26 August 2019

“Brand Loyalty yang kuat akan menghasilkan sebuah brand yang kuat.” 

Saat membangun sebuah brand, ada beberapa tahap yang akan Anda lalui. Mulai dari menyebarnya kesadaran terhadap merek Anda hingga pelanggan yang menjadi loyal. Ketika brand Anda mulai berdiri, kesadaran terhadap brand adalah kunci utama untuk berkembangnya sebuah brand. Semakin banyak orang yang mengetahui dan menyadari bahwa brand Anda ada, maka semakin besar pula kesempatan bagi brand Anda untuk berkembang. 

Setelah brand Anda berkembang, langkah selanjutnya yang penting untuk Anda jalankan adalah meningkatkan brand loyalty. Brand loyalty adalah ukuran seberapa setia dan loyalnya konsumen Anda terhadap brand. Semakin tinggi tingkat brand loyaltynya, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk brand Anda bertahan. 

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk Milenial

Fungsi Brand Loyalty Untuk Brand

Memiliki brand loyalty yang tinggi berarti, memiliki konsumen dengan tingkat kesetiaan yang tinggi pula. Dengan kata lain, konsumen akan selalu memilih brand Anda daripada brand lain. Berikut adalah fungsi brand loyalty untuk brand Anda. 

1. Mengurangi biaya pemasaran

Jika Anda memiliki brand loyalty yang besar maka akan berpengaruh terhadap biaya pemasaran yang dikeluarkan. Biaya pemasaran yang dikeluarkan untuk mempertahankan pelanggan akan lebih murah dibandingkan harus mencari konsumen baru. Hal ini karena Anda telah memiliki data pelanggan dan mengetahui media mana yang dapat efektif menjangkau pelanggan Anda. 

2. Meningkatkan Penjualan

Jika konsumen memiliki loyalitas yang tinggi terhadap suatu brand, maka konsumen tersebut akan membeli produk atau jasa brand tersebut secara terus menerus. Tidak hanya itu, jika brand Anda mengeluarkan produk baru, pelanggan juga akan tertarik mencobanya, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan perusahaan Anda. 

3. Menarik Pelanggan Baru

Jika seorang pelanggan merasa puas dan percaya kepada suatu brand, maka pelanggan tersebut akan memakainya terus menerus. Setelah merasakan kepuasan terhadap produk, pelanggan biasanya akan merekomendasikan produk yang dipakai kepada keluarga dan orang-orang terdekatnya untuk menggunakan produk yang sama. Pelanggan yang loyal akan menjadi advokat brand Anda dan menarik pelanggan baru untuk brand Anda. 

4. Memberi waktu untuk merespon ancaman pesaing

Brand loyalty akan memberikan waktu dan kesempatan pada perusahaan untuk merespon ancaman pesaing. Jika pesaing lain mengeluarkan produk baru, maka pelanggan yang loyal akan memberikan waktu pada perusahaan untuk melakukan pengembangan produk yang dihasilkan dengan cara menyesuaikan atau mengadakan inovasi untuk dapat bersaing dengan produk baru pesaing.

Melalui penjelasan mengenai fungsi brand loyalty di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa brand loyalty adalah kunci keberhasilan sebuah brand. Semakin tinggi tingkat brand loyalty suatu brand, maka akan semakin kuat sebuah brand bertahan. 

Baca Juga: Ketahui 4 Tingkatan Dalam Brand Awareness!

Jika Anda membutuhkan konsultasi dan bantuan untuk mengembangkan brand loyalty Anda, kunjungi kami di sini.