06 May 2020

Apakah Anda saat ini tengah merintis perusahaan dan mempersiapkan strategi untuk branding?

Jika iya, maka salah satu bahasan krusial yang tak boleh Anda lewatkan adalah mengenai perumusan bentuk company profile yang paling tepat, untuk merepresentasikan perusahaan Anda. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana pengaruh penggunaan company profile pada proses branding perusahaan.

Baca Juga: Teknik Fotografi Produk Yang Menarik Untuk Branding

Company Profile dan Strategi Branding

Strategi branding dalam perusahaan bisa diartikan sebagai kesatuan langkah yang terintegrasi, yang bertujuan untuk mengkomunikasikan kepada pasar mengenai produk atau jasa perusahaan, sehingga bisa menimbulkan identitas yang khas. Secara sederhananya, proses branding sama dengan usaha untuk mengenalkan sebuah perusahaan kepada konsumennya, agar konsumen bisa mengenali dan membedakan perusahaan tersebut dengan kompetitornya.

Nah, salah satu aspek yang digunakan dalam strategi branding adalah penggunaan company profile.

Apa Fungsi dari Company Profile?

Secara umum company profile kerap disebut sebagai profil dari sebuah perusahaan. Apa maksudnya?

Company perofile merupakan media yang menjembatani perusahaan untuk menyampaikan identitas dirinya kepada konsumen. Bentuk company profile ini beragam, dan terus berkembang seiring dengan perubahan teknologi dan pastinya kedinamisan pasar serta tingginya tingkat persaingan. Karena bertugas sebagai representasi dari perusahaan, maka kehadiran company profile ini jelaslah sangat dibutuhkan.

Malahan bisa dikatakan kedudukannya adalah wajib, dan tak bisa diwakilkan. Bayangkan saja jika Anda berniat untuk melakukan perkenalan kepada calon konsumen, mengenai produk baru dari perusahaan Anda. Namun kemudian bagaimana caranya memperkenalkan, jika konsumen masih belum mengetahui siapa Anda?

Nah, karena itulah posisi company profile diklaim menempati tempat yang sangat krusial, sebab ia seperti gerbang pembuka dalam kegiatan branding dan marketing. Jika pemilihan company profile-nya tepat, maka gerbangnya akan terbuka lebar, dan memudahkan konsumen untuk masuk dan mengenal perusahaan Anda dengan lebih dekat. Namun jika company profile-nya asal-asalan dan tak cukup baik dalam merepresentasikan perusahaan, maka bisa dipastikan gerbangnya akan sempit dan konsumen justru akan kebingungan sendiri.

Bagaimana cara menyusun company profile untuk perusahaan?

Setelah mengetahui bagaimana besarnya pengaruh bentuk company profile, maka Anda akan menyadari bahwa proses penyusunannya akan menjadi tahapan yang sangat penting. Pada titik inilah yang menentukan apakah nanti company profile yang Anda gunakan akan bisa tepat pada sasarannya atau tidak. Ada beberapa tahap yang umumnya digunakan dalam perancangan company profile, yang pertama adalah tahapan riset.

Riset

Pada kondisi ini perusahaan Anda harus mengumpulkan data mengenai perusahaan, kemudian mengenai target dan sasaran yang ingin dituju, dan pastinya tren yang tengah berkembang baik itu di pasar maupun di tengah-tengah kompetitor.

Perumusan

Barulah kemudian sampai ke tahapan yang kedua, yaitu perumusan konten company profile. Nantinya konten ini akan berisi poin-poin pesan dan informasi mengenai perusahaan, yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen.

Analisa dan Pengumpulan Data

Dalam perumusan tadi juga harus melakukan analisa yang maksimal terhadap kumpulan data yang telah dimiliki. Karena kesalahan analisa biasanya berbuntut pada konten yang kurang apik. Pada tahapan ini jugalah Anda harus menentukan media dan tren komunikasi yang akan digunakan di bentuk company profile tersebut.

Karena itulah tahapan analisa data harus dilakukan dengan kehati-hatian, dan pastinya perencanaan akuisisi yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen.

Implementasi dan Evaluasi

Tahapan perencanaan dan implementasi dari company profile harus diikuti dengan tahapan evaluasi. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah bentuk company profile yang digunakan sudah sesuai dengan target dan ekspektasi perusahaan atau tidak. Itulah bahasan mengenai pengaruh company profile pada perusahaan dan bagaimana cara terbaik untuk merancangnya. Semoga berhasil!

Baca Juga: Pengaruh Foto Produk Dalam Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.