...

Gunakan 7 Digital Marketing Channel untuk Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Ingin omzet meningkat? Digital marketing channel solusinya!

Menggunakan digital marketing channel saat ini memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjajal dunia bisnis baik online maupun offline. Tidak ada tuntutan pelaku dunia usaha memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, bisnis atau yang relate dengan bidangnya. Selama memiliki passion kuat dan mau terus belajar, sukses sebagai pebisnis akan didapat. Seperti fenomena saat ini dimana hampir semua pengguna sosial media adalah pebisnis online. Mulai dari produk buatan sendiri, dropship maupun reseller. Semua tingkatan para penjual memiliki potensi keuntungan yang sama. Jual beli via daring semakin marak sejak berlangsungnya PPKM akibat pandemi covid-19. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha dengan penerapan digital marketing yang jitu, sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Brand Equity Adalah? Kenali Manfaat dan Implementasinya

Apa Itu Digital Marketing? Ini Penjelasannya

Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan menggunakan media daring. Setiap pebisnis bisa menggunakan metode ini untuk memperluas cakupan pasar. Dalam waktu singkat promosi menjangkau lebih banyak audiens dibanding cara konvensional. Trend saat ini menunjukkan pengguna sarana komunikasi online semakin meningkat. Pembatasan mobilitas selama pandemi mendorong sebagian besar masyarakat beralih memanfaatkan gadget untuk aktifitas sehari-hari baik bekerja, belajar, belanja, dan hiburan. Masyarakat sebagai pasar atau target konsumen tersebut lebih mudah dijangkau dengan menggunakan media sarana pemasaran yang sama. Bahkan cara pemasaran modern seperti ini lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

Pengertian dari Digital Marketing Channel

Anda sebagai pemilik bisnis dapat menggunakan email, website, blog, sosial media, iklan internet, video singkat, gambar animasi, dan masih banyak lagi cara yang lainnya. Semuanya terintegrasi dengan sarana komunikasi digital. Sarana di atas merupakan digital marketing channel, yaitu saluran yang dapat menghubungkan antara pebisnis dengan calon konsumen tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka, sehingga prosesnya menjadi lebih praktis. Proses komunikasi bisa satu arah apabila Anda mempublikasikan iklan dengan tujuan mengedukasi. Bisa menggunakan sosial media, aplikasi video singkat seperti TikTok maupun Snack Video atau email blast. Jadi lebih terfokus. Komunikasi bisa juga terjalin 2 arah apabila pebisnis menyediakan ruang untuk menyampaikan komentar atau membalas pesan. Untuk memfasilitasi hal ini umumnya pebisnis menggunakan bot, sehingga pesan otomatis dibalas oleh mesin.

Alasan Penting Penggunaan Digital Marketing Channel

Penggunaan sarana daring dalam promosi produk membantu pebisnis bertahan dalam persaingan. Setiap toko online atau usaha apa saja pasti terdapat lebih dari satu kompetitor. Setiap hari akan muncul kompetitor baru. Cara paling mudah untuk bertahan ditengah persaingan adalah berinovasi dan memaksimalkan penjualan. Setiap perubahan dalam bidang usaha perlu diikuti. Salah satunya pemanfaatan channel-channel strategis untuk melakukan sarana pemasaran produk tertentu. Alasan lain, pemasaran pasif lebih bertahan lama. Contoh memposting produk melalui blog atau website, bisa dibaca oleh audiens beberapa hari, minggu atau bulan kemudian. Unggahan produk tersebut tidak ada habisnya. Tidak sampai closing penjualan saat penawaran, namun iklan tetap berlaku dalam jangka panjang, sehingga tidak menutup kemungkinan justru beberapa bulan kemudian penjualan melesat karena informasi yang disampaikan secara daring tersebut.

Keuntungan Jika Menggunakan Digital Marketing

Menggunakan metode pemasaran modern itu pada umumnya terintegrasi dengan sarana online dan gadget sangat menguntungkan bagi pelaku usaha. Berikut keuntungan yang bisa didapat dengan pemanfaatan digital marketing channel, antara lain:

  1. Membuka kesempatan bagi pebisnis untuk berkembang. Dengan memanfaatkan sarana daring, ada banyak hal yang dapat dipelajari. Bukan hanya bahasa penawaran namun juga sistem yang lebih inovatif, sehingga lebih berkembang hasilnya.
  2. Pengguna internet di Indonesia sangat pesat, setiap saat Anda bisa menawarkan produk dan pasti mendapat audiens. Dalam sekali posting kurang dari 1 menit, jutaan audiens akan melihat produk yang ditawarkan.
  3. Produk Anda jadi lebih dikenal berbagai kalangan. Bukan hanya target market yang semula di-setting saat membuat penawaran. Namun setiap pengguna internet dapat melihat iklan, jika menarik maka mereka akan membeli.
  4. Lebih hemat biaya dengan target yang jitu. Anda hanya butuh gadget, koneksi internet dan materi promosi. Tidak perlu membayar tenaga pemasar yang bisa jadi lebih besar jumlahnya, biaya berhasil di-defisiensi.
  5. Jika Anda menggunakan iklan berbayar Anda dapat memantau berapa yang sudah dihabiskan. Dibandingkan dengan jumlah audiens dan angka penjualan. Setiap aktivitas pemasaran dapat dipantau secara maksimal menggunakan digital marketing channel.

7 Digital Marketing Channel Potensial untuk Bisnis

Terdapat 7 macam sarana yang dapat digunakan dalam pemasaran produk menggunakan komunikasi daring. Anda dapat memilih salah satu untuk diaplikasikan sesuai produk dan target marketing. Berikut adalah contoh yang dimaksud:

  1. Konten Pemasaran. Isi akun sosial media menggunakan informasi bisnis dengan bahasa persuasif. Ini merupakan konten marketing jitu. Bisa berupa foto produk, ulasan, tutorial, tips, video dan sebagainya. Banyak cara dilakukan.
  2. Email Penawaran. Manfaatkan jaringan komunikasi Anda untuk menawarkan produk melalui email. Dengan sarana ini Anda dapat menyertakan link untuk pembelian secara langsung, sehingga calon konsumen merasa lebih mudah melakukan pembelian.
  3. SEO (Search Engine Optimization). Website Anda akan mendapatkan kunjungan tinggi menggunakan teknik ini. Lebih banyak audiens membaca isi web. Itu karena terdapat teknik SEO yang diterapkan ke dalam metode pemasaran.
  4. Affiliate marketing. Buka kesempatan afiliasi untuk audiens, dengan begitu angka penjualan Anda akan meningkat drastis. Karena affiliate marketing adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan banyak pembeli dalam dunia maya.
  5. Sosial media marketing. Anda dapat fokus mengelola platform khusus untuk bisnis. Contoh Facebook, dengan menggunakan Facebook Ads, lebih potensial mendapatkan konsumen. Karena bisa menjangkau hingga ke berbagai tempat sesuai kebutuhan.
  6. Google my business. Sarana ini sudah diformat untuk tujuan bisnis, sehingga fitur di dalamnya sangat support untuk pemasaran produk maupun jasa. Jadi metodenya lebih praktis untuk dilakukan bila memakai caranya.
  7. Pay-per-click. Kerja sama dengan pengguna internet lain melalui link. Dengan sekali klik di web atau blog orang lain, konsumen akan langsung masuk website bisnis anda, sehingga berpeluang mendapat banyak konsumen.

Baca Juga: Strategy Social Media Marketing Bagi Pebisnis

Ketujuh channel diatas cukup mudah digunakan sebab fitur dan instruksi di dalamnya sederhana. Lebih mudah jika memilih digital marketing channel paling sesuai dengan produk dan tujuan bisnis agar hasilnya maksimal. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms