10 September 2021

Perhatikan Engagement Rate untuk hasil promosi lebih maksimal

Engagement rate Instagram merupakan salah satu yang tidak asing lagi, instagram sendiri merupakan platform media sosial yang cukup sering digunakan oleh penggunanya dari seluruh dunia. Ini merupakan platform berbagi foto dan video antar sesama pengguna yang berada di seluruh dunia. Selain digunakan sebagai media hiburan, saat ini instagram juga banyak dimanfaatkan sebagai wadah untuk promosi bisnis yang cukup efektif.  Agar promosi lebih maksimal dan efektif, anda harus memastikan memiliki engagement rate yang cukup tinggi. Jumlah follower yang banyak belum menjamin akun anda memiliki tingkat keterlibatan audience yang tinggi pula. Karenanya diperlukan akun anda memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi pula.

Baca Juga: Ketahui! Ini 5 Manfaat Google AdWords

Pengertian dan Manfaat Engagement Rate

Engagement rate atau tingkat keterlibatan merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur interaksi audience atau khalayak terhadap sebuah konten. Untuk mengetahui tingkat keterlibatan ini ada beberapa cara yang biasa digunakan, di antaranya seperti berapa banyak audience yang menyukai, berkomentar, membagikan, berapa lama audience membaca konten hingga seberapa banyak audience yang melakukan tindakan sesuai perintah anda. Dalam instagram bisnis, tingkat keterlibatan audience memiliki pengaruh besar dalam menentukan kesuksesan produk yang tengah dipasarkan.

Semakin tinggi tingkat keterlibatan audience, berarti peluang produk anda terjual juga akan semakin besar. Oleh sebab itu, penting bagi pengguna instagram bisnis untuk tahu cara meningkatkan tingkat keterlibatan audiens agar tujuan yang ingin dicapai bisa berhasil. Sebelum membahas tentang bagaimana cara meningkatkan tingkat keterlibatan audience dalam akun instagram bisnis, simak dulu manfaat dari mengetahui engagement rate marketing pada akun instagram bisnis seperti berikut ini :

1. Menilai Pengalaman Audience Terhadap Konten

Salah satu manfaat utama dari mengetahui tingkat keterlibatan audience adalah untuk menilai pengalaman audience terhadap konten yang anda sajikan. Semakin tinggi tingkat keterlibatan berarti audience nyaman dengan konten yang anda buat dan begitu pula sebaliknya. contohnya seperti konten yang memasang CTA namun sulit untuk ditemukan alias tidak user friendly maka tingkat keterlibatan audience pasti akan rendah.

2. Memantau Efektivitas Pemasaran

Efektif tidaknya teknik pemasaran yang anda gunakan dalam akun instagram bisnis juga bisa dilihat dari seberapa banyak tingkat keterlibatan audience.  Jika tingkat keterlibatan audience pada konten yang anda buat masih rendah, bisa dipastikan semakin sedikit pula yang menyukai produk anda. Itu artinya ada yang salah dengan konten yang anda buat sehingga kurang diminati oleh audience.

3. Memantau Pergerakan Kompetitor

Engagement rate juga bisa dimanfaatkan untuk memantau pergerakan competitor. Dengan mengetahui tingkat keterlibatan audience, anda bisa dengan lebih mudah mengalahkan kompetitor. Untuk bisa memantau pergerakan kompetitor dengan lebih maksimal, anda dapat menggunakan aplikasi analisis seperti SocialBlade.

Tips Meningkatkan Engagement Rate Marketing pada Akun Instagram Bisnis

Seperti yang telah dibahas di atas, mengetahui tingkat keterlibatan audience memiliki banyak manfaat khusus jika ingin mengembangkan bisnis melalui platform instagram. Semakin tinggi tingkat keterlibatan audience, maka akan semakin bagus untuk bisnis anda. Oleh sebab itulah, jika tingkat keterlibatan audience pada konten anda masih rendah, pastikan segara usahakan untuk meningkatkannya. Ada beberapa cara atau tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan engagement rate marketing pada akun instagram bisnis. Di antaranya seperti berikut ini :

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Konten yang menarik sudah pasti akan membuat banyak orang tertarik untuk melihat dan membacanya. Oleh sebab itulah, ingin meningkatkan tingkat keterlibatan audience, pastikan buat konten yang menarik dan berkualitas. Anda bisa membuat konten yang tengah tren kemudian menambahkan gambar yang menarik. Dengan begitu audience akan tertarik untuk melihat, membaca, menyukai, berkomentar bahkan membagikan konten yang anda buat.

2. Memposting Konten pada Jam Terbaik

Tingkat keterlibatan audience akan semakin tinggi jika anda memposting konten pada waktu yang tepat. Anda harus mengetahui jam-jam audience target sedang aktif-aktifnya di media sosial. Dengan begitu konten yang anda posting akan mendapatkan perhatikan yang maksimal. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sproutsosial, waktu terbaik jika ingin mendapatkan sosial share di Instagram yang paling tinggi adalah pada hari Rabu jam 11.00 pagi serta hari Jumat pada jam 10 pagi.

3. Aktif Merespon Komentar Audience

Engagement rate marketing akun instagram bisnis anda akan semakin meningkat jika anda aktif merespon komentar audience. Balasan komentar yang anda tulis ternyata bisa membuat audience merasa lebih diperhatikan dan didengar.

4. Tambahkan CTA yang Menarik dan User Friendly

Jika dalam konten anda mengandung promosi atau komersil,  jangan lupa tambahkan CTA atau Call to Action yang menarik. Cara ini akan lebih mudah menarik audience untuk mengikuti perintah yang anda berikan. Pastikan juga CTA yang anda cantumkan berada di posisi yang mudah ditemukan dan user friendly sehingga tidak akan menyulitkan audience.

5. Konsisten

Instagram mempunyai algoritma dimana algoritma ini lebih menyukai pengguna aktif. Tentunya ini membuat Anda yang lebih aktif dan lebih sering memposting berada di depan lebih banyak orang.  

6. Lakukan Analisis

Untuk meningkatkan tingkat keterlibatan, menganalisis konten untuk melihat konten mana yang berpotensi dengan audiens anda adalah hal yang perlu Anda lakukan. Dengan mengetahui konten mana yang mendapatkan keterlibatan lebih banyak, Anda bisa memulai merencanakan konten apa lagi untuk kedepannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing Agency untuk Promosi Bisnis

Menarik perhatian audience untuk memperhatikan konten yang anda buat memang tidak mudah. Oleh sebab itulah, dibutuhkan teknik dan cara yang tepat agar tingkat keterlibatan audience pada postingan anda bisa semakin meningkat. Dengan meningkatkan engagement rate marketing pada instagram bisnis bisa membuat penjualan produk menjadi semakin banyak. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!