01 April 2021

Pengguna Instagram tentu tidak hanya bertujuan untuk membangun hubungan pertemanan secara online.

Media sosial populer satu ini juga menjadi destinasi ideal untuk menjalankan dan mengembangkan suatu bisnis, apapun bidang bisnis tersebut. Bagi pebisnis teknik posting konten di Instagram tentu berbeda, ada lebih banyak detail perlu diperhatikan. Tidak hanya kualitas foto dan video melainkan juga detail dalam menentukan hastag Instagram.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membuat Iklan Media Sosia

Bagi akun pribadi, masalah hastag ini mungkin hanya angin lalu. Namun akan sebaliknya di pikiran para pelaku bisnis. Sebab di Instagram, hastag ini memiliki peran penting ibarat kata kunci di mesin pencari populer seperti Google. Penambahan hastag yang tepat pada setiap postingan produk perusahaan bisa menjangkau lebih banyak orang. Postingan tersebut dilihat banyak orang, semakin banyak yang mengenal produk perusahaan, semakin banyak juga jumlah pengikut baru, dan kemudian berujung pada transaksi pembelian. Tidak jarang juga, melalui penambahan hastag Instagram nantinya mampu mendatangkan pembelian atau order produk secara langsung. 

Sebab seperti yang disinggung di awal, hastag ini di Instagram ibarat kata kunci di mesin pencari. Pengguna Instagram bisa mencari produk dan jasa yang dibutuhkan memakai hastag. Ketika sudah menemukan yang cocok maka pengguna akan melakukan transaksi pemesanan produk tersebut. Namun, penambahan hastag tidak bisa sembarangan. Ada tekniknya, sehingga bisa memaksimalkan engagement di setiap postingan. Pertanyaannya, seperti apa hastag Instagram yang memang ideal dan mampu membuat postingan dijangkau atau dilihat banyak orang? 

Cara Membuat Hastag Instagram Secara Optimal

Hastag biasanya ditujukan untuk menambah jumlah pengikut di Instagram sekaligus meningkatkan jumlah jangkauan suatu postingan. Apapun tujuannya, ketika hastag yang ditambahkan tepat dan efektif maka semua tujuan akan tercapai sekaligus. Menariknya ada teknik khusus dalam penambahan hastag, yakni mencari atau membuat hastag yang tepat. Pilihan caranya cukup beragam, namun cara yang terbilang paling efektif dan terbukti meningkatkan jangkauan adalah sebagai berikut: 

1. Membuat Kata Kunci yang Berhubungan dengan Produk 

Cara pertama dalam membuat hastag di Instagram adalah menyusun hastag yang memang berhubungan atau sesuai dengan produk. Biasanya perusahaan memiliki hastag wajib, antara tiga sampai lima hastag. Hastag wajib ini akan digunakan di seluruh postingan sebagai ciri khas. Hastag lainnya adalah hasil riset yang tentu perlu disesuaikan dengan produk agar siapa saja yang melihat postingan adalah calon pelanggan potensial. 

2. Memakai Fitur Pencarian di Instagram 

Instagram memiliki fitur pencarian dan bisa digunakan untuk mencari hastag Instagram yang ideal untuk produk yang dimiliki. Caranya masuk ke fitur pencarian, dan kemudian pilih menu “Tags”. Maka sistem di Instagram akan menampilkan antara 10-20 hastag yang menarik dan potensial untuk digunakan. 

3. Manfaatkan Fitur Top Post Instagram 

Berikutnya adalah menggunakan fitur Top Post di Instagram. Jadi dari hasil pencarian dan sudah memilih menu “Tags” atau Tagar (jika settingan bahasa di perangkat adalah bahasa Indonesia). Maka akan  muncul dua menu lagi, yakni “Popular” dan juga “Recent”. Pilih yang populer untuk mendapatkan hastag paling populer. 

4. Mencari Tahu Hastag yang Digunakan Selebgram 

Cara mudah berikutnya adalah mencari hastag yang umum atau sering dipakai para selebgram. Jadi, silahkan kunjungi profil selebgram kemudian cek postingannya memakai hastag apa. Hal ini juga bisa dilakukan di akun kompetitor, sehingga bisa ikut memakai hastag yang membuat postingan mereka mampu dilihat banyak orang. 

Membuat dan memilih hastag Instagram yang tepat ternyata memang tidak sulit, jadi silahkan menerapkan apa yang dijelaskan di atas. Supaya jangkauan di setiap postingan terus bertambah dan kemudian ikut meningkatkan jumlah pengikut.

Baca Juga: 5 Cara Mulai Tik Tok Marketing

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!