08 January 2020

Pernah Melihat Product Placement film Mission Impossible? 

Selain aksi kejar-kejaran, atau tembak-menembak yang secara apik disuguhkan oleh aktor-aktor dari Mission Impossible, kita juga disuguhkan oleh beragam kendaraan canggih yang digunakan. Namun, tahukah kalian jika hampir semua kendaraan yang digunakan dalam film Mission Impossible memiliki merek yang sama? Iya, benar! Sejak awal perilisan Mission Impossible, hampir seluruh kendaraan yang digunakan bermerek BMW.

Baca Juga: Citra dan Pengaruh Media Sosial Dapat Mempengaruhi Branding

Mission Impossible memang sudah bekerja sama dengan perusahaan mobil BMW. Bersama Mission Impossible, BMW memamerkan visi kendaraan masa depan mereka untuk khalayak.

Beragam Product Placement Dalam Film.

Selain BMW dan Mission Impossible, masih banyak film yang menjadi target Product Placement sebuah perusahaan. Apa saja? Simak Pembahasan di bawah ini.

1. Nike dan Back to The Future

Terbukti salah satu product placement terbaik sepanjang sejarah. Mengapa? Scene “Marty McFly” saat berkunjung ke masa depan dan menggunakan sepatu Nike yang dapat menyesuaikan ukuran masih dapat diingat sampai sekarang. Nyatanya pada tahun 2016, Nike mengeluarkan seri sepatu Nike Air Mag yang terinspirasi tentu saja dari film Back to The Future. Sepatu ini memiliki harga hingga ratusan juta rupiah. Namun, meskipun memiliki harga yang mahal, peminat dari sepatu ini cukup banyak. Hal ini membuktikan bahwa product placement yang dilakukan oleh Nike cukup berhasil untuk meningkatkan penjualannya hingga saat ini.

2. Chocolatos dan Habibie Ainun

Meski menuai banyak kritik, penempatan produk Chocolatos di dalam film Habibie Ainun merupakan salah satu product placement yang baik, karna dapat memperkenalkan Chocolatos kepada penonton yang belum mengetahui adanya produk tersebut.

3. Rolex dan James Bond

Sama seperti Mission Impossible. Franchise legendaris James Bond juga menggandeng brand jam tangan yang terkenal dengan harganya yang cukup mahal, yaitu Rolex. Product Placement film James Bond membantu Rolex memantapkan brand mereka sebagai brand yang elegan dan tahan dalam segala kondisi.

Fakta Product Placement di Dalam Film

Meski terlihat berhasil, namun kita harus ekstra hati-hati untuk melakukan product placement  film, mengapa? Karena peletakkan iklan di dalam film dapat menghilangkan momen yang dibangun dalam suatu adegan. Oleh karena itu, pastikan product placement film terlihat alami dan tidak dipaksakan. Budget untuk meletakkan iklan di dalam sebuah film juga beragam. Dari ratusan juta, hingga miliyaran. Namun kembali lagi, selama menurut perusahaan film tersebut cocok untuk merepresentasikan produk mereka, dan penonton film tersebut sesuai dengan target pasar. Rasanya bukan hal yang merugikan untuk melakukan product placement di film tersebut.

Baca Juga: Ingin Memulai Branding? Kenali Macam-Macam Jeni Branding Berikut

Product placement kebanyakan digunakan oleh brand-brand besar untuk mempromosikan produk mereka untuk pasar baru. Product placement juga dapat dilakukan dari proses kerja sama yang disetujui oleh pihak rumah produksi dan juga brand terkait.

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.