29 November 2021

Gunakan desain kemasan produk unik tingkatkan awareness.

Membuat desain kemasan produk unik dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Hanya saja, pastikan keamanan tetap terjaga. Agar konsumen tidak kecewa karena, sebelum digunakan sudah rusak akibat kesalahan pengemasan. Misalnya, bungkus box terlihat menarik sayangnya, ada bagian yang lupa di lem sehingga, barang jatuh dari bawah ketika diangkat. Walaupun ada garansi karena, bukan kesalahan sendiri, namun tetap mengecewakan. Ada rasa berbeda ketika, produk tersebut ditukar dengan yang baru. Kesenangan yang sempat muncul berubah menjadi kekecewaan.

Baca Juga: Lakukan 7 Tips Digital Marketing untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Anda

Pelayanan sudah bagus ada proses garansi, tetapi rasa kecewa masih tetap ada. Kemungkinan untuk membeli lagi sepertinya, sangat kecil. kecuali kalau produk tersebut memang tidak ada di berbagai tempat. Hanya saja, pertimbangan ini dan itu tetap saja dilakukan sehingga, mereka memutuskannya kembali. Setelah keamanan dan kenyamanan terpenuhi, baru berpikir bagaimana cara mengatasinya sehingga, dari penampilannya saja pelanggan sudah jatuh hati dan ingin membeli, berikut beberapa tips terbaik yang dapat dilakukan.

Desain Kemasan Produk Unik Berbeda dari Lainnya

Tips pertama adalah mengemas produk tersebut dengan sentuhan berbeda. Jangan terlalu rumit, cukup sederhana saja misalnya, bentuknya diubah dari kotak menjadi lingkaran atau segitiga disesuaikan tren saat ini. Misalnya saja, semua orang sedang membicarakan squid game, disana ada kotak berwarna hitam dan pita. Mungkin, perusahaan bisa menirunya dengan label produk khusus atau dibuat permanen. Langkah seperti ini biasanya cukup efektif menyedot perhatian konsumen untuk membelinya. Karena, mereka sendiri sebenarnya ingin membeli berbagai souvenir atau pernak-pernik dari film tersebut hanya saja bingung. Mereka mau beli dimana, memanfaatkan momen seperti ini sebagai upaya dalam melakukan promosi dan branding. Agar pelanggan tahu bahwa, produk tersebut masih eksis walau tidak ada di iklan karena, sudah laris manis. Jangan hanya sederhana tetapi, berusahalah membuat sesuatu yang mudah dibawa kemana-mana. Dengan begini, konsumen lebih mungkin mengambil produk Anda daripada kompetitor, pada dasarnya mereka ingin yang praktis.

Desain Kemasan Produk Unik Memainkan Warna

Tips berikutnya adalah memainkan pola warna. Perlu diketahui bahwa, dalam psikologi marketing hal seperti ini sangat berpengaruh besar. Semakin mencolok dan terang, biasanya akan disukai karena, menurut mereka menarik. Dalam pemikiran pelanggan, bila covernya sudah memikat, apalagi dalamnya. Pasti lebih dari segalanya. Hanya saja, dalam pemilihan pola ini sedikit sulit, artinya belum tentu menempatkan sesuatu hasilnya sesuai keinginan. Bisa saja sebaliknya, oleh karena itu cobalah untuk melihat bagaimana kompetitor dalam memainkan polanya. Poin paling penting adalah permainan ini membuat mata langsung tertuju pada produk bukan ke lainnya. Contohnya, banyak menggunakan warna hitam, tetapi Anda putih, atau kondisinya dibalik. Perbedaan ini membuat konsumen penasaran. Bila seluruh spesifikasinya sesuai keinginan pasti langsung dibeli tanpa pikir panjang. Inilah alasannya mengapa pemilihan corak harus detail dan sebisa mungkin, melakukan berbagai macam riset terlebih dulu agar hasilnya sempurna. Perlu diingat, kesan pertama merupakan poin penting dan harus diperhatikan.

Desain Kemasan Produk Unik dengan Gambar

Tips berikutnya adalah penambahan gambar. Hal ini sangat penting dan harus hati-hati, dimana salah menempatkan nantinya akan menyerang Anda. Perlu diketahui teknik merupakan penyampaian informasi kepada pelanggan. Contohnya seperti ini, ketika brand/merek samsung membuat produk dengan kemampuan layar lebih bagus dibandingkan lainya, berteknologi 5G. Maka, mereka harus menampilkan kejernihan layar dan jaringan tersebut. Bila mereka hanya menampilkan handphone saja, maka informasi tentang kelebihan Samsung seri terbaru itu akan mentah begitu saja. Pelanggan tidak tahu bahwa, ponsel yang mereka cari sebenarnya ada. Dalam menentukan gambar seperti ini, Anda harus tahu terlebih dulu. Apa kelebihan yang ingin ditonjolkan baru, tempatkan pada sisi utama. Tanpa ada orang yang mempromosikan, pelanggan sudah paham maksud dan tujuan. Oleh karena itu, konsep sangat penting sebelum menjualnya ke pasaran. Dimana, setiap perusahaan harus memikirkan hal kecil dan detail agar hasilnya begitu memuaskan. Karena,  kondisi seperti ini terkadang mempengaruhi.

Desain Kemasan Produk Unik dengan Prestasi

Walaupun prestasi sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang dapat dibanggakan. Namun dapat dijadikan sebagai poin penting untuk mencuri perhatian dari konsumen. Misalnya saja, Brand nomor 1 di Indonesia. Pernyataan tersebut memang tidak berarti apa-apa, kalau mereka tidak menyukai dulu produknya. Hanya saja, bisa dijadikan sebagai pancingan, orang pasti penasaran bukan, mengapa brand itu bisa menjadi nomor satu. Misalkan saja, ada penambahan hanya dalam 3 tahun. Untuk sekelas produk waktu itu sangat cepat dan memang prestasi yang patut untuk dibanggakan. Rasa penasaran pasti semakin kuat hingga, akhirnya bertanya. Mengenai arti desain kemasan produk unik tersebut. Kemudian, semakin panjang hingga akhirnya membeli. 

Teknik market semacam ini masih terus dijadikan unggulan untuk berbagai produk karena, hasilnya begitu efektif. Selain prestasi, Anda juga dapat memasukkan sertifikat legalitas ke dalam kemasan. Hal ini cukup penting menghindari adanya black campaign. Karena, mungkin barang tersebut adalah ilegal. Usahakan cantumkan secara lengkap. Bila memang makanan dan sudah mendapatkan izin dari BPOM maka, bisa ditulis dalam kemasan tersebut. Dengan begini saat pelanggan baru ingin membelinya jadi tidak ragu, termasuk sertifikasi halal. Usahakan menempatkannya di depan dan ukuran font sedikit lebih besar. Karena, penduduk Indonesia ini mayoritas adalah muslim. Hal seperti ini layak untuk diperhatikan benar, sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan mereka.

Desain Kemasan Produk Unik dengan Bahan Terjangkau

Tips terakhir adalah memakai bahan yang berbeda dari lainnya. Contohnya adalah kain dengan kualitas nomor satu tetapi, tidak membuat biaya produksi membengkak. Bisa saja, menambah uang, asalkan bisa di recycle. Contohnya adalah galon le minerale, dimana mereka tidak wajib melakukan penukaran. Melainkan, langsung membelinya. Harganya memang cukup mahal karena Rp20 ribu hanya berisi 15 liter, dibandingkan kompetitornya. Hanya saja, desain kemasan produk unik ini bisa digunakan untuk pot bagi yang suka menanam atau memelihara ikan. Jika, di cat ulang lebih baik lagi rasanya, bekas galon tidak tahu. Apalagi,bentuknya sendiri unik, jadi untuk hiasan di laut dengan bunga yang cantik akan menambah penampilannya jadi lebih mengesankan dibandingkan memakai pot biasa saja. Bagaimana, mau mencobanya?

Baca Juga: Tak Perlu Pusing! 10 Cara Mempersingkat URL dengan Efektif

Teknik ini harus diakui memang cukup sederhana, hanya saja bisa jadi pusat perhatian lebih termasuk pada proses penjualan. Desain kemasan produk unik menjadi salah satu cara pemasaran kekinian yang efektif. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!