarnya lebih menarik daripada produknya. Fakta ini menjadi bukti ketertarikan dari segi warna menjadi hal utama yang diperhatikan oleh pelanggan. Penerapan brand colors mampu mempengaruhi penjualan atau kinerja Anda lebih dari sekedar penawaran produk. Tidak heran jika pengulangan warnanya mampu memperkuat brand awareness tentunya jika diterapkan secara tepat.

Mungkin Anda akan merasa heran jika burung Twitter akan berubah warnanya dan tidak lagi berwarna biru. Tanpa disadari penerapan seperti ini mampu menjadi bagian dari branding dan sangat melekat. Area paling umum yang sering digunakan untuk warna branding antara lain logo, situs web, etalase produk. Serta desain di dalam toko, seragam staff, iklan sehingga dengan melihat warnanya saja paham. Menggunakan warna yang sama pada bisnis maka akan memperkuat branding itu sendiri. Berhati-hati dalam memilih warna karena akan sangat mempengaruhi identitas bisnis Anda.

3. Sekilas Arti Warna untuk Branding

Sebelum menentukan warna-warna apa saja yang akan Anda gunakan sebaiknya pahami arti dari masing-masing warnanya. Bukan sekedar karena menyukai warna-warna tertentu asal memilih tanpa mempertimbangkan brand colors yang sesuai. Secara sederhana merah memiliki arti gairah, kegembiraan dan kemarahan sehingga menjadi pusat perhatian. Oranye memiliki arti keceriaan, vitalitas, keramahan dengan emosi yang menyegarkan dan membangkitkan energi. Kuning memiliki makna kebahagiaan, kemudaan, optimisme dan juga menarik perhatian jadi sering digunakan para produk-produk anak muda. Sedangkan hijau membangkitkan stabilitas, kemakmuran, pertumbuhan dan selalu berhubungan dengan alam.

Baca Juga: 4 Kiat Membuat Product Branding yang Memikat

Warna biru muda memiliki makna berbeda dengan biru tua, biru muda cenderung ke ketenangan sedangkan biru tua profesional. Ungu menandakan royalti, kemewahan sedangkan pink cenderung ke feminitas dan kepolosan. Ada satu hal yang perlu diingat warna branding akan berpengaruh tergantung dari gaya, desain serta kombinasi warnanya. Jadi kalau Anda ingin membuat brand colors sebaiknya pelajari seluk beluk warnanya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!