...

Cara Membuat Giveaway untuk Meningkatkan Marketing Usaha Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Beberapa waktu belakangan ini, giveaway menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh online shop.

Bahkan, banyak public figur yang melakukan giveaway ini. Hadiah yang ditawarkan juga tidak main-main seperti ponsel dengan harga jutaan, kendaraan bermotor dan berbagai hadiah besar lainnya. Tentu saja, online shop serta figur publik melakukan giveaway dengan tujuan agar bisa meningkatkan pengikut atau jumlah interaksi yang ada di di akun sosial media mereka. Lantas, bagaimana cara membuat giveaway.

Baca Juga: Berikut Beberapa Fungsi SEO yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Giveaway Self untuk Bisnis

Giveaway terbagi menjadi 2 yakni self giveaway serta sponsored giveaway. Untuk giveaway, berarti Anda akan melakukannya dengan cara mandiri. Sehingga nantinya syarat serta ketentuan akan Anda sediakan sendiri. Modal dari giveaway ini juga Anda sediakan sendiri, sehingga awal hingga akhir, Anda yang akan mengatur. Untuk membuatnya, berikut langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Tentukan tujuan dari giveaway ini

Sebelum mulai merancang giveaway, Anda harus menentukan tujuan yang diingini. Apakah Anda ingin menambah interaksi, menaikkan branding atau menambah jumlah pengikut di media sosial. Tentukan tujuan karena, tujuan ini nantinya berpengaruh besar pada pelaksanaannya. Bila tujuan sudah Anda rancang, Anda bisa merancang hal lainnya.

2. Buat ketentuan hadiah

Jangan lupa untuk membuat syarat dan ketentuan pemenang. Hal tersebut dilakukan agar bisa meminimalisir komplain dari giveaway yang sedang Anda buat. Anda juga bisa menyusun jangka waktu. Berapa durasi untuk menunggu jumlah peserta yang ingin ikut serta melakukan program giveaway ini.

3. Buat mekanismenya

Anda juga harus membuat syarat serta mekanisme mengikuti giveaway. Mekanisme serta ketentuan jelas bisa memudahkan Anda untuk menentukan pemenang. Contohnya, Anda memberikan syarat harus memfollow akun bisnis, bila tujuan yang Anda ingini adalah menambah pengikut. Jika Anda ingin meningkatkan interaksi, Anda bisa memberikan syarat spam like dan menulis komentar.

5. Tentukan pemenang

Bila semua syarat sudah disusun dengan baik, sekarang sudah saatnya menentukan pemenang. Anda dapat menentukan pemenang dari aplikasi random picker. Usahakan penentuan pemenang dilakukan dengan cara live.

Cara Membuat Sponsored Giveaway untuk Bisnis

Selain melakukan program giveaway ini sendiri, Anda juga bisa memilih sponsor giveaway. Sponsored giveaway, berarti nantinya Anda menjadi sponsor giveaway yang diadakan host. Biasanya, host ini akan mengumpulkan online shop yang ingin ikut menjadi sponsor giveaway, dan membayar dengan jumlah tertentu. Biasanya, pada giveaway jenis ini, nantinya host akan memberi endorsement pada artis yang mempublikasikan giveaway. Nantinya artis yang mempublikasikan giveaway akan menuliskan ketentuan dan syarat di sosmed mereka. Contohnya salah satu syaratnya wajib memfollow akun sosial media bisnis Anda.

Nantinya Anda hanya perlu menunggu jumlah pengikut menjadi semakin bertambah dengan mengikuti program giveaway ini. Host yang akan mengurus program giveaway hingga selesai. Sayangnya, kekurangan dari program ini adalah loyalitas pengikut yang rendah. Saat pengumuman pemenang sudah dipublikasikan, kebanyakan pengikut yang kalah akan berhenti mengikuti akun bisnis Anda. Sedangkan jika menggunakan giveaway mandiri, akan cukup banyak pengikut yang bertahan. Biasanya, pengikut yang loyal ini karena mereka memang tertarik pada produk atau jasa yang Anda tawarkan, atau Anda melangsungkan giveaway secara berkala sehingga akan lebih banyak yang tertarik.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal ini Sebelum menggunakan Jasa Digital Marketing Jakarta

Apapun jenis giveaway yang Anda adakan, bisa disesuaikan dengan budget. Namun, agar lebih mudah menyusun giveaway, Anda dapat menyerahkannya pada digital marketing agency. Anda hanya perlu duduk manis, dan kami yang akan memikirkan cara membuat giveaway yang menarik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms