13 May 2020

Bagi Anda yang sedang berjuang memasarkan sebuah produk kepada publik, tentunya butuh strategi yang tepat.

Sekaligus memahami apa saja faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran yang dilakukan. Sebab di lapangan, banyak faktor yang membuat sebuah teknik pemasaran menjadi efektif pun sebaliknya. Persiapan yang matang akan membantu menghasilkan sebuah teknik pemasaran yang efektif, mendatangkan omset, dan mendongkrak profit.

Baca Juga: 7 Web Inspirasi Desain Produk Untuk Melakukan Visual Audit

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pemasaran

Agar teknik pemasaran yang diterapkan menjadi efektif dan sukses, maka penting untuk memperhatikan beberapa faktor penting berikut ini:

1. Luas Tidaknya Pangsa Pasar

Faktor pertama yang cukup menentukan keberhasilan sebuah program pemasaran adalah soal pangsa pasar. Sebab perlu diakui memasarkan produk dengan pangsa pasar luas jauh lebih mudah dibanding yang pangsanya sedikit. Artinya semakin luas pangsa pasarnya maka peminatnya semakin banyak, sehingga kesuksesan pemasaran jauh lebih mudah diraih.

Maka penting sekali untuk memilih produk yang memiliki pangsa pasar luas, selain mudah dipasarkan juga cenderung berumur panjang karena akan selalu diminati atau dibutuhkan. Konsumen pun tidak perlu berjuang ekstra untuk bisa membeli produk yang dipasarkan, seperti menabung dulu atau perjuangan lainnya.

2. Teknologi

Perlu diakui bahwa pebisnis yang “melek teknologi” cenderung lebih mudah bertahan dan sukses dengan bisnis yang digelutinya. Sebab memanfaatkan teknologi terkini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran. Pemanfaatan ini membantu memaksimalkan teknik pemasaran, misalnya saja mengandalkan media online yang membantu memasarkan secara lebih luas dan cepat.

Tentunya lebih efektif dibanding tetap bertahan dengan pemasaran offline yang area jangkauannya lebih terbatas.

3. Harga Jual

Sebagus apapun produk yang dimiliki dan seluas apapun pangsa pasarnya, jika harga yang dilepas ke pasar cenderung tidak kompetitif. Maka lebih rentan gagal dibanding sebaliknya. Maka penting bagi pebisnis untuk melakukan survey harga dari kompetitor, untuk menghindari kemungkinan memasang bandrol kelewat tinggi.

Sebab masyarakat sekarang lebih cerdas sebagai konsumen, akan sangat teliti sebelum membeli produk atau jasa. Yakni membandingkan produk serupa untuk mendapatkan yang terbaik. Jika konsumen bisa mendapatkan produk dengan kualitas sama persis namun dengan harga lebih murah, maka jangan heran lapak pesaing lebih ramai.

4. Keunggulan atau Keunikan Produk

Persaingan dalam dunia bisnis adalah cambuk agar bisa menghadirkan produk dan jasa dengan kualitas lebih baik, agar tidak kehilangan pasar. Maka penting untuk memperhatikan keunggulan dan keunikan dari produk atau jasa yang dimiliki. Jangan sampai tidak punya ciri khas, karena di tengah lautan persaingan tanpa sesuatu yang unik untuk ditawarkan maka produk Anda akan diabaikan.

Mulailah dari keunikan yang mudah diterapkan dan sederhana sekaligus murah, misalnya saja dari desain kemasan, logo, warna, atau yang lainnya yang cenderung tidak rumit.

5. Kejujuran

Meskipun perkembangan teknologi semakin pesat dan masyarakat semakin cerdas, namun beberapa hal cenderung stagnan dan tradisional. Misalnya saja tentang kejujuran atau transparansi dari produk atau jasa yang disediakan.

Hindari mempromosikan secara berlebihan dan tanpa isi alias kebohongan semata. Sebab satu saja konsumen dibuat kecewa, maka akan mempengaruhi calon konsumen lain. Apalagi di tengah kondisi sekarang dimana kekuatan media online sangat mungkin digunakan untuk merobohkan kerajaan bisnis yang sudah mendominasi.

6. Optimasi Media

Faktor berikutnya adalah optimasi, media pemasaran apapun yang digunakan usahakan tidak digunakan sekali pakai. Namun kelola secara kontinyu untuk bisa menghasilkan omset yang terus bertumbuh. Lakukan optimasi secara maksimal, misalnya saja jika fokus melakukan promosi di media sosial maka kelola secara profesional. Perlahan konsumen akan berdatangan, selama konten yang dihadirkan memang dinilai berkualitas dan bermanfaat.

Sukses dengan bisnis yang dirintis memang dipengaruhi oleh teknik pemasaran yang diterapkan. Supaya pemasaran ini memang menghasilkan maka pahami dulu daftar faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran yang disampaikan di atas.

Baca Juga: Cara Branding Produk Di Sosial Media

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.