17 April 2020

Membangun bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

Agar bisnis Anda tetap bertahan dan mampu bersaing dengan kompetitor bisnis, membangun brand image menjadi salah satu kunci penting yang harus dilakukan. Dengan brand image yang lemah, Anda akan lebih mudah dikalahkan kompetitor sehingga para pelanggan berpaling ke produk pesaing.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Yang Kuat

Membangun brand image tentu saja penting dilakukan dengan strategi yang tepat sehingga hal ini akan membuat konsumen lebih bisa mengingat produk yang Anda jual. Kadang banyak yang kurang paham dengan strategi brand image yang tepat sehingga sangat sulit meningkatkan penjualan di pasaran.

Pentingnya Membangun Brand Image Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan dan pelaku bisnis, membangun brand image atau merek yang berhasil menguasai pasar sangatlah penting. Berikut ini beberapa manfaat brand image yang akan didapatkan oleh perusahaan yang menawarkan produk atau jasa.

  1. Produk branded selalu mendapatkan ruang khusus di hati para konsumen. Bahkan sebagai konsumen mereka lebih tertarik untuk membeli produk yang memiliki merek ternama daripada produk-produk baru yang identitasnya belum jelas. Semakin bagus dan menarik brand image nya, semakin besar minat konsumen untuk membeli produk atau jasa tersebut.
  2. Ketika brand image yang Anda bangun berhasil mendapatkan nilai plus di mata konsumen. Secara tidak langsung hal ini menarik perhatian konsumen yang akan mendatangi produk Anda. Jika loyalitas konsumen sudah terbangun, mereka tidak akan segan mereferensikan merek produk Anda kepada orang lain. Hal ini tentunya akan meningkatkan omset penjualan produk.
  3. Produk barang atau jasa yang berkualitas selalu diiringi dengan harga jual yang tinggi. Meskipun begitu, pelanggan tidak akan keberatan jika harus membayar produknya dengan harga yang lebih mahal karena mereka percaya bahwa produk bermerek sudah pasti kualitasnya terjamin.
  4. Jika merek produk Anda cukup kuat, tidak menutup kemungkinan Anda bisa melakukan diferensiasi produk untuk memperluas pangsa pasar. Strategi ini termasuk strategi marketing yang sering dijalankan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam menguasai pasar dan mengalahkan kompetitor.
  5. Keberadaan brand image menjadi kunci utama bagi para konsumen untuk bisa membedakan produk Anda dan produk kompetitor yang ada di pasaran. Hal ini membuka peluang besar untuk Anda agar bisa memenangkan persaingan dalam pemasaran dan meningkatkan omset penjualan.

Kampanye Periklanan Untuk Membangun Brand Image

Brand bisa dijadikan identitas dari suatu produk atau jasa pelaku bisnis yang dapat membedakannya dengan produk kompetitor. Agar lebih meningkatkan pengenalan produk dan jasa kepada konsumen, tentunya diperlukan sebuah pendekatan melalui pembentukan kesadaran merek atau brand awareness.

Brand awareness bisa dilakukan dengan pembuktian kualitas produk yang dihasilkan sehingga nantinya perusahaan bisa membentuk kesadaran akan brand yang dimilikinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah kampanye periklanan (advertising).

Periklanan merupakan sarana terbaik yang bisa dilakukan untuk membantu pemasaran yang efektif dalam menjalin komunikasi antara suatu perusahaan dengan konsumen. Selain itu, promosi brand image melalui kampanye periklanan bisa ikut berperan dalam pembentukan kesadaran merek dimana perusahaan bisa lebih mudah melakukan berbagai kegiatan untuk promosi produk.

Sebuah strategi pemasaran yang tepat harus senantiasa dilakukan secara tepat akurat. Membangun brand image perlu dilakukan dengan baik sehingga dengan begitu akan memberikan sebuah peningkatan penjualan sebuah produk tersebut. Tentu pemasaran produk akan meningkatkan hasil yang bagus.

Kampanye periklanan atau pemasaran bisa dilakukan bukan hanya sekedar untuk menarik brand awareness saja atau untuk meningkatkan penjualan saja, namun bisa juga membahas dan mengangkat tema yang berfokus terhadap isu sosial. Contohnya isu lingkungan dan kemanusiaan. Hal ini akan membuat relasi perusahaan dengan masyarakat disekitarnya terjalin dengan baik. Kampanye atau kegiatan seperti ini biasa disebut CSR (Corporate Social Responsiblity). Caranya dengan meramu kegiatan pemasaran dengan kegiatan sosial terhadap publik. Tujuan CSR seperti ini adalah membangun kredibilitas dan kepercayaan yang lebih kuat dari publik terhadap brand/produk maupun jasa melalui edukasi atau inspirasi yang dilakukan brand kepada masyarakat.

Baca Juga: Hubungan Brand Image Terhadap Loyalitas Merek

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.