25 November 2021

Ketahui berbagai alternatif cara mempersingkat URL.

Apabila Anda menjalankan sebuah bisnis berbasis digital, perlu mempertimbangkan cara mempersingkat URL bisnis Anda. Mengapa demikian? jawabannya sederhana, yaitu agar orang lebih mudah untuk menemukan serta mengingat bisnis yang Anda jalankan. Permasalahan pertama ketika membangun sebuah link adalah alamatnya bisa jadi sangat panjang, contohlah link tentang gambar pamflet dalam suatu web. Panjangnya bisa mencapai satu baris atau bahkan bisa lebih, tentu orang akan sulit mengingatnya. Efeknya adalah orang tidak tertarik mengunjunginya bahkan terkadang sedikit meragukan. Oleh karenanya Anda harus melakukan pemendekan URL agar lebih mudah dikenali, dikunjungi, serta diingat, dengan demikian bisnis bisa menjadi lebih lancar dan sukses.

Baca Juga: Tingkatkan Performa Digital Marketing dengan Facebook Business Manager

Keuntungan Menggunakan Cara Mempersingkat URL Bagi Bisnis

Salah satu contoh link yang dipersingkat adalah bit.ly/pembuatankontendigital (hanya contoh). Melalui contoh tersebut Anda bisa langsung mengerti bahwa link tersebut berisi tentang pembuatan konten digital, sangat bermanfaat bukan? Masih banyak manfaat lainnya, seperti :

1. Menghemat Karakter

URL adalah sebuah alamat lengkap sebuah halaman website di Internet, contohnya ketika Anda ingin mengakses salah satu foto di facebook Anda, maka harus tahu alamatnya agar bisa melihat foto tersebut. Bisa jadi alamatnya pendek bisa jadi alamatnya panjang. Keunggulan cara mempersingkat URL adalah lebih hemat karakter, ini akan mempermudah untuk membagikan linknya ke sosial media, mengingat beberapa sosmed membatasi jumlah karakter tiap postingannya, sehingga semakin pendek linknya semakin baik.

2. Menyembunyikan Alamat Link Asli

Alamat link asli tidak akan tertampil pada saat link singkatnya dibagikan, sehingga orang lain akan sulit menemukan URL aslinya apabila belum mengkliknya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk memberi kejutan atau memamerkan produk baru Anda.

3. URL Jadi Lebih Enak Dipandang

Coba perhatikan ilustrasi tadi, URL-nya menjadi sangat pendek serta lebih mudah diingat. Visual menjadi salah satu filter pertama bagi setiap orang ketika menerima sebuah informasi, sehingga ketika URLnya terlihat pendek, akan lebih menarik perhatian audiens.

4. Traffic Bisa Lebih Mudah Dilacak

Beberapa pengelola persingkat URL memiliki fitur lacak traffic, ini bisa membantu Anda melihat seberapa banyak orang mengunjungi tautan tersebut serta melihat seberapa efektif pemasarannya. Sebagai seorang pebisnis pola pikir ini penting untuk mengembangkannya.

Kelemahan Cara Mempersingkat URL Bagi Pengembangan Bisnis

Selain memiliki kelebihan, ternyata juga memiliki kelemahan terutama bagi bisnis – bisnis baru berkembang. Ini harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan akan menggunakan perpendek link. Beberapa kelemahannya antara lain meliputi :

1. Branding Kurang Optimal

Salah satu cara branding adalah memanfaatkan nama situs, apabila nama situsnya tersembunyi maka brandingnya juga kurang optimal. Ini mungkin harus dihindari, terlebih apabila linknya tidak begitu panjang.

2. Risiko Link Mati

Penyedia perpendek URL belum tentu memberikan pelayanan selamanya, apabila linknya mati tentu website atau URLnya tersebut tidak bisa dibuka kembali. Harus memperbarui pengumuman kembali bahwa link lama tidak bisa digunakan.

3. Muncul Keraguan Untuk Mengkliknya

Perpendek tautan bisa menyebabkan kecurigaan, bisa saja namanya pembuatan konten digital, tetapi ternyata mengarahkan pada situs phising. Bukannya memperoleh layanan konten digital, malah data penting dibajak oleh orang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya apabila ragu, Anda bisa mengantisipasinya dengan memeriksa hyperlinknya terlebih dahulu.  Caranya biasanya dengan klik kanan, kemudian pilih hyperlink, dari situ akan terlihat kemana link tersebut akan membawa Anda.

4. Meskipun Lebih Catchy Tetapi Sulit Diingat

Perpendek link memang catchy dan mudah diingat dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang akan sulit mengingatnya. Tautan asli biasanya mengandung nama brand, sehingga sebenarnya lebih mudah mengingat tautan aslinya, asalkan tidak terlalu panjang.

10 Cara Mempersingkat URL yang Harus Anda Ketahui

Meskipun memiliki kelemahan dan kelebihan, memperpendek masih menjadi alternatif paling optimal ketika ingin sharelink. Untuk menghindari phising juga bisa melihat detail hyperlinknya sebelum mengkliknya, jadi dapat diantisipasi.

1. Bitly

Bit.ly merupakan salah satu situs paling populer untuk memperpendek alamat halaman website. Selain karena gratis juga bisa menggunakan fitur pelacakan, sehingga tahu berapa banyak dikunjungi serta struktur demografi pengunjungnya.

2. Rebrandly

Rebrandly memiliki keunggulan lebih besar dibandingkan bit.ly, kerenanya menjadi lebih populer. Salah satu keunggulannya adalah bisa mengubah alamat situs panjang menjadi lebih pendek sesuai dengan branding Anda atau bisa mengubahnya jadi QR code.

3. BL.INK

Ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang target konsumen Anda, cobalah BL.INK, karena memiliki fitur lengkap dalam mengupas demografi audiens. Seperti berapa kali diklik, lokasi audiensnya, serta bahasa sehari – harinya. Penting untuk membangun strategi marketing.

4. Polr

Cara mempersingkat URL berikutnya adalah menggunakan Polr yang merupakan situs self hosting. Namun agar bisa memanfaatkannya secara optimal, harus memahami beberapa bahasa pemrograman. Untuk fiturnya tidak jauh berbeda, seperti tools analitis dan sebagainya.

5. Tiny URL

Dari namanya saja sudah tahu apa ini, yup membuat alamat panjang menjadi lebih ‘tiny’ atau singkat. Cara penggunaannya juga mudah, tinggal copy paste alamat aslinya, kemudian generate di tools tersebut.

6. Ow.ly

Apabila Anda menggunakan social media management tools seperti Hootsuite, tidak perlu bingung memperpendek linknya. Karena sudah tersedia Ow.ly di sana, fungsinya sama, yaitu membuat alamat panjang menjadi lebih pendek dengan cepat.

7. Is.gd

Ingin cara mempersingkat URL tanpa perlu fitur lainnya? Is.gd menjadi jawaban terbaik Anda. Tools ini sangat sederhana sekali, fungsinya juga simpel, yaitu mempersingkat link saja. Tidak perlu registrasi, tidak perlu perangkat berat, langsung konversi, langsung jadi.

8. Google URL Shortener

Siapa tidak kenal dengan Google, ternyata ia juga memiliki short link generatornya sendiri. Ada banyak sekali keunggulan menggunakannya, seperti terintegrasi dengan akun Google Anda, memiliki sistem analitis, dan bisa membuat QR code otomatis.

9. S.Id

Apabila ingin mengelola konten dalam berbagai perangkat serta melakukan perpendekan alamat secara cepat S.Id menjadi jawabannya. Mengingat terintegrasi dengan perangkat ponsel dan mudah dioperasikan. Selain itu ada data statistiknya, sehingga lebih mudah memantau trafficnya.

10. Dik.Si

Ingin menggunakan perpendek alamat menggunakan tools buatan anak negeri, Dik.si adalah jawabannya. Secara fitur tidak jauh berbeda dengan shortener lainnya, namun agar bisa menggunakannya harus login terlebih dahulu, tetapi tidak perlu khawatir karena gratis.

Baca Juga: Masih Bingung Dalam Menggunakan IG Ads? Simak Penjelasannya Disini

Bisnis di era digital harus memanfaatkan dan mengoptimalkan berbagai sumber daya digitalnya, salah satunya adalah alamat website. Agar bisa lebih mudah diingat alamatnya, harus cari cara mempersingkat URL Anda.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!