04 February 2021

Di era industri 4.0 dimana teknologi semakin berkembang, dunia marketing pun mulai berubah. Digital marketing yang dulunya asing menjadi jenis marketing yang paling diminati. 

Dengan semakin maraknya penggunaan sistem digital di kalangan masyarakat, tentunya anda sebagai salah satu pelaku ekonomi juga harus beradaptasi dengannya. Selain untuk memenuhi selera pasar yang semakin tinggi, hal ini juga akan memberikan keuntungan yang maksimal jika anda mampu memanfaatkannya.

Baca juga: Tips Membuat Digital Marketing Plan yang Jelas dan Menarik

Bisnis digital marketing adalah salah satu segmentasi yang cocok untuk dikembangkan di masa sekarang. Tidak sulit untuk mengembangkannya, karena hal ini sangat mudah untuk dipelajari. Artikel ini akan membantu anda untuk mengetahui cara mengembangkan marketing digital anda.

Bisnis Digital Marketing: Pengertian dan Cara Mengembangkannya

Secara singkat, pengertian dari digital marketing adalah sistem pemasaran suatu produk dengan menggunakan jaringan online dan teknik digital. Cara ini dilakukan karena banyak masyarakat yang menggunakan jaringan internet untuk mendapatkan berbagai kebutuhannya.

Sehingga diharapkan produk anda akan lebih mudah diketahui oleh masyarakat dan konsumen yang membutuhkan produk anda akan mendapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun platform digital dan media sosial yang biasanya digunakan sebagai media digital marketing adalah blog, facebook, instagram, youtube, twitter, dan lain sebagainya.

Digital marketing ini biasanya dapat dihandle oleh orang yang terlibat dalam perusahaan atau vendor yang memiliki suatu produk. Namun tak jarang juga mereka lebih memilih untuk memanfaatkan jasa professional untuk menangani marketing online tersebut. Sehingga dari sinilah peluang untuk menjalankan bisnis marketing online ini terbuka begitu lebar.

Untuk mengembangkan bisnis pemasaran ini tidaklah sulit. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang dapat anda gunakan.

1. Mempelajari Teknik Digital Marketing

Sebelum anda mulai memulai bisnis ini, tentunya anda sudah harus memiliki pengetahuan yang cukup seputar pemasaran online dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup, anda akan mampu memenuhi permintaan dari pelanggan anda kelak. Skill ini juga akan sangat berguna untuk memberikan service yang terbaik. Mempelajarinya juga tidak sulit. Bisa anda lakukan secara otodidak dengan mempelajarinya dari berbagai media yang bisa anda temui, atau dengan cara magang di perusahaan digital marketing yang telah berkembang selanjutnya.

2. Mempromosikan Bisnis Anda

Supaya bisnis anda mulai dikenal oleh banyak orang, anda harus mulai mempromosikannya. Ini juga dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk mempraktekkan marketing digital pada produk anda sendiri. Berikan penawaran yang menarik untuk beberapa pelanggan pertama. Dan berikan service paling optimal untuk project awal anda. Ini akan menentukan perkembangan bisnis anda selanjutnya. Review positif dari mereka akan sangat bermanfaat bagi anda. Jika mereka merasa puas, mereka tidak akan segan untuk menggunakan jasa anda lagi, atau bahkan merekomendasikan bisnis anda untuk orang-orang di sekitar mereka.

3. Mencantumkan Rate Harga yang Kompetitif

Buatlah riset untuk menentukan kisaran harga dan paket digital marketing yang anda sediakan. Berikan kisaran harga yang masuk akal, karena akan sulit untuk menggaet minat pelanggan dengan harga yang terlalu tinggi, dan terkesan meragukan jika harganya terlalu murah. Menampilkan portofolio project yang sebelumnya juga merupakan ide bagus untuk mendukung rate harga yang anda tetapkan sehingga menjadi lebih make sense.

4. Selalu Update dengan Algoritma Platform Digital

Ingatlah bahwa banyak orang yang menjalankan bisnis digital marketing yang serupa dengan anda. Sehingga mengupgrade skill dan senantiasa mempelajari kebijakan terbaru dari masing-masing platform digital akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis anda. Temukan trik-trik tertentu untuk memperkuat efek brand awareness pada produk yang anda promosikan.

Sangat mudah sekali bukan? Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis digital marketing. Selamat mencoba!

Baca juga: Menyusun Strategi Penjualan Produk Secara Digital? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Jika Anda membutuhkan konsultasi dan bantuan untuk mengembangkan digital marketing Anda, kunjungi kami di sini.