31 January 2020

Branding agency adalah perusahaan atau agen marketing yang mengemban tanggung jawab dalam pembuatan brand dan mengeksekusi strategi branding.

Biasanya berisi para profesional yang masing-masing memiliki keahlian khusus.

Jasa agensi branding sangat dibutuhkan ketika perusahaan baru terbentuk, ingin melakukan sistematisasi, rebranding, atau terlibat merger.

Baca Juga: Aspek Penentu Keberhasilan Rebranding Perusahaan

Ibaratnya, pihak agen memiliki amunisi lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan terkait branding. Jadi, Anda tidak perlu banyak merekrut karyawan atau membeli teknologi baru sebelum kenal betul dengan medannya.

Keuntungan Bekerja Sama dengan Branding Agency

Ingin melakukan kerjasama dengan sebuah agency untuk branding? Jika Anda masih ragu? Silahkan simak beberapa keuntungan berikut ini.

1. Lebih Murah daripada Menggaji Karyawan In-House

Adanya karyawan in-house memang penting karena tanpa mereka, perusahaan akan sulit berkembang secara berkelanjutan. Tapi akan lebih baik hasilnya jika sistem kerja di dalamnya sudah teruji saat menghadapi berbagai macam tantangan dan keadaan.

Untuk mengurangi risiko “gagal”, maka diperlukan jasa agensi branding. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah ketimbang menggaji karyawan in-house. Mengapa? Sebab, Anda tidak perlu menambah fasilitas, menguji sistem, ataupun melatih (training) karyawan baru lagi.

2. Memiliki Sistem dan Software yang Selaras dengan Tren

Dengan fokus bergerak di bidang jasa, pihak agensi branding rata-rata sangat sensitif terhadap perubahan tren. Hal ini memiliki tujuan agar tingkat kepuasan klien tetap terjaga. Mengingat tingkat kompetisi di bidang jasa serupa juga semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, pihak agensi jadi tak segan-segan lagi untuk melengkapi amunisi dengan software dan seperangkat teknologi terbaru. Alhasil, data dan laporan analisis yang dikumpulkan dapat menyasar target konsumen secara tepat.

3. Dikerjakan oleh Para Profesional

Branding agency rata-rata bekerja dengan klien di industri yang berbeda-beda. Jadi, mereka memiliki pengalaman yang cukup untuk membuktikan, bahwa sebagian besar eksekusi kampanye berhasil dilakukan.

Kalangan profesional tersebut mengisi tiap lini di tubuh agensi. Di ranah akunting, ada yang berposisi sebagai account director, account manager, dan account executive. Ada pula yang mengisi ranah strategi branding, desain kreatif, developer, dan operator perangkat digital.

Dengan kelengkapan tersebut, aktivitas branding jadi mudah dilakukan. Apalagi pihak agensi kerapkali melakukan update di semua lini mengikuti perubahan yang ada. Mereka juga memiliki komitmen tinggi karena menyangkut reputasi di mata para klien.

4. Punya Perspektif dan Ide yang Segar

Bekerja dengan anggota tim yang sama kadangkala melahirkan kejenuhan. Hal itu bisa berpengaruh terhadap keseluruhan aktivitas branding, meskipun sebentar. Padahal, perubahan kecenderungan konsumen dapat terjadi sewaktu-waktu.

Nah, daripada berlarut, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa dari agensi branding. Sekalian agar semangat berkreasi anggota tim bisa pulih kembali setelah istirahat sejenak.

Lagipula, agensi branding memang mendedikasikan diri untuk berkarya di ceruk yang sama. Jadi, mereka lebih fokus untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Anda. Ide dan perspektif yang ditawarkan pun menjadi lebih variatif.

Di samping itu, jumlah agensi yang menawarkan jasa serupa juga terbilang cukup banyak. Anda pun lebih leluasa saat memilih mana yang terbaik.

5. Punya Dedikasi Tinggi terhadap Kecepatan dan Ketepatan Waktu

Di era disrupsi seperti sekarang, faktor kecepatan menjadi salah satu kunci yang memegang peranan penting saat mengembangkan bisnis. Sementara ketepatan waktu, agaknya sering dijadikan jaminan oleh para agensi karena dinilai tak kalah penting.

Ketika keduanya diiringi dengan kualitas hasil kerja, tentu akan sangat menguntungkan bisnis Anda. Sisanya bisa di-handle oleh tim sendiri. Dari sini pula, tim bisa memperbaiki sistem yang ada. Termasuk menutupi “error” yang mungkin sebelumnya dilakukan oleh anggota tim baru.

Sekali lagi, usahakan lakukan penelusuran lebih dahulu sebelum meng-hire agensi branding. Jangan buru-buru tergiur oleh murahnya pelayanan. Tapi fokus saja pada portofolio dan hasil “uji coba kelayakan” pasca diberi tugas pertama.

Baca Juga: Memulai Pemasaran yang Efektif? Hindari Beberapa Aspek ini.

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia Branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.