14 October 2021

Saat ini Customer Relation Management sangat dibutuhkan perusahaan.

Customer relation management atau bisa juga dikenal dengan istilah CRM adalah metode dalam menjalankan bisnis. Tujuan metode ini adalah untuk mempelajari perilaku pelanggan serta kebutuhannya untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan. Tujuan lainnya bukan sekedar untuk menjalin hubungan saja namun juga untuk memaksimalkan pemasaran. Dengan begitu proses pemasaran produk Anda akan tepat sasaran sampai ke tangan konsumen dan meningkatkan penjualan. Sistemnya yaitu menarik prospek penjualan, menjadikannya sebagai pelanggan baru kemudian bisa menjadi pelanggan tetap.

Loyalitas pelanggan menjadi hal yang sangat penting dan menguntungkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Perkembangan teknologi membuat customer relation management sangat dibutuhkan dengan menggunakan software berbasis aplikasi.  Software ini sangat membantu lebih efektif tanpa adanya batasan tempat dan waktu dalam memperoleh data secara valid. Software ini dapat digunakan baik untuk usaha dalam skala kecil maupun besar jika diterapkan dengan baik. Karena memang tujuannya untuk meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan namun dengan biaya sangat minim.

Baca Juga: Ikuti 5 Tips Cara Beriklan di TikTok untuk Hasil yang Lebih Memuaskan

5 Keuntungan Customer Relation Management Berdampak Positif Pada Bisnis

Dalam menerapkan CRM memang tidaklah mudah karena tetap dibutuhkan biaya serta waktu agar bisa berhasil. Namun setelah keberhasilan tersebut membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berdampak positif bagi bisnis. Perlu diketahui dampak serta keuntungan dari customer relation management bisa berbeda tergantung perusahaannya. Berikut ini ada beberapa keuntungan paling umum dari penggunaan CRM untuk dijadikan referensi bagi bisnis Anda.

1. Mempertahankan Pelanggan

Dalam menjalankan sebuah bisnis bukan sekedar mencari pelanggan baru saja namun bagaimana caranya agar bisa dipertahankan. Hal ini terlihat mudah namun ternyata cukup menyulitkan karena loyalitas pelanggan harus didapatkan. Tahukah Anda meningkatkan jumlah pelanggan setia ternyata juga mampu meningkatkan keuntungan sampai 95%? Mencari pelanggan baru jauh lebih besar biayanya daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan melihat preferensi dari customer tersebut untuk menyediakan sesuai kebutuhan.

Jika produk atau jasa tersebut memang dibutuhkan maka tidak akan segan untuk terus menggunakannya. Cara kedua untuk bisa menerapkan customer relation management dengan baik adalah melakukan survey. Survey ini bertujuan untuk mengukur bagaimana kepuasan pelanggan baik baru maupun lama sebagai dasar pengambilan kebijakan. Cara terakhir adalah dengan Omni-channel support yaitu mempersonalisasi konten kepada para customer. Caranya dari email, membuat spanduk pada toko secara langsung, website untuk memberikan customer experience terbaik.

2. Membantu Meningkatkan Layanan CS

Keuntungan lain menggunakan customer relation management yaitu membantu meningkatkan layanan CS. Customer service merupakan layanan paling depan dalam bisnis dan sebagai pusat informasi terhadap produk atau jasa yang disediakan. Layanan customer service mampu mempengaruhi sikap pelanggan apakah mau bertahan atau justru pergi. Karena sebagian besar dari mereka pasti tidak ingin berhadapan dengan layanan CS yang dinilai buruk. Menggunakan aplikasi CRM dapat membantu karyawan mengetahui banyak informasi tentang kebutuhan pelanggan-pelanggan tersebut. Informasi ini akan sangat membantu karyawan memberikan layanan customer service terbaiknya untuk mendapatkan respon dan karakteristiknya.

Fitur pada aplikasi CRM akan memberikan banyak informasi tentang customer Anda hanya dalam satu tampilan saja. Jadi informasi tersebut tidak hanya akurat, cepat dan sangat mudah diakses oleh karyawan. Anda bisa mengakses informasi seperti detail kontaknya, deals, meeting, percakapan dan banyak informasi lainnya. Aplikasi juga bisa terintegrasi dengan WA, sehingga layanan CS bisa terlacak dan terekam dengan baik. Keuntungan dari layanan customer service yang baik akan sangat berpengaruh dengan loyalitas pelanggan. Jadi ketidakpuasan dari pelanggan-pelanggan Anda dapat diminimalkan, sehingga bisa bertahan secara tidak langsung mampu meningkatkan profit.

3. Proses Closing Deals Lebih Cepat

Sistem pada aplikasi customer relation management juga sangat membantu tim penjualan perusahaan Anda. Terutama dalam proses closing deals menjadi lebih cepat dengan memberikan informasi lengkap tentang calon customer. Jika respon sangat baik dari segi tanggapan maupun informasi dibutuhkan membuat customer bisa cepat mengambil keputusan. Hal ini dapat membuat lebih yakin untuk melakukan transaksi pembelian tanpa perlu menunggu lama. Anda bisa melihat berbagai informasi deals maupun yang sedang berlangsung dengan mengakses aplikasi CRM. Caranya dengan melihat melalui tampilan pipeline untuk mengetahui sejauh mana progres yang sudah dicapai. Informasi yang disajikan terkait deals pada aplikasi CRM sangatlah sederhana, sehingga mudah dipahami. Anda tidak perlu waktu lama untuk bisa mempelajari prospek dari masing-masing pelanggan agar segera mengambil keputusan.

4. Mampu Meningkatkan Efektivitas Kerja

Terkadang Anda merasa kesulitan melihat data interaksi pelanggan, sehingga bingung mengambil langkah. Dengan menggunakan aplikasi customer relation management membuat semua hal berkaitan dengan efektivitas kerja menjadi lebih mudah. Seperti kemampuan dalam membuat kontak, customer service, meeting hingga berbagai strategi marketing. Semua karyawan bisa menggunakan fitur ini dengan sangat mudah, sehingga lebih memudahkan pekerjaan mereka. Tampilan yang dibuat sangat sederhana, sehingga mempermudah menggunakan dalam melihat alur calon pelanggan. Melalui fitur pipeline atau bisa juga mencari informasi dengan melihat dashboard dari aplikasi tersebut. Hal ini tentunya sangat memudahkan dan lebih efektif daripada Anda harus melihat data satu per satu dan manual. CRM juga memudahkan dalam pembuatan workflow, sehingga proses bisnis jadi lebih optimal. Contohnya membuat pengingat meeting, sinkronisasi antar data, pemindahan data pelanggan dari pipeline satu ke lainnya. Bisa juga menambahkan kontak dari MS. Excel ke aplikasi secara mudah dan cepat.

Baca Juga: Company Branding Adalah? Ini Pengertian dan Tips Membangunnya

5. Sistem Pelaporan Data Lebih Cepat dan Canggih

Keuntungan dari penggunaan customer relation management yaitu membantu dalam proses pelaporan data. Anda bisa melaporkan data dengan lebih cepat serta dimana saja dengan menggunakan sistem yang canggih dan modern. Data yang disediakan bisa diakses dimana saja seperti kontak, data-data penjualan serta interaksi para pelanggan. Data-data tersebut akan ditampilkan dalam format yang tepat, sehingga langsung disajikan dalam bentuk laporan. Anda akan dibantu dalam melakukan analisis oleh CRM, sehingga lebih mudah dalam membaca berbagai data. Seperti data sales report, melacak kegiatan dan KPI dari para anggota tim serta informasi. Fitur KPI pada CRM sangat membantu dalam mengelola KPI karena dari segi tampilan mudah untuk dipahami. Anda dapat melihat keseluruhan informasi terkait data perusahaan secara 100% untuk memudahkan dalam berbisnis.

Dapat disimpulkan jika CRM sangat erat kaitannya dengan pelanggan yang memberikan banyak keuntungan. Dari berbagai keuntungan tersebut membuat customer relation management sangat membantu meningkatkan performa bisnis Anda.Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!