Gunakan Teknik SEO Ini untuk Digital Marketing Bisnis Anda

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Memulai bisnis digital perlu diimbangi dengan teknik SEO yang tepat dan akurat.

Menggunakan teknik SEO dapat membantu Anda lebih cepat mengembangkan pemasaran bisnis. Setiap orang berlomba-lomba mendapatkan jangkauan traffic pengunjung website yang tinggi. Tidak hanya itu saja konten yang dibuat diharapkan dapat menembus page one Google secara organik. Tentunya hal tersebut bukan perkara mudah karena setiap konten digital yang dipost memiliki berbagai macam kompetitor, sehingga dalam hal ini dibutuhkan teknik SEO yang tidak hanya tepat melainkan akurat.

Pernahkah Anda menggunakan strategi SEO untuk meningkatkan digital marketing bisnis namun hasilnya kurang memuaskan? Penyebab gagalnya SEO tersebut bisa berasal dari beberapa faktor seperti analisis yang keliru. Lantas bagaimana menerapkan konsep Search Engine Optimization yang cepat mendongkrak marketing bisnis? Cermati beragam teknik di bawah ini agar konsep yang Anda gunakan meningkatkan digital marketing bisnis.

Baca Juga: User Interface Adalah? Berikut Pengertian serta 8 Karakteristiknya

Memanfaatkan 3 Teknik SEO lewat Pemasangan Plugin Yoast

Teknik pertama dilakukan dengan memasang Yoast SEO pada website untuk mengoptimalkan strategi. Yoast SEO adalah perangkat yang dirancang untuk membantu Anda dalam mengoptimasi Search Engine Optimization yang panjang. Di dalam Yoast terdapat berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan untuk mendongkrak kualitas SEO pada website. Berikut adalah fitur yang akan ditemukan saat menggunakan Yoast SEO pada website:

1. Pengubah title tag pada konten website

Judul konten tentunya mempengaruhi bisnis digital yang Anda jalankan. Karena itu untuk mengelola judul yang berpotensi dilirik banyak pengunjung website tidak ada salahnya untuk menggunakan Yoast SEO.

2. Pengelola meta description konten website

Teknik SEO menggunakan Yoast menguntungkan berkat adanya fitur meta description. Meta deskripsi bermanfaat untuk menampilkan kalimat yang mewakili konten digital Anda di halaman pertama Google.

3. Mengubah permalink konten digital website

Salah satu fitur yang penting di Yoast SEO adalah permalink konten. Permalink adalah link unggahan konten website yang perlu masuk ke index Google, sehingga mudah ditemukan di laman pencarian.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Menggunakan Teknik SEO lewat Google Search Console

Teknik selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Google Search Console. Google Console sendiri adalah salah satu platform gratisan yang umumnya digunakan oleh pemilik website untuk mengelola kinerja situs secara organik. Google Search Console memudahkan Anda dalam mencari domain yang memberikan akses link ke website. Istilahnya bisa dikenal dengan sebutan referring domain yang bekerja pada website dan perangkat mobile. 

Web console juga berguna untuk menganalisa halaman situs yang mempunyai traffic pengunjung tinggi, sehingga Anda bisa dengan mudah menganalisa kata kunci dan riset topik berdasarkan halaman tersebut. Teknik SEO bisa dijalankan dengan menambahkan situs website ke dalam Google Search Console. Langkahnya bisa Anda mulai dengan login ke akun Google dan membuka webmaster tools atau Google Console.

Setelah itu klik add property dan pilih opsi “website” menu drop down. Jangan lupa untuk memasukan URL website yang sama persis dengan tampilan di halaman pencarian browser dan continue. Pilihan verifikasi juga bisa dilakukan dengan mengupload file berupa HTML. Selain itu Anda bisa memilih masukan penyedia nama domain, tag, dan kode tracking pada Google Analytics. Anda dapat memilih salah satu diantaranya beberapa cara verifikasi tersebut. Namun penambahan domain tetap harus dilakukan secara terpisah apabila situs sudah mendukung link http:// atau https://.

Untuk mengetahui informasi tentang SEO kami, baca selengkapnya disini

Teknik SEO dengan Membuat Sitemap Website

Sama halnya dengan Google Console rupanya sitemap juga mempunyai peranan penting untuk digital marketing bisnis Anda. Sitemap merupakan daftar yang didalamnya berisi semua halaman situs. Tentunya halaman-halaman tersebut bisa diakses oleh pengunjung internet di mesin pencari Google. Sitemap bermanfaat untuk memudahkan jangkauan website di tangan pengunjung dan mesin pencari Google. Sitemap juga berfungsi untuk membuat setiap konten yang diunggah cepat terindeks Google. Teknik tersebut bekerja dengan memberi tahu mesin pencari saat terjadi perubahan struktur di dalam situs. Terdapat beberapa jenis yang bisa Anda manfaatkan yaitu XML dan HTML. Sitemap XML biasanya diakses mesin pencari sementara HTML digunakan untuk pengunjung situs website Anda.

Teknik SEO dengan Pemasangan Google Analytic

Google Analytic mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari teknik sebelumnya. Google Analytic berperan dalam memberikan data identifikasi perilaku para pengunjung situs website setiap harinya. Dengan menggunakan Google Analytic tentunya pemilik website dapat lebih cepat mengetahui setiap pergerakan pengunjung. Mulai dari kunjungan awal di beranda website, halaman informasi yang dicari dan saat menutupnya. Adanya Google Analytic juga dapat membantu pemilik website dalam mencari halaman yang paling banyak dikunjungi. Dengan demikian data tersebut memunculkan hasil conversion dan kelemahan halaman.

Teknik SEO dengan Pembuatan Konten yang Menarik

Salah satu langkah jitu agar mendongkrak digital marketing bisnis Anda yaitu dengan membuat konten menarik. Seperti konten yang menarik untuk dapat mendukung peningkatan traffic pengunjung website? Website menarik ketika menyajikan berbagai macam konten yang dibutuhkan oleh pengunjung. Selain itu website akan terlihat menarik dengan konten yang fresh dan mudah dimengerti oleh pengguna internet.  Konten menarik apabila di dalamnya mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan dan diminati pengunjung internet. Sebaiknya konten yang terdapat di dalam website disesuaikan dengan jenis situs. Misalnya situs yang dikelola bertema bisnis sebaiknya dominasi konten di dalamnya mengarah pada tema tersebut. Tema-tema konten yang selaras dengan jenis website adalah bagian dari teknik Search Engine Optimization ini.

Konten tulisan yang diunggah ke dalam website juga perlu mengandung kata kunci panjang dan pendek. Kata kunci panjang adalah pengembangan dari short keyword yang didapat berdasarkan riset. Sementara kata kunci pendek didapat dari analisa topic dan riset tema. Konten tersebut juga akan terlihat menarik dengan adanya gambar yang sesuai konten situs website. Jangan lupa bahwa konten terdiri dari berbagai macam tipe format yang diunggah ke dalam situs website. Diantaranya tulisan atau artikel, gambar, rekaman suara audio, dan video serta animasi. Cobalah untuk mengembangkan masing-masing jenis konten tersebut., sehingga Anda bisa mendapatkan konten menarik dan sesuai minat para pengguna internet yang berselancar di situs website tersebut.

Baca Juga: Apa Itu User Experience? Ini Penjelasan dan Tips Penggunaannya

Jadi, berbagai teknik diperlukan untuk memaksimalkan digital marketing bisnis pada website. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat secara tidak langsung website akan mengalami peningkatan performa. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms