Plus Minus Iklan PPC yang Disarankan oleh Ads Agency

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Advertising agency memiliki peran cukup signifikan dalam dunia bisnis

Sudah tidak heran jika layanan Pay Per Click dalam Advertising Agency begitu dicari dan dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di berbagai bidang. Lingkup pekerjaan agensi periklanan secara umum yaitu membantu Anda dalam mempromosikan atau mengiklankan produk. Ini meliputi perencanaan iklan, pembuatan, hingga kapan waktu yang tepat dan dimana memasangnya. Intinya, banyak perusahaan besar menyerahkan urusan periklanan mereka kepada agensi ini, karena mereka telah terlatih dalam pekerjaan yang berkaitan dengan iklan produk sehingga hasilnya lebih maksimal, efektif, dan menjangkau audiens secara tepat. Agensi periklanan biasanya juga bertindak sebagai konsultan yang memberikan nasihat atau saran maupun rekomendasi dalam kegiatan promosi serta periklanan. Salah satu jenis iklan yang kerap disarankan ialah PPC. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga : Digital Marketing Agency Jakarta untuk Bisnis Seluruh Indonesia

   Ads Agency Menyarankan Iklan PPC, Ketahui Apa Itu PPC

Di era digital seperti saat ini, teknologi telah mengambil alih dan bertindak sebagai pemberi dukungan untuk berbagai aktivitas manusia, tidak terkecuali dalam bisnis. Dalam bisnis, teknologi khususnya internet memberikan pengaruh penting. Mempromosikan produk melalui iklan di platform digital menjadi hal sangat wajar. Banyak pebisnis baik itu yang menjalankan usahanya secara online maupun offline memanfaatkan media digital sebagai platform mengiklankan bisnis. Dari sekian banyak strategi iklan, banyak ads agency menyarankan perusahaan atau klien mereka untuk memasang iklan pay per click. Pay per click alias PPC merupakan suatu cara mengiklankan atau mempromosikan bisnis melalui platform digital.

Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis advertisement dimana perusahaan atau suatu bisnis harus membayar setiap pengguna internet melakukan klik pada iklan mereka. Ini artinya, perusahaan membayar pengunjung atau visitor iklan mereka. Pada umumnya, PPC akan muncul pada bagian atas halaman mesin pencari ketika pengguna melakukan pencarian tertentu. Iklan dengan kata kunci paling relevan akan muncul disertai tanda tulisan iklan atau ads. Selain pada halaman pencarian, PPC biasanya juga muncul pada halaman website atau blog tertentu dengan topik yang berhubungan. Adanya relevansi antara pencarian maupun konten website membuat promosi Anda lebih tertarget sehingga efektif.

Kelebihan dari Pay Per Click

Suatu ads agency tentunya tidak akan secara sembarangan memberikan rekomendasi terkait aktivitas promosi bisnis. Begitu juga ketika agensi tersebut menyarankan Anda menggunakan PPC karena terdapat beberapa kelebihan seperti uraian berikut ini.

1. Mendapatkan Konsumen Tertarget

Melalui pay per click, Anda bisa mendapatkan target customer sesuai produk bisnis yang ditawarkan. PPC menampilkan iklan sesuai dengan pencarian yang relevan. Jadi produk Anda bisa ditemukan oleh mereka yang benar-benar membutuhkannya. Menariknya, ada lebih banyak keuntungan yang ditawarkan oleh PPC. Ini karena pengiklan dapat mengatur PPC berdasarkan kriteria target yang diinginkan. Misalnya target sesuai sebaran demografi, usia, hobi, bahkan jenis gadget yang digunakan.

2. Biaya PPC Lebih Terkontrol

Kelebihan lain memilih pay per click advertisement yaitu pengiklan dapat mengelola dan mengontrol budget sendiri. Mempromosikan bisnis dengan cara mengiklankan di berbagai platform tentunya membutuhkan biaya cukup besar. Namun berlainan jika Anda memilih PPC, karena perusahaan hanya perlu membayarkan tayangan yang diklik oleh audiens. Jadi bisa lebih hemat. Anda juga bisa mengatur sendiri berapa banyak anggaran beriklan tiap bulan atau harinya. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengubah jumlah anggaran baik itu menambah atau menguranginya. Semakin tinggi anggaran yang dialokasikan, maka semakin sering juga iklan Anda ditampilkan.

3. Menghasilkan Tampilan secara Langsung

Ads agency menyarankan PPC karena memungkinkan promosi bisnis Anda bisa ditampilkan secara langsung seketika itu juga. Tidak perlu bersusah payah melakukan optimasi SEO yang memakan biaya, energi, hingga waktu lama. Di samping itu, pengiklan juga dapat mengatur atau mengubah tampilan ads sesuai performa yang dihasilkan. Jadi, Anda bisa mengganti atau bahkan menghapus ads yang kinerjanya tidak memuaskan.

4. Menghasilkan ROI Lebih Besar

ROI atau Return on Investment adalah nama lain dari laba/ keuntungan atas investasi. Ketika Anda memasang pay per click, otomatis ada budget yang perlu dibayarkan. Namun sebenarnya ini adalah bentuk investasi, karena dapat mendatangkan keuntungan lebih besar yakni konversi dari pengunjung menjadi transaksi penjualan. Ini tidak lain berkat audiens tertarget sehingga menghasilkan konversi lebih besar. Alhasil ROI juga lebih besar.

Kekurangan dari Pay Per Click

Selain kelebihan, pay per click yang disarankan oleh ads agency tentu saja juga memiliki kekurangan tersendiri. Nah, berikut ini beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui untuk menemukan solusi mengatasinya.

1. Pencocokan Terlalu Luas

Mempromosikan bisnis melalui pay per click memang bisa mendatangkan customer tertarget. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa pencocokan oleh mesin pencari terhadap suatu pencarian terkadang terlalu luas. Iklan sering kali muncul pada pencarian yang kurang relevan. Ini menyebabkan tampilan promosi Anda menjadi kurang efektif karena tidak selalu menjangkau audiens paling tepat. Untuk menyiasatinya, diperlukan banyak kata kunci secara beragam. Ini bertujuan untuk mengarahkan tampilan ads berdasarkan pencarian paling relevan. Dengan kata lain, diperlukan kemampuan riset keyword secara mumpuni.

2. Penawaran Keyword Tertentu Bisa Mahal

Mungkin ads agency akan memberikan pengertian bahwa biaya untuk menghasilkan tampilan ads dengan beberapa kata kunci maupun istilah tertentu bisa sangat mahal. Ini menjadi kekurangan lain menggunakan layanan pay per click. Di samping itu, pencarian kata kunci secara akurat berdasarkan kriteria tertentu terkadang memerlukan tools khusus. Dimana tools tersebut bisa digunakan dengan tambahan budget. Jadi, ini perlu Anda pertimbangkan pula.

3. Harus Dipantau secara Rutin

Memasang ads dengan layanan pay per click juga membutuhkan pemantauan secara konstan atau terus-menerus. Ini artinya, Anda harus meluangkan waktu cukup banyak dalam monitoring promosi tersebut. Jika tidak ingin waktu tersita lebih banyak, Anda bisa saja menggandeng pihak lain seperti jasa ads agency untuk mengelola tampilan iklan. Namun tentu saja terdapat biaya lain. 

4. Risiko Kecurangan Klik

Tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan klik yang dilakukan oleh pesaing hingga pemilik website dimana iklan Anda ditampilkan. Kecurangan ini akan berakibat pada membengkaknya anggaran untuk membayar iklan. Di sisi lain, pembengkakan biaya tersebut tidak dibarengi konversi menjadi transaksi, sehingga Anda bisa kehilangan budget terus-menerus. 

Baca Juga : Tingkatkan Pendapatan Jualan di FB dengan Facebook Ads

Selain agensi periklanan, dalam bisnis juga dikenal branding agency yang membantu brand perusahaan Anda lebih dikenal. Kami membantu brand Anda semakin maju dan kuat. Memadukan layanan branding kami dengan ads agency adalah strategi jitu. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms