25 September 2020

Personal branding penting untuk dibangun, terutama di era digital seperti saat ini. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat beragam jenis sosial media muncul dengan tingkat pengguna yang tinggi. Jika digunakan dengan bijak, sosial media tersebut dapat memberikan dampak yang baik untuk diri Anda. Salah satunya adalah Anda bisa membangun citra diri Anda, atau yang lebih umum disebut dengan personal branding.

Baca Juga: Alasan Mengapa Loyalitas Pelanggan Penting Bagi Bisnis

Langkah Membangun Personal Branding

Menurut Jeff Bezos, citra diri adalah apa yang orang lain katakan ketika Anda tidak ada di sekitar mereka. Personal brand adalah satu hal yang membedakan Anda dengan orang lain. Dengan citra yang kuat, Anda bisa mendapat banyak koneksi serta otoritas untuk memengaruhi orang lain. Lalu, bagaimana cara menciptakan citra diri yang baik di dunia digital? Simak caranya berikut ini:

1. Kenali diri sendiri

Menciptakan persona pribadi tentunya harus berlandaskan kejujuran.  Anda harus menjadi diri sendiri, dan menampilkan diri Anda yang sejati. Memang bisa saja Anda membangun karakter yang sama sekali berbeda dengan Anda untuk kebutuhan konten. Akan tetapi, itu akan sangat menguras energi.

Anda harus mengenali bakat dan kelebihan Anda, sebaik Anda mengenali kelemahan dan kekurangan dalam diri Anda. Dengan menjadi diri sendiri, Anda dapat menunjukan kepada jagat digital, siapa diri Anda yang sejati, konsisten, dan memiliki karakter murni.

2. Nama menarik

Langkah selanjutnya adalah menggunakan nama yang menarik. Bisa menggunakan kombinasi nama dan keahlian Anda. Nama tersebut menjadi identitas pertama yang wajib Anda gunakan di semua platform media sosial.

Pemilihan nama juga bisa diselaraskan dengan personal branding yang diinginkan, tergantung ingin seperti Apa penampilan digital Anda. Jika Anda adalah tipe yang memiliki selera humor, tak ada salahnya menggunakan nama yang nyeleneh.

3. Profil

Setiap media sosial pasti memiliki kolom khusus untuk deskripsi diri. Manfaatkan kolom itu sebaik mungkin untuk menceritakan biografi singkat Anda. Hal ini menjadi cara paling ampuh untuk menarik hati orang lain yang memiliki kesamaan minat dengan Anda.

Pastikan juga profil Anda di sosial media diperbarui secara berkala. Sebab, profil yang sering diperbarui lebih berpeluang untuk dilihat oleh khalayak di jagat digital. Profil yang selalu up to date juga membuat orang akan yakin bahwa akun Anda asli.

4. Strategi konten

Dunia digital berputar begitu cepat. Itu sebabnya, penting bagi Anda yang sedang membangun branding untuk memiliki strategi penerbitan konten. Buatlah sebanyak mungkin konten secara konsisten. Meski begitu, tetap hadirkan konten yang digarap dengan serius.

Temukan passion Anda terlebih dahulu, dan buatlah konten yang sejalan dengan passion tersebut. Posting konten dengan pemilihan waktu yang tepat, sehingga lebih banyak orang dapat melihat konten Anda.

Pedoman untuk membuat konten yang baik adalah objektif. Tak ada salahnya mengangkat tema konten yang sudah pernah di bahas orang lain. Hanya saja, Anda harus jeli melihat sisi lain dari topik yang sama, sehingga merangsang daya pikir follower Anda di sosial media untuk urun pendapat mereka.

5. Ciptakan koneksi

Di era digital, sangat sulit untuk menjadi single fighter. Kecuali Anda memiliki banyak modal, sehingga bisa membeli semuanya, termasuk traffic digital. Jika tidak, maka Anda harus bisa menciptakan koneksi dengan sesama masyarakat digital.

Bergabung dengan komunitas menjadi cara yang tepat untuk menjalin koneksi. Di komunitas yang sesuai dengan brand personal Anda, maka akan banyak ilmu yang bisa didapatkan. Selain komunitas, Anda juga bisa menghadiri event-event tertentu yang berkaitan dengan dunia digital.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan personal branding yang kuat. Setidaknya, lima poin di atas bisa menjadi langkah permulaan bagi Anda yang sedang berusaha menciptakan image di dunia digital. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Inilah Alasan Pentingnya Personal Branding!

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.