06 January 2022

Salah satu cara membuat landing page adalah menggunakan WordPress.

Ketika mengembangkan bisnis online, cobalah untuk mempertimbangkan cara membuat landing page, karena itu adalah salah satu potensi besar untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak sekali pebisnis – pebisnis sukses sekarang. Salah satu kunci penting dalam pemasaran digital tidak hanya terletak pada promosi saja, tetapi selling.  Anda dapat mengonversi audiens untuk menjadi pelanggan yang loyal. Cara untuk melakukan selling bisa beragam, mulai dari berinteraksi langsung atau tidak langsung. Berinteraksi langsung contohnya adalah mengobrol dengan customer care, admin, dan bagian marketing. Sementara tidak langsung adalah menggunakan serangkaian teknik copy untuk menarik serta membuat orang mengambil keputusan di saat itu juga.

Apa itu Landing Page dan Bedanya dengan Website

Sebelum mempelajari tentang cara membuat landing page, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang landing pagenya. Banyak orang menyamakan ini dengan website, bahkan tidak jarang ditemui orang menjadikannya sebagaimana sebuah website. Padahal hal ini sangat berbeda, seperti namanya landing, artinya sebuah tempat untuk mendarat, sehingga makna sesungguhnya adalah sebuah tempat singgah sementara setelah mereka mendapatkan atau mencari informasi tentang suatu hal. Karena sifatnya sementara ia akan mengarahkan Anda pada tujuan yang sesungguhnya, disinilah letak serta peran landing pagenya. Secara ciri juga sangat sederhana, hanya terdiri dari satu halaman panjang serta tidak banyak memiliki item – item pelengkap.

Berbeda dengan website, paling sederhana bisa diamati dari jumlah halamannya. Website akan memisahkan navigasi “about us” pada halaman tersendiri, agar bisa menjelaskan secara lebih detail, terperinci, dan terfokus. Selain itu perbedaan lainnya terletak pada bagaimana cara mengolah serta mengelolanya. Untuk sebuah website harus mempertimbangkan banyak hal, seperti media penyimpanan, media enkripsi data, proteksi terhadap serangan hacker, dan berbagai macam hal lainnya. Sementara pengelolaan landing pagenya hanya sederhana, memastikan desain tidak terlihat berantakan dan nyaman dilihat oleh pengunjung. Faktor UI dan copy menjadi pertimbangan bagaimana cara membuat pengunjung nyaman dalam menjelajah.

Cara Membuat Landing Page dengan Mudah

Banyak orang beranggapan bahwa membuat website atau bahkan landing page sangat sulit, tetapi tahukah Anda bahwa itu hanya pada anggapan diri saja. Karena realitasnya sudah banyak tersedia generator, sehingga tidak perlu mempelajari coding lagi.

1. Pasang WordPress Pada Perangkat

Ada banyak sekali cara pembuatannya, tetapi paling umum adalah menggunakan wordpress. Karena ini merupakan salah satu penyedia terbesar serta mudah untuk dikembangkan. Langkah pertamanya tentu harus memiliki wordpressnya terlebih dahulu.

2. Pasang Beaver Builder

Langkah kedua adalah memastikan memiliki toos untuk membuat landingnya, tools tersebut adalah beaver builder. Cari pada menu plugin beaver builder, kemudian lakukan pemasangan serta konfigurasi awal, sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Untuk bisa menggunakan beaver builder secara penuh, harus melakukan registrasi terlebih dahulu, langkahnya sederhana tinggal daftar di beaver builder. Kemudian minta lisensi key-nya, masukkan ke dalam kolom plugin-nya.

3. Buatlah Kerangka landing Pagenya

Langkah ketiga cara membuat landing page adalah mempersiapkan kerangkanya terlebih dahulu, Anda hendak membahas, mengangkat tema, serta ingin menampilkan apa saja. Susunlah konsepnya secara matang agar hasilnya bisa gemilang.

4. Ubahkan Isi Konten

Langkah berikutnya adalah pastikan mengubah isi kontennya, jangan menggunakan template karena bisa jadi kurang sesuai dengan brand. Gunakan teknik copywriting seperti AIDA agar kontennya lebih spicy serta mampu menarik lebih banyak pengunjung.

5. Perkuat dengan CTA

Tujuan akhir dari landingnya adalah mampu membuat orang tergerak melakukan sesuatu, karenanya di bagian akhir harus diperkuat dengan menggunakan CTA. Pastikan pesannya jelas, singkat, serta mampu membuat orang untuk tertarik melakukannya.

Cara Membuat Landing Page Lebih Menarik

Tantangan kedua setelah bisa membuat landingnya adalah bagaimana cara membuatnya jadi lebih menarik. Karena melalui landingnya, Anda harus bisa membuat orang yang sebelumnya sudah ada interest untuk melakukan aksi, entah membeli atau berlangganan.

1. Desain Haruslah Rapi dan Elegan

Syarat pertama agar bisa membuat orang tertarik adalah melalui tampilan visual. Secara psikologis apabila tampilan visualnya bagus, mampu membuat orang lebih percaya serta mau membaca hingga selesai. Karenanya haruslah didesain secara rapi serta elegan.

2. Buatlah yang Mobile Friendly

Langkah berikutnya adalah pastikan mendesain yang mobile friendly, karena sekarang orang tidak hanya mencari informasi melalui laptop saja, tetapi juga melalui ponsel. Membuat desain yang ramah perangkat mobile bisa membuat Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung.

3. Pastikan Isi Pesan Sesuai

Setiap program harus memiliki pesan serta arah yang sama, entah sebelumnya promo di sosial media, promo di Facebook, atau berbagai media lainnya, pastikan pesan antara media satu dengan lainnya sama atau saling memperkuat agar tidak membingungkan.

4. Gunakan Copy Menarik

Cara membuat landing page agar lebih menarik adalah menggunakan teknik copywriting dalam membuat isi kontennya. Prinsipnya sederhana, harus bisa membuat orang betah tetapi juga harus menyampaikan pesan secara jelas, singkat, dan tegas.

5. Buatlah CTA yang Jelas

Langkah terakhir, pastikan memiliki CTA jelas, tanpa adanya CTA orang akan kebingungan harus memilih tindakan apa. Dengan menawarkan CTA Anda bisa mengisi kebingungan tersebut, secara ajaib itu bisa meningkatkan konversi pendapatan Anda.

Tips Meningkatkan Konversi Rate dari Landing Page

Tujuan umum setelah mengetahui bagaimana cara membuat landing page tentunya adalah selling. Karena ketika sudah mampu membuat audiens tertarik, menunjukkan minat, harus mampu membuat mereka membeli produk – produknya. Ketika berhadapan dengan audiens, tentu harus melakukan beberapa hal agar bisa membuatnya tertarik, salah satunya adalah dengan menggunakan kata – kata menarik. Pastikan tidak hanya indah didengar, tetapi audiens sentris, mempertimbangkan apa kebutuhan mereka.

Selain dari kata – kata, cobalah perkuat dengan testimoni, foto produk, dan berbagai informasi berguna lainnya. ini untuk memperkuat atau memberikan bukti kepada audiens bahwa segala hal yang diomongkan tadi sudah ada pelanggan mencoba. Agar lebih spicy serta mampu membuat orang tertarik, gunakan berbagai teknik selling digital marketing. Gunakan kata – kata atau frasa – frasa menggelitik, agar orang makin teratensi, penasaran, dan akhirnya mencoba, tetapi hindari kata – kata manipulatif.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Strategi Bidding Google Ads?

Salah satu langkah untuk bisa mendapatkan audiens adalah dengan mengoptimalkan berbagai potensi digital, seperti sosial media dan landing page. Tetapi harus memahami cara membuat landing page agar bisa memanfaatkannya sebagai media promosi.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!