25 May 2021

Dalam sebuah usaha, hal yang cukup sulit dilakukan ialah ketika membangun branding itu sendiri, apalagi jika baru pertama merintis bisnis.

Namun jika perusahaan besar, membangun branding tidak sulit lagi dilakukan mereka. Sebaliknya, jika anda mendirikan usaha kecil dan baru menetas maka saat melakukan branding produk ini cukup susah dijalankan. Apalagi jika anda memilih sebuah produk dimana pesaingnya cukup banyak jumlahnya. Tentu saja hal itu membuat proses branding jadi semakin susah dilakukan pengusaha kecil. Walaupun memang tidak gampang, namun bukan berarti pengusaha kecil tidak dapat melakukannya dengan tepat. Anda bisa menerapkan beberapa hal untuk membuat brand dikenal, dibutuhkan, serta diinginkan oleh para konsumen. Untuk itu sebelum mencari tahu bagaimana cara untuk membangun sebuah brand, maka ketahui definisinya dulu.

Baca Juga: Beberapa Tipe Logo yang Perlu Anda Ketahui

Branding sendiri merupakan aktivitas komunikasi dimana dilakukan agar bisa membuat brand produk semakin kuat dan bisa bertahan. Tujuannya yakni agar bisa memberikan sudut pandang sendiri bagi orang yang melihat. Langkah usaha ini juga erat kaitannya dengan istilah, visual, simbol, karakter,bahkan kesan di hati para konsumen mengenai suatu produk. Branding juga sangat bermanfaat untuk membuat produk bisa lebih dikenal. Selain lebih dikenal, juga bisa membuat brand anda beda serta lebih unggul dibanding pesaing lainnya. Sama halnya saat menjelang lebaran ini dimana banyak produk yang melakukan branding dengan tema tersebut.

Produk Lebaran yang Banyak Dicari

Bukan hanya erat kaitannya dengan momen silaturahmi, ketika lebaran memang juga berhubungan rasa saling berbagi bersama orang sekitar. Sehingga tidak jarang mereka memberi hampers untuk keluarga maupun orang terdekatnya. Memberikan hampers sendiri juga dapat jadi satu cara tepat untuk anda yang ingin mempererat tali silaturahmi. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang dimana cukup sulit jika harus berkunjung. Dengan membuat sebuah usaha hampers akan membuat orang lain mudah ketika ingin melakukan kegiatan berbagi. Namun mendirikan sebuah usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan, apalagi saat akan membangun branding.

Hampers sendiri sama dengan parsel, dimana sering diberikan ketika menjelang lebaran di bulan suci ramadhan. Banyak jenis hampers yang kerap dicari oleh masyarakat untuk diberikan kepada kerabatnya. Jika dulu memberikan parsel bisa langsung dilakukan, namun sekarang dapat melalui online dimana lebih praktis. Sementara itu untuk isi hampers yang banyak dicari sendiri seperti paket baju maupun kue lebaran. Sebagai pengusaha, tentu saja anda harus bisa membuat brand bisa bersaing dengan produk lainnya. Apalagi sekarang permintaan online lebih banyak dipilih masyarakat karena memang memberikan kepraktisan.

Membangun Branding di Saat Lebaran

Banyak brand yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan kesempatan ini dalam menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan menggunakan hampers online. Untuk isinya sendiri bermacam-macam yang berkaitan dengan lebaran idul fitri. Seperti produk perlengkapan untuk ibadah, makanan minuman, kue kering, dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa brand ternama juga membuat produk parcel dimana dapat dipesan oleh masyarakat dengan cara online. Sebagai pengusaha pemula, tentu anda harus melakukan banyak hal yang ampuh agar brand bisa dikenal masyarakat luas. Bersaing dengan perusahaan besar memang tidak gampang, namun berbeda jika punya hal unik sendiri.

Untuk membangun brand milik sendiri, anda bisa melakukan promosi yakni memanfaatkan beberapa ide unik dalam hampers tersebut. Seperti menghias parselnya menggunakan bentuk-bentuk atau aksesoris yang berhubungan dengan lebaran. Anda dapat membuat logo dimana cukup sederhana yang tipenya gampang dikenal serta diingat pasaran. Buatlah yang berbeda dengan kompetitor agar ketika melakukan branding tidak terlalu sulit karena terlihat unik. Cara lain untuk membuat brand terkenal meskipun banyak pesaingnya adalah dengan membuat tagline dimana dapat dijadikan ciri khas. Meskipun sudah melakukan inovasi baru, namun tagline yang dipakai bisa tetap sama.

Baca Juga: Dreambox, Digital Marketing Agency Jakarta Tawarkan Metode Brand AdvancementSM untuk Bisnis Anda

Untuk meningkatkan branding jelang lebaran, memanfaatkan jasa branding agency memang pilihan tepat. Anda dapat membangun branding dengan tema lebaran bersama jasa terbaik dan kami siap membantu anda menciptakan strategi terbaik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!