24 November 2021

Gunakan facebook business manager dalam mengelola bisnis Anda.

Perkembangan dunia digital mengubah segala hal tentang marketing, terlebih setelah hadirnya Facebook Business Manager. Tools ini mengubah cara seseorang maupun perusahaan dalam mengelola iklan serta menggaet audiens menjadi lebih efisien dan aman. Kunci kesuksesan dari marketing, baik offline maupun online, adalah mampu menjangkau banyak orang sekaligus, terutama target market nya. Cara klasik adalah menyebarkan brosur atau memanfaatkan TV, tetapi kini sosial media merupakan sarana iklan paling efektif. Mengingat saat ini hampir setiap orang memiliki sosial media, mulai dari remaja, hingga orang tua. Mereka menggunakan sosial media untuk berbagai hal, seperti mencari informasi penting, berbelanja, atau sekedar eksis. Karena itu, pemasaran digital ini sangat efektif.

Baca Juga: Masih Bingung Dalam Menggunakan IG Ads? Simak Penjelasannya Disini

Memahami Apa Itu Facebook Business Manager

Salah satu sosial media paling populer saat ini adalah Facebook, tidak hanya dipercaya sebagai sarana membagikan pesan saja, tetapi kini digunakan sebagai sarana menawarkan produk. Mengingat Facebook sendiri juga menyediakan tools untuk menunjangnya. Ada beberapa hal yang membuat orang – orang menyukai mengembangkan digital marketingnya di platform ini, yaitu, memiliki marketplace sendiri, pemilik bisa mengembangkan page, mampu mengelola ads, dan kemudahan dalam mengontrol bisnisnya. Dahulu seseorang ketika ingin mengembangkan bisnisnya melalui facebook harus membuat akun khusus untuk melaksanakan strategi marketingnya dan jualan. Pembuatan akun baru tersebut bertujuan untuk menjaga privasi data pribadi agar tidak diakses oleh orang lain.

Tetapi teknik ini memiliki kelemahan, seperti harus memulai kembali dari nol, harus membuat sosial media bersama, dan sebagainya. Namun hal tersebut tidak lagi menjadi masalah ketika perilisan Facebook Business Manager. Memberikan keleluasaan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan dan mengelola bisnisnya tanpa harus login pada satu akun. Dengan demikian segala informasi pribadi akan terlindungi, selain itu terdapat juga fitur pembatasan pada pengelolanya. Pembatasan tersebut mencegah anggota tim melampaui perannya, contoh admin posting hanya memiliki kewenangan untuk posting saja, tim digital marketing strategist hanya bisa melihat insight dan tidak dapat posting, dan masih banyak jenis pembatasan lainnya.

 Manfaat Menggunakan Facebook Business Manager Bagi Bisnis Anda

Tertarik melakukan pemasaran digital, ini adalah saat yang tepat menggunakan fasilitas bisnis manajer dari Facebook. Selain karena kemudahan dalam pengelolaannya, ia menawarkan berbagai fitur menarik untuk optimasi pemasaran. Berikut beberapa keuntungan menggunakannya.

1. Memperoleh Support Penuh dari Facebook

Setiap layanan dan tools dari Facebook akan senantiasa dipantau dan ditingkatkan performanya, sehingga pada pengguna layanan tersebut bisa semakin nyaman. Bentuk peningkatan layanan salah satunya adalah memberikan bantuan dan dukungan pada para pengguna layanannya. Tidak dipungkiri bahwa suatu saat akan ada masalah ketika menggunakan fasilitas ini, entah tidak bisa login, data tertampil tidak tepat, atau masalah lainnya. Anda bisa mengajukan masalah ini ke Facebooknya dan akan mendapatkan panduan menyelesaikannya.

2. Mengelola Bisnis Tanpa Harus Membuat Akun Bersama

Keunggulan Facebook Business Manager adalah tidak perlu membuat akun bersama, pemilik bisnis tinggal menambahkan anggota/manajer/tim untuk mengelola bisnisnya. Sehingga tidak perlu membuat akun baru atau akun khusus jualan. Selain itu bisa juga membatasi peran masing – masing tim menggunakan tools ini, seperti pembatasan kewenangan posting atau menggunakan fitur tertentu. Keunggulan ini tidak bisa didapatkan ketika menggunakan akun bersama, seluruh tim memiliki akses yang sama.

3. Pengelolaannya Tidak Ribet

Pengelolaannya juga mudah dan tanpa ribet, apabila tidak ada tools ini maka pengelolaan seperti ads atau fanpage akan terpisah – pisah. Tetapi ketika menggunakan tools ini, semuanya tersedia di satu tempat. Sehingga memudahkan memantau, mengevaluasi, dan menyusun strategi.

4. Keamanan Terjaga

Salah satu pertimbangan dan keuntungan terbesar menggunakan layanan atau fitur ini adalah tingkat keamanannya. Fitur ini memiliki keamanan berupa autentikasi dua faktor, sehingga seseorang ketika ingin mengaksesnya harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Mengingat dunia marketing senantiasa berubah-ubah dan timnya juga senantiasa berkembang, sistem keamanan seperti ini sangat bermanfaat. Ini mencegah mantan karyawan atau orang yang tidak lagi bekerja di sana mengakses dan menggunakan fiturnya.

5. Memiliki Fitur Report Bisnis

Salah satu keunggulan lainnya adalah memiliki sistem laporan bisnis, sehingga memudahkan Anda melakukan evaluasi atau penilaian terhadapnya. Karena tersedia di dashboard sendiri, Anda bisa mengeditnya sesuai dengan keperluan tertentu.

Cara Membuat Akun Facebook Business Manager

Agar bisa memanfaatkan layanan ini, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun bisnis terlebih dahulu. Kemudian baru Anda bisa mengembangkan dan memberikan izin pengelolaan terhadap seluruh anggota tim.

1. Membuat Akun Bisnis

Cara membuat akunnya mudah sekali, tinggal mengunjungi business.facebook.com, kemudian pilih create pada tombol di pojok kanan atas. Anda akan diminta memasukkan informasi bisnis, seperti nama bisnis, nama pemilik, dan alamat email. Setelah semua informasi tersebut dikirimkan, Anda sudah memiliki sebuah akun bisnis manager. Langkah pertama yang harus diperiksa adalah pengaturan, terutama autentikasi 2 faktor, sehingga akunnya bisa lebih aman dan tidak mudah dibobol oleh orang lain.  

2. Menambahkan Halaman

Setiap bisnis biasanya dikembangkan dan dikelola melalui halaman, tujuannya adalah agar lebih mudah menjangkau, mengedukasi, serta berinteraksi dengan para audiens. Sebuah bisnis bisa saja memiliki lebih dari satu halaman. Untuk mengintegrasikannya, bisa meregistrasikan seluruh halamannya ke akun Facebook Business Manager. Caranya dengan klik setting, kemudian pilih account, klik add page. Tinggal memasukkan nama halaman atau URL-nya, setelah berhasil, maka halaman telah teregistrasi.

3. Menambahkan Akun Iklan

Dalam digital marketing iklan adalah segalanya, mengapa? Jawabannya adalah karena melalui iklannya Anda bisa menjangkau banyak sekali akun dan sosial media pelanggan. Dengan demikian potensi konversi ratenya juga lebih tinggi. Cara menambah akun iklan cukup mudah, tinggal masuk ke setting dan tambahkan akun. Pilih salah satu dari tiga pilihan, pertama iklan Anda, request iklan, atau membuat iklan baru. Selanjutnya tinggal memasukkan ID akun iklannya.

4. Menambahkan Tim

Langkah paling penting adalah menambahkan tim ke dalam akunnya, caranya cukup mudah tinggal masuk ke setting, pilih kolom people dan tambahkan. Berikan akses dan pembatasan terhadap masing – masing orang yang Anda tambahkan, selanjutnya tinggal memantau pengerjaan saja.

Baca Juga: Tingkatkan Brand Awareness Produk Anda dengan 7 Cara ini

Kunci kesuksesan bisnis di dunia digital adalah kemampuan menjangkau audiens sebanyak dan seluas mungkin. Salah satunya adalah menggunakan ads dan mengelola akun sosial media sebaik mungkin. Facebook Business Manager bisa membantu Anda mengelola semua hal itu.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!