15 April 2021

Di era serba digital seperti sekarang ini, memanfaatkan konten viral sebagai salah satu strategi marketing bisnis tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal tersebut karena masyarakat modern selalu penasaran dengan berbagai informasi terbaru yang sedang hits dan viral. Anda bisa memanfaatkan konten viral tersebut sebagai kesempatan untuk mendukung kesuksesan dan omset bisnis Anda. Konten viral merupakan salah satu strategi marketing yang sudah ada sejak dulu dan lebih dikenal dengan istilah promosi. Fungsi dari penggunaan konten viral ini yaitu menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lain. Suatu informasi bisa terus menyebar dan membuat banyak orang penasaran atas produk atau jasa yang ditawarkan. Jika dahulu strategi seperti ini disebarkan dari mulut ke mulut. Namun seiring perkembangan teknologi dan informasi, penyebaran informasi ini beralih ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, maupun marketplace. Dimana proses penyebaran informasi lebih cepat, mudah dan praktis. Dalam sekali share saja, konten tersebut akan tersebar dan bahkan bisa dibagikan oleh ribuan dan jutaan pengguna media sosial.

Baca Juga: 4 Teknik Dalam Melakukan Website Management

Cara Memanfaatkan Konten Viral untuk Marketing Bisnis

Sebuah konten yang viral akan mudah tersebar dengan sangat cepat dan singkat. Meski begitu, membuat sebuah konten menjadi viral juga bukan perkara mudah. Dimana, tidak semua orang bisa membuat konten yang menarik dan mengundang atensi dari audiens. Nah, berikut ini cara memanfaatkan konten viral agar omset bisnis Anda meningkat!

1. Manfaatkan Social Media Analytics

Sebelum memasarkan suatu produk atau jasa tertentu, hal pertama yang sebaiknya dilakukan yaitu mengetahui strategi pemasaran dan riset pemasaran produk/jasa yang efektif dan efisien. Manfaatkan sosial media analytics untuk membantu Anda dalam menganalisis keinginan audiens atau konsumen. Audiens memiliki peran yang sangat penting untuk menyukseskan konten yang Anda buat menjadi viral. Hal ini penting bagi Anda untuk mengetahui dan menganalisis konten-konten seperti apa yang bisa menarik atensi atau engagement. Misalnya, berupa video, multiple post, gambar, meme, story dan lain sebagainya. Manfaatkan juga insight dari setiap konten yang viral dengan melihat jumlah like, share, views, komentar dan lain sebagainya.

2. Targetkan Audiens

Strategi konten viral ini sangat mengandalkan audiens untuk bersedia dengan suka rela menyebarkan informasi dari konten yang Anda buat ke orang lain. Maka dari itu, penting untuk menentukan target audiens, agar pemasaran suatu produk bisa efektif dan efisien. Targetkan audiens, misal dari gender atau usianya, dan konten-konten seperti apa yang mereka sukai.

3. Gunakan Media Sosial yang Tepat

Setelah menentukan target audiens, cara ketiga yaitu memilih media sosial yang tepat untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Apakah menggunakan youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, iklan ads atau yang lainnya? Lakukan analisis tren media sosial mana yang saat ini sedang banyak digemari oleh khalayak umum, khususnya target audiens Anda. Buat konten dan pesan menarik sesuai dengan produk/brand Anda pada media sosial untuk menarik atensi mereka.

4. Beri Hastag Pada Setiap Postingan

Hastag juga menjadi cara efektif untuk membuat konten viral. Buatlah hastag yang menarik, unik dan mudah diingat, lalu tambahkan hastag tersebut pada setiap iklan atau postingan Anda di media sosial. Penggunaan hastag ini juga bisa meningkatkan brand awareness, dan memudahkan audiens dalam melacak campaign yang Anda buat.

5. Berikan Sentuhan Emosional/Call to Action

Selain menyajikan konten berkualitas, informatif dan solutif. Berikan juga sedikit sentuhan emosional pada postingan konten yang Anda buat. Misalnya, berikan call to action  yang membuat audiens penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Gunakan Strategi Trend Jacking

Trend jacking merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan isu atau situasi yang sedang naik untuk bahan promosi. Kontennya sendiri bisa beragam, mulai dari video maupun gambar yang disesuaikan dengan brand Anda.

7. Gunakan Strategi Sosial Outreach

Cara terakhir memanfaatkan konten viral yaitu dengan strategi sosial outreach atau menggunakan jasa para influencer untuk menjangkau orang-orang di sekitarnya untuk membeli atau menggunakan produk/brand Anda. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengiklankan produk atau brand Anda. Dimana para influencer tentunya memiliki followers dan penggemar yang banyak, sehingga lebih mudah untuk menjangkaunya.

Di balik banyaknya keuntungan menggunakan konten viral untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Tentu saja, ada beberapa kelemahannya juga, seperti susahnya memprediksi suatu konten bisa viral. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba strategi satu ini.

Baca Juga: Pentingnya Desain UI dan UX untuk Bisnis Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!