...

Bagaimana Proses Branding Melalui Design Kemasan?

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Design kemasan menarik dapat meningkatkan branding produk.

Design kemasan merupakan salah satu bagian penting dalam upaya branding atau marketing bisnis. Bukan hanya untuk bisnis besar, pelaku usaha kecil dan menengah juga harus memikirkan konsep kemasan yang dapat menarik target pasar. Desain tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa berdampak pada branding yang gagal. Tidak sedikit calon pelanggan yang enggak membeli atau menggunakan suatu produk hanya karena melihat kemasan tidak didesain menarik. Itu artinya, kemasan berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Maka dari itu, membuat desain kemasan perlu pertimbangan yang tepat. Jangan hanya karena bisnis Anda masih baru mengesampingkan kemasan. Berikut kami akan memberikan penjelasan lebih detail bagaimana proses branding dapat tercipta melalui desain kemasan. Khususnya bagi usaha rintisan, wajib simak strategi marketing berikut ini.

Baca Juga: Ketahui Arti dan Cara Menentukan Warna Logo untuk Bisnis Anda

Pengaruh Design Kemasan dalam Proses Branding Bisnis

Design kemasan tidak hanya dibuat menarik, tapi juga harus punya suatu nilai agar dapat mendukung proses branding bisnis Anda. Berikut beberapa manfaat kemasan dalam proses branding:

1. Membuat Brand Lebih Dikenal

Kemasan merupakan cara berinteraksi dengan konsumen atau klien, sehingga dengan membuat desain menarik dapat meningkatkan loyalitas konsumen karena mereka mampu mengenali brand Anda hanya dengan melihat kemasannya.

2. Menarik Perhatian Konsumen

Jika produk dikemas dengan baik tentu lebih menarik perhatian konsumen dibandingkan yang pakai plastik biasa. Misalnya pada usaha jualan seblak, akan lebih istimewa jika dikemas dengan wadah sesuai merek Anda dibandingkan hanya pakai styrofoam polos biasa. Pemakaian kemasan menunjukkan profesionalitas serta kualitas produk Anda. Banyak perusahaan bahkan mengadakan riset khusus untuk menentukan desain, tipe hingga skema warna untuk membuat kemasan yang menarik.

3. Memfasilitasi Keputusan Pembelian

Dengan packaging menarik akan membuat konsumen lebih tertarik untuk memutuskan membeli produk Anda. Keputusan pembeli tersebut juga dipengaruhi oleh informasi yang tercantum dalam kemasan seperti komposisi, manfaat, dan lainnya.

4. Berperan Penting dalam Promosi

Salah satu faktor penghambat kemajuan usaha Anda yakni karena kurangnya upaya promosi. Bagaimana produk bisa menarik minat pasar jika kemasannya tidak mendapatkan perhatian? Design kemasan memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan branding bisnis. Kemasan tidak hanya sekedar pembungkus, tapi juga akan menjadi alat promosi merek Anda dan melekat di ingatan konsumen.

5. Menjadi Identitas Bisnis Anda

Packaging yang unik akan membuat tampilan produk Anda berbeda dengan lainnya, terutama perusahaan kompetitor. Apalagi jika dirancang dengan menarik dan eye catching, maka bisa menjadi identitas untuk mengidentifikasi merk Anda di tengah produk sejenis lainnya.

Tips Design Kemasan Menarik untuk Branding

Desain packaging berperan penting dalam keberhasilan penjualan karena memberikan dorongan agar konsumen memandang dan membeli produk tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan dalam membuat desain packaging:

1. Memahami Target Pasar

Sesuaikan desain dengan target pasar Anda. Tentu desain untuk target wanita akan berbeda dengan pria. Kemasan untuk target pasar anak-anak/remaja juga berbeda dengan yang sudah dewasa.

2. Masuk Akal dan Sesuai

Maksudnya yakni desain packaging harus sesuai dengan jenis produknya. Misalnya untuk produk cairan atau kaca, tentu membutuhkan desain packaging dengan perlindungan ekstra agar isinya tetap aman hingga sampai ke konsumen.

3. Akurat dan Tidak Menipu

Misalnya jika ingin menampilkan gambar produk dalam packaging, maka harus dibuat semirip mungkin. Terlalu melebih-lebihkan dan tidak sesuai kenyataannya akan membuat konsumen kecewa. Packaging secara tidak langsung akan membuat konsumen berekspektasi, jadi harus akurat.

4. Mudah Dibuka

Khususnya untuk produk berupa makanan atau snack, buatlah design kemasan yang memudahkan konsumen saat akan membukanya. Kemasan yang mudah dibuka juga bertujuan meminimalisir kerusakan produk karena konsumen tidak perlu terlalu mengeluarkan tenaga untuk membukanya.

5. Gunakan Bahan Sesuai

Pilihlah bahan packaging yang sesuai serta dapat menjaga kualitas produk dengan baik. Apalagi jika produk makanan, maka material packaging-nya harus mampu menjaga kesterilan isinya.

6. Berinvestasi dalam Desain

Perlu diketahui bahwa packaging menentukan kesan pertama calon pembeli. Investasikan desain yang menarik, istimewa dan jika memungkinkan Anda bisa menggunakan jasa desainer profesional.

Kesalahan dalam Desain Kemasan yang Harus Dihindari

Dalam dunia desain, membuat sesuatu yang menarik saja tidak cukup. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena dapat mengganggu bahkan melanggar hak cipta. Berikut diantaranya:

1. Menggunakan Gambar Ilegal

Jangan sembarangan mengambil gambar atau foto milik orang lain dan mencantumkannya pada packaging produk Anda. Apalagi jika hanya asal ambil dari Google, bisa-bisa berbuntut panjang meskipun gratis. Jadi, hindari mengambil gambar dari mesin pencarian, sosial media atau sumber terbuka lainnya.

2. Gambar/Foto Tidak Berkualitas Tinggi

Penggunaan gambar/foto pada packaging juga harus jelas. Jika kualitasnya tidak bagus maka tampilannya juga kurang menarik ketika dilihat oleh konsumen. Apalagi jika produk tersebut dipasarkan secara online, maka bisa menurunkan nilai estetikanya.

3. Warna Terlalu Lembut

Pemilihan warna pastel untuk packaging dinilai kurang menarik dan tidak kuat. Jika memang ingin menggunakan warna pastel, sebaiknya dikombinasikan dengan warna lain yang lebih mencolok. Terlebih setiap warna memiliki maknanya sendiri, jadi pemilihannya juga harus diperhatikan.

4. Sulit Dibaca

Dalam desain packaging biasanya mencantumkan informasi seperti komposisi. Jika menggunakan font yang sulit dibaca sudah pasti membuat desain menjadi kurang menarik. Konsumen juga akan kesulitan mengetahui informasi seputar produk, alhasil mengurungkan niat untuk membeli. Tulisan juga harus diletakkan di posisi strategis.

Keuntungan Branding Melalui Kemasan Produk

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa dalam design kemasan produk tidak boleh asal-asal. Hal itu karena kemasan menjadi salah satu media promosi dan dapat meningkatkan branding bisnis Anda. Terlebih, branding merupakan sumber nilai dan kekuatan bagi produk. Sehingga dengan desain terbaik maka dapat membangun kesan positif dari konsumen dan mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan Social Media Analytics Tools untuk Instagram

Dapat kami simpulkan bahwa kemasan bukan hanya sekedar material pelindung produk, lebih dari itu dapat menjadi identitas penting bagi brand agar dikenal oleh konsumen. Seperti brand Starbuck atau J.Co Donuts misalnya, tidak mungkin bisa terkenal seperti sekarang jika kemasannya biasa-biasa saja. Tidak hanya itu saja, melalui desain packaging yang menarik juga menjadi brand personality untuk terhubung dengan konsumen. Melalui design kemasan akan membuat konsumen lebih sadar bahwa produk Anda tersebut memang diperuntukkan dan sesuai untuk mereka. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms